Hambatan Guru IPA dalam Menerapkan Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Kelurahan Sukamoro

  • Nely Andriani Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya
  • Supardi Supardi Fisika, Universitas Sriwijaya
  • Abidin Pasaribu Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya
  • Saparini Saparini Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya
Keywords: IPA, Pembelajaran IPA, Hambatan Belajar, IPA Terpadu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi hambatan guru SMP di Kelurahan Sukomoro dalam menerapkan pembelajaran IPA terpadu. Penelitian dilaksanakan di SMP Kelurahan Sukomoro pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian merupakan guru IPA di SMP Kelurahan Sukomoro. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampe penelitian yaitu guru SMPN 1 Sukomoro dan SMP PGRI Sukomoro.Teknik pengambilan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan: tahap perencanaan adalah menyikronisasikan materi sebesar 43% kategori sedang dan menghubungkan kesamaan materi dalam pelajaran IPA sebesar 40% kategori sedang; tahap pelaksanaan guru mengalami hambatan pada pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu secara menyeluruh dengan persentase 37% kategori sedang, dan tahap penilaian masih menitikberatkan pada penilaian kognitif sebesar 93% kategori tinggi, namun kurang memperhatikan aspek penilaian kinerja dan sikap. Hambatan tersebut perlu segera diatasi dengan kegiatan pengembangan diri guru IPA berupa pelatihan yang diadakan oleh sekolah maupun bekerja sama dengan pihak terkait.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90–101. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPPSI/article/view/33868

Andriani, D., Prasetyo, K. H., & Astutiningtyas, E. L. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Matematika. Absis: Mathematics Education Journal, 2(1), 24. https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.830

Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Literasi Sains Dan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Tipe Shared. USEJ - Unnes Science Education Journal, 5(1), 1167–1174.

Caturangga, F. K. (2014). Integrated Science Learning Through Project Based Learning in Sekolah Indonesia Singapura. September, 1–5.

Febriyanti, D., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2021). Analisis Proses Pembelajaran IPA Terpadu Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di SMP Kecamatan Sumur. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 218–225. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.218-225

Indrawati, E. S., & Nurpatri, Y. (2022). Problematika Pembelajaran IPA Terpadu (Kendala Guru Dalam Pengajaran IPA Terpadu). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 226–234. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.31

Kallesta, K. S., Yahya, F., & Erfan, M. (2018). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Fisika pada Materi Bunyi Kelas VIII SMP Negeri 1 Labuhan Badas Tahun Ajaran 2016 / 2017 Avaliable online at : http://journal.lppmunsa.ac.id/index.php/quark Avaliable online at : http://journal.lppmunsa.ac.id/. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika Dan Teknologi, 1(1), 51–58.

Kemendikbud. (2018). Permendikbud RI Nomor 35 Tahun 2018 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs.

Lestari, I. D. (2021). Analisis Hambatan Komunikasi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP Negeri Kecamatan Moyo Hulu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 74–77. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i1.206

Makhrus, M., & Hadiprayitno, G. (2012). Penerapan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Connected. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 237–242.

Mas’ud, M., Putra, T. P., Zulfarina, Z., & Linda, R. (2021). the Effectiveness of Interactive Integrated Science E-Module With Connected Type To Improve Student’S Mastery on Energy Topic. International Journal of Educational Best Practices, 5(2), 211. https://doi.org/10.31258/ijebp.v5n2.p211-222

Maure, F. S., Arifin, A., & Datuk, A. (2021). Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Sosiologi di Kota Kupang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(2), 111–118. https://doi.org/10.37640/jip.v12i2.534

Ningsih, N. W., Kustijono, R., & Ismono, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Berpendekatan Etnosains. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 6(1), 5. https://doi.org/10.26714/jps.6.1.2018.5-13

Ridyah, S. W., & Sriyati, S. (2019). Pembelajaran IPA Terpadu dengan Tipe Connected dengan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Edusains, 8(2), 122–127. https://doi.org/10.15408/es.v8i2.1802

Rohmah Julianti, I. A., & Mawardi, M. (2018). Penerapan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Alternatif Berbasis Sub-subtema untuk Meningkatkan Kebermaknaan dan Hasil Belajar. Publikasi Pendidikan, 8(3), 206. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.6598

Septiana, N., Rohmadi, M., Nasir, M., Nastiti, L. R., Usmiyatun, U., & Riswanto, R. (2018). Kesulitan Mengajar Guru IPA SMP/MTs Mengajarkan IPA Terpadu di Kalimantan Tengah. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.23971/eds.v6i1.716

Setiawan, B., & Suwandi, E. (2022). The Development of Indonesia National Curriculum and Its Changes : The Integrated Science Curriculum Development in Indonesia. 3(4), 528–535. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i4.211

Published
2022-11-30
How to Cite
Andriani, N., Supardi, S., Pasaribu, A., & Saparini, S. (2022). Hambatan Guru IPA dalam Menerapkan Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Kelurahan Sukamoro. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 138-144. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1426
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)