Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control internal dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu Locus of Control Internal (X1) dan Interaksi Teman Sebaya (X2) serta satu variabel terikat yaitu Hasil Belajar Matematika (Y). Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Tenggarong yang terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 160 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 129 siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa locus of control internal dan interaksi teman sebaya siswa tergolong sedang, sedangkan untuk hasil belajar siswa  tergolong pada kategori rendah. Hasil analisis inferensial menggunakan regresi linier ganda, diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara locus of control internal dan interaksi teman sebaya terhadap hasil belajar matematika. Nilai R2=0,369 menunjukkan bahwa kontribusi locus of control internal dan interaksi teman sebaya secara simultan terhadap hasil belajar matematika adalah 36,9%.

Keywords

Locus of control internal Interaksi teman sebaya Hasil belajar matematika

Article Details

How to Cite
Dhika, B. L. S., Watulingas, J. R., & Haryaka, U. (2021). Pengaruh Locus of Control Internal dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 43-50. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.338

References

  1. Ammar, A. M. (2014). Hubungan antara interaksi teman sebaya dengan kecerdasan emosional siswa kelas V SD Negeri 1 Begadas Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga. (Skripsi) Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
  3. Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara.
  4. Partowisastro, K. (1983). Dinamika Psikologi Sosial. Erlangga.
  5. Sarwono, S. W. (2002). Psikologi Sosial: Individu dan Teori-teori Psikologi Social. Balai Pustaka.
  6. Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
  7. Soemanto, W. (2006). Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Rineka Cipta.
  8. Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
  9. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.
  10. Suparno, P. (2000). Teori Perkembangan Kognitif Piaget. Kanisius.
  11. Zaidi, H. I. & Mohsin, N. M. (2013). Locus of Control in Graduation Student. International Journal of Psychological Research. Vol. 6 No. 1, hal. 15-20. https://doi.org/10.21500/20112084.695