Pengembangan Buku Ajar Konsep Dasar IPA Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i01.85Keywords:
Buku Ajar, Konsep Dasar IPA, Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar Konsep Dasar IPA SD untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan modifikasi model pengembangan ADDIE dan model pengembangan Tessmer. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu: tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Kegiatan pada tahap analisis kebutuhan meliputi analisis materi, analisis buku-buku teks Konsep Dasar IPA SD dan karakteristik mahasiswa PGSD. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan didesain buku ajar dengan materi konsep dasar IPA sesuai dengan karakteristik mahasiswa PGSD. Desain buku ajar menjadi prototype buku ajar konsep IPA. Berdasarkan prototype buku ajar yang dihasilkan dikembangkan buku ajar konsep IPA SD. Hasil pengembangan buku ajar dinilai oleh ahli dan diujicobakan. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa N-gain pemahaman konsep mahasiswa adalah 0,72 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku ajar Konsep IPA SD dapat meningkatkan pemahaman konsep Fisika Siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.