Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar mengajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah pada topik luas daerah di bawah kurva diantara dua titik dengan pendekatan geometri, dan kemampuan berpikir kritis pada pemecahan masalah. Subjek pada penelitian ini adalah 37 Siswa kelas XI SMAK St Louis 1 Surabaya yang dipilih secara acak dari 12 kelas. instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, rencana pembelajaran, dan lembar kerja Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain. Hasil penelitian kemudian diklasifikasikan, direpresentasikan, dan kesimpulan diambil dari membandingkan hasil pekerjaan Siswa dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini berupa tingkatan kemampuan berpikir kritis Siswa kelas XI yang mengacu pada indikator dan penggunaan pembelajaran berbasis masalah pada topik luas daerah di bawah kurva.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.
References
- Abdullah, I. H. (2013). Berpikir kritis matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66–75.
- Akker, J. van den, Gravemeijer, K., MacKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational design research. Routledge.
- Barrett, T., & Moore, S. (2011). New approaches to problem-based learning: Revitalising your practice in higher education. Routledge. https://www.routledge.com/New-Approaches-to-Problem-based-Learning-Revitalising-Your-Practice-in/Barrett-Moore/p/book/9780415871495
- Cottrell, S. (2023). Critical thinking skills. Bloomsburry Academic. https://www.bloomsbury.com/us/critical-thinking-skills-9781350322585/
- Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (3 ed.). SAGE.
- Facione, P. A., & Gittens, C. A. (2016). Think Critically. Pearson.
- Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325–330. https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.12071
- Hanscomb, S. (2023). Critical Thinking: The Basics (2 ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003247944
- Hidayati, H., & Sugeng, S. (2021). Penerapan Transformasi Geometri Pada Desain Batik Lia Maido Menggunakan Desmos. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.711
- Izzati, G. N., Waluya, S. B., & Mastur, Z. (2021). Kemampuan Berpikir Divergen Ditinjau Dari Math Anxiety Dan Gender Pada Pembelajaran Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 69–78 https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.583
- Janu, M., & Wicaksono, A. (2020). Analyzing mathematical creative thinking ability on sample space materials grade VIII SMP Kanisius Pakem. Journal of Physics: Conference Series. The 7th South East Asia Design Research International Conference (SEADRIC), Yogyakarta. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012033
- Mubarak, R. (2013). Pengembangan kurikulum sekolah dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Madrasah, 5(2), 25–48. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3295
- Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3, 61–64.
- Sari, R. P., Boleng, D. T., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3, 75–81.