Analisis berpikir kritis materi luas daerah di bawah kurva dengan pendekatan geometri SMAK ST Louis 1 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2584Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir kritis, Penelitian desainAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar mengajar menggunakan pembelajaran berbasis masalah pada topik luas daerah di bawah kurva diantara dua titik dengan pendekatan geometri, dan kemampuan berpikir kritis pada pemecahan masalah. Subjek pada penelitian ini adalah 37 Siswa kelas XI SMAK St Louis 1 Surabaya yang dipilih secara acak dari 12 kelas. instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, rencana pembelajaran, dan lembar kerja Siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain. Hasil penelitian kemudian diklasifikasikan, direpresentasikan, dan kesimpulan diambil dari membandingkan hasil pekerjaan Siswa dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini berupa tingkatan kemampuan berpikir kritis Siswa kelas XI yang mengacu pada indikator dan penggunaan pembelajaran berbasis masalah pada topik luas daerah di bawah kurva.
Downloads
References
Abdullah, I. H. (2013). Berpikir kritis matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 66–75.
Akker, J. van den, Gravemeijer, K., MacKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational design research. Routledge.
Barrett, T., & Moore, S. (2011). New approaches to problem-based learning: Revitalising your practice in higher education. Routledge. https://www.routledge.com/New-Approaches-to-Problem-based-Learning-Revitalising-Your-Practice-in/Barrett-Moore/p/book/9780415871495
Cottrell, S. (2023). Critical thinking skills. Bloomsburry Academic. https://www.bloomsbury.com/us/critical-thinking-skills-9781350322585/
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (3 ed.). SAGE.
Facione, P. A., & Gittens, C. A. (2016). Think Critically. Pearson.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325–330. https://doi.org/10.26877/aks.v13i2.12071
Hanscomb, S. (2023). Critical Thinking: The Basics (2 ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003247944
Hidayati, H., & Sugeng, S. (2021). Penerapan Transformasi Geometri Pada Desain Batik Lia Maido Menggunakan Desmos. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 99–106. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.711
Izzati, G. N., Waluya, S. B., & Mastur, Z. (2021). Kemampuan Berpikir Divergen Ditinjau Dari Math Anxiety Dan Gender Pada Pembelajaran Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 69–78 https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.583
Janu, M., & Wicaksono, A. (2020). Analyzing mathematical creative thinking ability on sample space materials grade VIII SMP Kanisius Pakem. Journal of Physics: Conference Series. The 7th South East Asia Design Research International Conference (SEADRIC), Yogyakarta. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012033
Mubarak, R. (2013). Pengembangan kurikulum sekolah dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Madrasah, 5(2), 25–48. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3295
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3, 61–64.
Sari, R. P., Boleng, D. T., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3, 75–81.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.