Pengembangan e-modul matematika berbasis EXE untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa pada materi program linear dua variabel
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.3672Keywords:
Kelayakan, E-modul, EXE-learningAbstract
Penelitian ini bermula dari permasalahan kurangnya bahan ajar di SMA Negeri 2 Loa Kulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul dan mengetahui tingkat kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun, dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Peneliti menggunakan angket dengan skala likert untuk mengetahui kualitas e-modul yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh 5 validator dari ahli materi dan ahli media. E-modul dinilai berdasarkan 5 aspek yaitu kelayakan isi, penyajian, kesesuaian dengan syarat didaktis, bahasa dan kegrafikan. Penilaian dari validator ahli materi mendapat persentase 97,5% dengan kriteria sangat baik, sementara penilaian dari validator ahli media mendapat persentase 98,5% dengan kriteria sangat baik.
Downloads
References
Afrianti, R. E. N., & Qohar, A. (2019). Pengembangan e-modul berbasis kontekstual pada materi program linear kelas XI. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1), 22–29. https://doi.org/10.25273/jems.v7i1.5288
Fitrio, B. D., & Merliza, P. (2023). Pengembangan bahan ajar e-modul matematika interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk Siswa kelas VIII SMP. Suska Journal of Mathematics Education, 9(2), 121–134. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i2.18071
Isma, C. N., Rahmi, R., & Jamin, H. (2022). Urgensi digitalisasi pendidikan sekolah. AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 129–141. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317
Limbong, M., Firmansyah, Fahmi, F., & Khairiah, R. (2022). Sumber belajar berbasis media pembelajaran interaktif di sekolah. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27
Lisyanti, D. (2019). Pengembangan e-modul matematika berbasis EXE-learning pada Siswa SMP kelas VII [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/7309
Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS matematika berbasis Problem Based Learning pada materi bangun datar Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2284–2301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1183
Pratiwi, D., Larasati, A. N., & Berutu, I. L. (2022). Pentingnya inovasi media pembelajaran berbasis digital di abad-21. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 5(2), 211–216. https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5685
Rahman, S. A. (2021). Pengembangan e-modul matematika dengan menggunakan software flip PDF profesional pada materi bentuk aljabar [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/57281
Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Pengembangan e-modul matematika berbasis model flipped-blended learning. Genta Mulia, 11(2), 150–163.
Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Parama Publishing.
Rohmadi, M. (2021). Pemanfaatan EXE learning sebagai media belajar dari rumah selama pandemi Covid-19. Educatio, 16(1), 37–49. https://doi.org/10.29408/edc.v16i1.3343
Sakinah, M., & Hakim, D. L. (2023). Respons Siswa terhadap penggunaan e-modul interaktif barsil dalam kemandirian belajar matematika. Koordinat Jurnal MIPA, 4(2), 54–65. https://doi.org/10.24239/koordinat.v4i2.71
Sugiyono. (2019). Metode penelitian & pengembangan research and development. Alfabeta.
Suharni, S. (2021). Upaya Guru dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198
Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.
Warti, E. (2016). Pengaruh motivasi belajar Siswa terhadap hasil belajar matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.394
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.