Efektivitas mindful learning dalam konteks pendidikan di Indonesia (2000-2024)

Sebuah studi meta analisis

Authors

  • Ryan Angga Pratama Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Balikpapan, Balikpapan, Indonesia; Department of Curriculum and Instruction, Mersin University, Mersin, Türkiye https://orcid.org/0000-0003-1805-0199
  • Adhilla Salsabila Putri Artha Department of Psychology, Mersin University, Mersin, Türkiye
  • Nurfitri Zainal Abidin Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/primatika.v13i2.4483

Keywords:

Mindful Learning, Pendidikan Indonesia, Ukuran Efek, Meta-Analisis

Abstract

Studi meta-analisis ini bertujuan untuk mengeksplorasi seberapa besar efektivitas implementasi mindful learning dalam konteks pendidikan di Indonesia, faktor-faktor yang memoderasi efektivitasnya, serta bagaimana variasi efektivitas mindful learning berdasarkan variabel moderator yang ditetapkan peneliti. Sebanyak 12 studi diperoleh dari pencarian literatur pada basis data Garuda, Google Scholar, ERIC, dan Semantic Scholar, serta pencarian dibantu menggunakan AI Tools SciSapce dan perangkat lunak Publish or Persih 8. Selanjutnya, ukuran efek digabungkan sesuai dengan Model Efek Acak dan analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak CMA v3. Hasil analisis menunjukkan bahwa mindful learning berpengaruh signifikan dengan ukuran efek sebesar 0.983,95% CI [0.702,1.263] yang termasuk dalam kategori “sedang”. Selain itu, efektivitas mindful learning juga dipengaruhi oleh variabel moderator seperti variabel terikat (Q=7.701,p<0.05), jenjang pendidikan (Q=8.389,p<0.05), dan wilayah (Q=7.257,p<0.05). Namun, tidak dipengaruhi oleh jumlah siswa (Q=1.222,p>0.05). Secara detail, dari hasil studi ini, direkomendasikan bahwa mindful learning efektif untuk meningkatkan (secara berturut-turut) hasil belajar, kontrol diri, dan kompetensi pengetahuan. Mindful learning juga efektif diterapkan di Universitas, SMA, lalu jenjang SD, serta mindful learning sejauh ini berhasil memberikan efek positif pembelajaran di wilayah Sumatra, Jawa, dan Bali; wilayah lain belum diterapkan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pemangku kepentingan di dunia pendidikan, seperti guru, sekolah, dan dinas pendidikan, untuk mengoptimalkan kualitas pembelajaran di Indonesia, khususnya dalam mendukung implementasi pendekatan Deep Learning yang diusung oleh Mendikdasmen, dengan mindful learning sebagai salah satu elemen utamanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrochim, P. L., Hanifah, N., & Syahid, A. A. (2024). The Effect of A Mindful learning Approach On Science And Social Studies (IPAS) Learning Outcomes Among Fifth-Grade Elementary School Students. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.30651/else.v8i2.22704

Analya, P., Yan, K., & Cakrangadinata, C. (2021). Pengaruh Mindfulness Terhadap Performa Tugas Kognitif. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 23(2). https://doi.org/10.26486/psikologi.v23i2.1502

Ardiati, S. S. (2019). Effectiveness Mindful Teaching to Improve Teacher Happiness. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, 11(2), 109-126. https://doi.org/10.2121/edu-ijes.v11i2.1125

Begg, C. B., & Mazumdar, M. (1994). Operating characteristics of a rank correlation test for publication bias. Biometrics, 50(4), 1088–1101. https://doi.org/10.2307/2533446

Blegur, J. S. T., & Amseke, F. V. (2024). Peran Mindfulness terhadap Regulasi Diri dalam Belajar. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 71–80. https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i2.364

Borenstein, M., Hedges, L. V., Higgins, J. P. T., & Rothstein, H. R. (2009). Introduction to Meta-Analysis. John Wiley & Sons.

