Pengembangan e-modul matematika berbasis EXE untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa pada materi program linear dua variabel

Authors

  • Wulan Sukma Aliana Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Abdul Basir Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia
  • Kukuh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.3672

Keywords:

Kelayakan, E-modul, EXE-learning

Abstract

Penelitian ini bermula dari permasalahan kurangnya bahan ajar di SMA Negeri 2 Loa Kulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul dan mengetahui tingkat kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun, dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Peneliti menggunakan angket dengan skala likert untuk mengetahui kualitas e-modul yang dikembangkan. Validasi dilakukan oleh 5 validator dari ahli materi dan ahli media. E-modul dinilai berdasarkan 5 aspek yaitu kelayakan isi, penyajian, kesesuaian dengan syarat didaktis, bahasa dan kegrafikan. Penilaian dari validator ahli materi mendapat persentase 97,5% dengan kriteria sangat baik, sementara penilaian dari validator ahli media mendapat persentase 98,5% dengan kriteria sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianti, R. E. N., & Qohar, A. (2019). Pengembangan e-modul berbasis kontekstual pada materi program linear kelas XI. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1), 22–29. https://doi.org/10.25273/jems.v7i1.5288

Fitrio, B. D., & Merliza, P. (2023). Pengembangan bahan ajar e-modul matematika interaktif dengan pendekatan kontekstual untuk Siswa kelas VIII SMP. Suska Journal of Mathematics Education, 9(2), 121–134. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i2.18071

Isma, C. N., Rahmi, R., & Jamin, H. (2022). Urgensi digitalisasi pendidikan sekolah. AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 129–141. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317

Limbong, M., Firmansyah, Fahmi, F., & Khairiah, R. (2022). Sumber belajar berbasis media pembelajaran interaktif di sekolah. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1), 27–35. https://doi.org/10.51454/decode.v2i1.27

Lisyanti, D. (2019). Pengembangan e-modul matematika berbasis EXE-learning pada Siswa SMP kelas VII [Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/7309

Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS matematika berbasis Problem Based Learning pada materi bangun datar Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2284–2301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1183

Pratiwi, D., Larasati, A. N., & Berutu, I. L. (2022). Pentingnya inovasi media pembelajaran berbasis digital di abad-21. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 5(2), 211–216. https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5685

Rahman, S. A. (2021). Pengembangan e-modul matematika dengan menggunakan software flip PDF profesional pada materi bentuk aljabar [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/57281

Ramadhani, R., & Fitri, Y. (2020). Pengembangan e-modul matematika berbasis model flipped-blended learning. Genta Mulia, 11(2), 150–163.

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Parama Publishing.

Rohmadi, M. (2021). Pemanfaatan EXE learning sebagai media belajar dari rumah selama pandemi Covid-19. Educatio, 16(1), 37–49. https://doi.org/10.29408/edc.v16i1.3343

Sakinah, M., & Hakim, D. L. (2023). Respons Siswa terhadap penggunaan e-modul interaktif barsil dalam kemandirian belajar matematika. Koordinat Jurnal MIPA, 4(2), 54–65. https://doi.org/10.24239/koordinat.v4i2.71

Sugiyono. (2019). Metode penelitian & pengembangan research and development. Alfabeta.

Suharni, S. (2021). Upaya Guru dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2198

Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Warti, E. (2016). Pengaruh motivasi belajar Siswa terhadap hasil belajar matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.394

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Aliana, W. S., Basir, A., & Kukuh, K. (2024). Pengembangan e-modul matematika berbasis EXE untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa pada materi program linear dua variabel. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 25–34. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i1.3672

Issue

Section

Articles