Main Article Content

Abstract

Metodologi pembelajaran dan bakat siswa adalah dua hal penting yang terus sebagai fokus pengajar. Pemecahan masalah dan  komunikasi matematis merupakan dua keterampilan penting yang harus dimiliki peserta didik dalam pendidikan matematika. Problem Based Learning (PBL) dan Think Pairs Share ialah dua metodologi pembelajaran yang bisa dipergunakan untuk mengajar matematika (TPS). Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh metodologi pembelajaran problem Based Learning serta  Think Pairs Share terhadap kemampuan pemecahan masalah serta  komunikasi matematis. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IX MTs Negeri dua Medan, dengan populasi sebanyak 178 siswa dan sampel sebanyak 60 siswa yang dipilih dengan memakai teknik cluster sampling. Alat yang digunakan merupakan tes keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Data diuji dengan menggunakan analisis varians dua arah dan uji t. Bila dibandingkan menggunakan teknik pembelajaran Think Pair Share, strategi pembelajaran berbasis masalah mempunyai dampak yang menguntungkan 7,264% lebih besar terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Sedangkan hasil tes kemampuan komunikasi matematika menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kedua metode pembelajaran tersebut.


 

Keywords

Komunikasi Matematika Pembelajaran Berbasis Masalah Pemecahan Masalah Think Pair Share

Article Details

How to Cite
Simamora, D. C., Nst, H. M. S., Luthfiah, D. A., & Nst, M. B. (2023). Pengaruh strategi PBL dan TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 9-18. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1474

References

  1. Abdi, M., & Hasanuddin, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 99-110. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.4778
  2. Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 43-53. http://dx.doi.org/10.30596%2Fbibliocouns.v1i2.2077
  3. Corebima, M. A., Garak, S. S., & Samo, D. D. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Program Linear. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 56-65. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.569
  4. Fahrullisa, R., Putra, F. G., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 79-86. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213
  5. Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-efficacy dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153-164. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.2033
  6. Heris, Eusi Dan Utari. (2017), Hard Skills Dan Soft Skills Matematika Siswa, Bandung: Pt. Refika Aditama.
  7. Kurniasih Imas. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata pena.
  8. Madhavia, P., Murni, A., & Saragih, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1239-1245. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.357
  9. Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, Z., & Aji, G. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218-226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644
  10. Pakpahan, S. P., & Sapta, A. (2020). Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Maple Terhadap Hasil Belajar Fungsi Invers. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 174-181. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2666
  11. Polya. G. (1973) How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (Second ed). New Jersey: Princeton University Press.
  12. Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207-215. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
  13. Safitri, E. M., Sari, Y., & Dewi, R. F. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Sikap Mandiri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Bakalrejo 1. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 83-89. https://doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4063
  14. Salim, S., & Lambertus, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Pencapaian Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 6(1), 28-38. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v6i1.5348
  15. Sani, Abdullah Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  16. Sani, Abdullah Ridwan. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: Rajawali. Press.
  17. Sanjaya, Wina. (2017). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenadamedia Group
  18. Shoimin Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
  19. Siregar, R. M. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas X SMA Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika, 12(1), 52-59. https://doi.org/10.37755/jsm.v12i1.274
  20. Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35-47. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3647
  21. Wuwung, Olivia Cherly. (2019). Strategi Pembelajaran Kecerdasar Emosional. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.