Carsley, D., Khoury, B., & Heath, N. L. (2018). Effectiveness of mindfulness interventions for mental health in schools: A comprehensive meta-analysis. Mindfulness, 9(3), 693–707. https://doi.org/10.1007/s12671-017-0839-2

Chowmas, D. (2021). Pengaruh Berkesadaran Penuh (Mindfulness) terhadap Spiritualitas Mahasiswa STAB Maitreyawira Pekanbaru. Jurnal Maitreyawira, 2(2), 27-34. https://doi.org/10.69607/jm.v2i2.44

Chowmas, D., Sonika, & Jelita, R. (2023). Pengaruh Berkesadaran Penuh (Mindfulness) terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa STAB Maitreyawira Pekanbaru. JIMS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2874-2880. https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.26202

Cohen, L., Manion, L., & Morisson, K. (2007). Research methods in education (6th Edition). In Research methods in Education. Routledge.

Cooper, H., Hedges, L. V., & Valentine, J. C. (2009). The Handbook of Research Synthesis and Meta-Analysis (2nd ed.). In The Hand. of Res. Synthesis and Meta-Analysis, 2nd Ed. Russel Sage Foundation.

Duval, S., & Tweedie, R. (2000). Trim and fill: A simple funnel-plot-based method of testing and adjusting for publication bias in meta-analysis. Biometrics, 56(2), 455–463. https://doi.org/10.1111/j.0006-341X.2000.00455.x

Egger., M., Smith., G. D., Schneider., M., & Minder, C. (1997). Bias in meta­analysis detected by a simple, graphical test. BMJ, 315(629–634). https://doi.org/10.1136/bmj.315.7109.629

Gayatri, N. K. P., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2023). Pendekatan Mindfulness Berbantuan Media Animasi Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS di Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 105–111. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.57738

Gill, L., Renault, R., Campbell, E., Rainville, P., & Khoury, B. (2020). Mindfulness induction and cognition: A systematic review and meta-analysis. Consciousness and Cognition, 84, 102991. https://doi.org/10.1016/j.concog.2020.102991

Glass, G. v. (1976). Primary, Secondary, and Meta-Analysis of Research. Educational Researcher, 5(10). https://doi.org/10.3102/0013189X005010003

Higgins, J. P. T., Thompson, S. G., Deeks, J. J., & Altman, D. G. (2003). Measuring inconsistency in meta-analyses. BMJ, 327, 557–560. https://doi.org/10.1136/bmj.327.7414.557

Kabat-Zinn, J. (1990). Full catastrophe living: Using the wisdom of your body and mind to face stress, pain and illness. Delacorte.

Kabat-Zinn J. (2003) Mindfulness-based interventions in contex: Past, present and future. Clinical Psychology Science Practice, 10(2), 144-156. https://doi.org/10.1093/clipsy.bpg016

Klingbeil, D. A., Renshaw, T. L., Willenbrink, J. B., Copek, R. A., Chan, K. T., Haddock, A., Yassine, J., & Clifton, J. (2017). Mindfulness-based interventions with youth: A comprehensive meta-analysis of group-design studies. Journal of School Psychology, 63, 77-103. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2017.03.006

Puspapertiwi, E. R., & Nugroho, R. S. (2024, 14 November). Apa Itu Deep Learning yang Disebut Gantikan Kurikulum Merdeka Belajar? Kompas. https://www.kompas.com/tren/read/2024/11/11/063000165/apa-itu-deep-learning-yang-disebut-gantikan-kurikulum-merdeka-belajar-?page=all

Langer, E. J. (1989). Mindfulness. Addison-Wesley/Addison Wesley Longman.

Langer, E. J. (1997). The power of mindful learning. Addison-Wesley/Addison Wesley Longman.

Maharani, E. A. (2016). Pengaruh pelatihan berbasis Mindfulness terhadap tingkat stres pada guru PAUD. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 100-110. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12919

Manalu, J. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Promting dengan Mindful learningTerhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sidikalang T.A 2014/2015. [Skripsi: Universitas Negeri Medan]. https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14650

Marsidi, S. R. (2018). Pengaruh Program Mindful Teaching Terhadap Emosi pada Guru Sekolah Dasar Pelaksana Pendidikan Inklusi. Forum Ilmiah, 15(3), 579-599. https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/Formil/article/view/2430

Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., & Altman, D. G. (2009). Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: the PRISMA statement. Annals of Internal Medicine, 151(4), 264–269, W64. https://doi.org/10.7326/0003-4819-151-4-200908180-00135

