Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa pada Pokok Bahasan Trigonometri. Sampel penelitian yaitu Siswa kelas X IPA 1 dan kelas X IPA 3 SMAN 1 Karangbinangun yang masing-masing berjumlah 29. Adapun kelas kontrol yaitu kelas X IPA 1 dan kelas eksperimen yaitu kelas X IPA 3. Data kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki kemampuan pemecahan masalah matematika lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan analisis statistik menggunakan uji independent sample t yang menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) kurang dari 0,05 (0,002<0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika pada Pokok Bahasan Trigonometri dengan menggunakan model Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa dibanding dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga dari hasil yang telah didapat, Guru dapat menggunakan model Problem Based Learning sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa.

Keywords

Problem Based Learning Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Trigonometri

Article Details

How to Cite
Sholikah, K., Febriyanti, R., & Ilmayasinta, N. (2023). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 79-88. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.1172

References

  1. Arends, R. I. (2012). Learning to teach. McGraw-Hill Education.
  2. Astriani, N., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). The effect of problem based learning to students’ mathematical the effect of problem based learning to students’ mathematical problem solving. International Journal Of Advance Research And Innovative Ideas In Education (IJARIIE), 3(2), 3441–3446.
  3. Eviyanti, C., Surya, E., Syahputra, E., & Simbolon, M. (2017). Improving the students’ mathematical problem solving ability by applying problem based learning model in VII grade at SMPN 1 Banda Aceh Indonesia. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 138–144.
  4. Fajri, N., & Nida, I. (2019). Analisis kesulitan siswa kelas X SMA Negeri 6 Aceh Barat Daya pada materi trigonometri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 3(2), 12–22. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v3i2.1179
  5. Kono, R., Mamu, H. D., & Tangge, L. N. (2016). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep biologi dan keterampilan berpikir kritis siswa tentang ekosistem dan lingkungan di kelas X SMA Negeri 1 Sigi. JSTT: Jurnal Sains Dan Teknologi Tadaluko, 5(1), 28–38.
  6. Mazaly, M. R., Saragih, D. I., & Ulandari, L. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 5(2), 179–190. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i2.2159
  7. Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan keyakinan matematis siswa. MaPan : Jurnal matematika dan Pembelajaran, 7(1), 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12
  8. Polya, G. (1973). How to solve it: A new aspect of mathematical method (2 ed.). Princeton Univeversity Press.
  9. Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471
  10. Samosir, R. N. (2018). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP. Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika dan Terapan, 1, 49–54.
  11. Saragih, D. I., & Minarni, A. (2018). Differences between student’s mathematical problem solving ability and learning motivation taught by using geogebra-assisted cooperative and contextual learning model. Advances in Social Sciences Research Journal, 5(10), 256–265. https://doi.org/10.14738/assrj.510.5264
  12. Sriwahyuni, I., Bharata, H., & Widyastuti, W. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Pembelajaran Abad 21: Mencapai Kompetensi Pendidikan Generasi Emas 2045, 3, 73–79. http://semnaspend.fkip.unila.ac.id/2019/08/14/prosiding/
  13. Ulva, E., Maimunah, M., & Murni, A. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMPN se-Kabupaten Kuantan Singingi pada materi aritmetika sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1230–1238. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.356
  14. Yerizon, Wahyuni, P., & Fauzan, A. (2021). Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari gender dan level sekolah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 105–116. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.2812
  15. Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341