Nazaribadie, M., Ghaleiha, A., Ahmadpanah, M., Mazdeh, M., Matinnia, N., Zarabian, M.-K., y Ostovar, N. (2021). Effectiveness of Mindfulness Intervention on Cognitive Functions: A Meta-analysis of Mindfulness Studies. Propósitos Y Representaciones, 9(SPE3), e1200. https://doi.org/10.20511/pyr2021.v9nSPE3.1200

Rahmawati, A. M., Jauhar, M., & Suwandi, E. W. (2021). Intervensi Mindfulness Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis di Krisis Pandemi Covid-19: Literatur Review. Indonesia Jurnal Perawat, 6(2), 30-42. https://doi.org/10.26751/ijp.v6i2.1314

Rapiadi, Gautama, S. A., Burmansah, Sutawan, K., & Susanto. (2023). The Influence of Mindfulness on Student Learning Interests at Higher Education Institutions. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(6), 4261-4272. http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i6.2846

Reza, R. M., Setianingsih, E. S., & Respati, A. R. (2023). Efektivitas Mindfulness Training Teknik Deep Breathing Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Peserta Didik Kelas 10 SMA Negeri 6 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling tahun 2023, 1(1), 401-409. https://conference.upgris.ac.id/index.php/snbk/article/view/3787

Roeser, R. W., Skinner, E., Beers, J., & Jennings, P. A. (2012). Mindfulness Training and Teachers’ Professional Development: An Emerging Area of Research and Practice. Child Development Perspectives, 6, 167-173. http://dx.doi.org/10.1111/j.1750-8606.2012.00238.x

Rosenthal, R. (1979). The file drawer problem and tolerance for null results. Psychological Bulletin, 86(3), 638–641. https://doi.org/10.1037/0033-2909.86.3.638

Saputra, M. J., Piscayanti, K. S., Agustini, D. Y. E. (2020). The Effect of Mindful learning on Students’ Writing Competency. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(4), 553-564. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.25484

Saputro, U. G., Suyitno, I., Basuki, I. A., & Kusumaningrum, S. R. (2024). Pengaruh Mindfulness terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kreatif Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1861-1870. https://doi.org/10.58230/27454312.696

Schonert-Reichl, K. A., & Lawlor, M. S. (2010). The effects of a mindfulness-based education program on pre- and early adolescents’ well-being and social and emotional competence. Mindfulness, 1(3), 137–151. https://doi.org/10.1007/s12671-010-0011-8

Sumbaga, M. F. (2024). Efektifitas Penerapan Mindfulness Terhadap Inhibitory Control pada Mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi), 15(1), 37-46. https://doi.org/10.24036/rapun.v15i1.123926

Tejawati. (2016). Pengaruh Pendekatan Mindful learning dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Muhammadiyah Sleman. [Tesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga]. https://digilib.uin-suka.ac.id/22707

Utami, Y. A. H., & Yudiarso, A. (2023). The Effect of Mindfulness on Aggressive Behavior: A Meta-Analysis. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 28(1), 41-54. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol28.iss1.art4

Wang, Q., Zhang, Y., Zhang, Y., Chen, T. (2023). The Impact of Mindful learning on Subjective and PsychologicalWell-Being in Postgraduate Students. Behavioral Science, 13, 1009. https://doi.org/10.3390/bs13121009

Zenner, C., Herrnleben-Kurz, S., Walach, H. (2014). Mindfulness-based interventions in schools-a systematic review and meta-analysis. Frontiers in Psychology, June 30 (5), 1-20. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2014.00603

Zoogman, S., Goldberg, S.B., Hoyt, W.T., Miller, L. (2015). Mindfulness Interventions with Youth: A Meta-Analysis. Mindfulness, 6, 290–302. https://doi.org/10.1007/s12671-013-0260-4

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Pratama, R. A., Artha, A. S. P., & Abidin, N. Z. (2024). Efektivitas mindful learning dalam konteks pendidikan di Indonesia (2000-2024): Sebuah studi meta analisis. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 77–92. https://doi.org/10.30872/primatika.v13i2.4483

Issue

Section

Articles