Pengaruh Model CPS (Creative Problem Solving) berbantuan Media Assessment Nearpod terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i1.4677Keywords:
CPS, Nearpod, Minat Belajar, Hasil BelajarAbstract
Pembelajaran fisika yang berpusat pada guru masih sering ditemukan dan dapat menurunkan minat serta hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model CPS (Creative Problem Solving) berbantuan media assessment Nearpod terhadap minat dan hasil belajar fisika siswa SMA. Metode yang digunakan adalah true experiment dengan populasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri Jenggawah tahun ajaran 2024/2025. Sampel diambil secara simple random sampling, terdiri dari kelas XI-1 (eksperimen) dan XI-4 (kontrol). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis (Independent Sample T-test atau Mann Whitney U-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar dan nilai posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Nilai signifikansi pengaruh model CPS dengan Nearpod terhadap minat belajar adalah 0,016 dan terhadap hasil belajar adalah 0,000. Kesimpulannya, terdapat pengaruh signifikan penerapan model CPS berbantuan media Nearpod terhadap minat dan hasil belajar fisika siswa SMA. Model ini dapat diterapkan pada mata pelajaran lain untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Afiesta, A. A., Syam, M., & Qadar, R. (2022). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 9 Samarinda materi suhu dan kalor. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF). 3(2):84-94.
Alicia, H., Fardisah, T., & Muhtarisatul, Z. (2021). Efektivitas penggunaan nearpod terhadap peningkatan minat belajar mahasiswa pada mata kuliah termodinamika. JUKANTI: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 4(2):63-71.
Andira, P. A., Utami, A., Astriana, M., & Walid, A. (2022). Analisis minat siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Pionir: Jurnal Pendidikan. 11(1):46-57.
Andriyatno, I., Tamba, R. S. H., Riandi, & Supriatno, B. (2023). Inovasi model pembelajaran problem-based learning (PBL) menggunakan teknologi Nearpod dan bank sampah digital pada materi perubahan lingkungan. Jurnal Basicedu. 7(3):1549-1561.
Aslami, R. 2021. Optimalisasi pembelajaran bahasa indonesia menggunakan Media pembelajaran berbasis aplikasi Nearpod. Bahtera Indoensia Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 6(2):135-148.
Aulia, U., & Baalwi, M. A. (2022). Pengembangan multimedia interaktif berbasis Nearpod pada tema 6 subtema perubahan energi kelas III MI Roudlotul Mustashlihin Sukodono. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar. 1(1):54-68.
Cahyani, V. D., Maryani, & Nuraini, L. (2024). Pengaruh model blended learning berbasis aplikasi nearpod terhadap minat dan hasil belajar fisika siswa di MAN. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi . 10(1):36-43.
Chaniago, S., Yeni, D. F., & Setiawati, M. (2022). Analisis penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran geografi di MAN I Koto Baru. Sulawesi Tenggara Educational Journal (Seduj). 2(4):184-191.
Damayanti, S. E. P., Bektiarso, S., & Maryani. (2022). Keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam model pembelajaran generatif disertai media alat percobaan sederhana. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika). 11(1):1-15.
Dudeliany, J. A., Mahardika, I. K., & Maryani. (2021). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) disertai LKS berbasis multirepresentasi pada pembelajaran IPA-Fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 3(3):254-259.
Harefa, D., Telaumbanua, T., Sarumaha, M., Ndururu, K., & Ndururu, M. (2020). Peningkatan hasil belajar IPA pada model pembelajaran creative problem solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education. 3(1):1-8.
Helen & Kusdiwelirawan, A. (2022). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving (CPS) terhadap hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika). 7(1):51-60.
Mahardika, I. K., Maryani, & Murti, S. C. C. (2021). Penggunaan model pembelajaran creative problem solving disertai LKS kartun fisika pada pembelajaran fisika di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. 1(2):231-237.
Maryanti, S., Hartati, S., & Trie, D. (2022). Assessment For Learning Educandy & Wordwall. Bandung: Yayasan Rumah Rawda Indonesia.
Mayanti, A., Poluakan, C., & Tumimomor, F. R. (2022). Pengaruh model problem based learning (PBL) menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen pada pembelajaran fisika tentang Hukum Newton. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika. 3(1):9-14.
Muliana, Sadriani, A., & Adminira, Z. (2023). Assesment kurikulum merdeka belajar di sekolah menengah atas. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 9(6):749-755.
Nabilah, K. N. (2024). Pengaruh penggunaan nearpod sebagai media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran bahasa indonesia. Jurnal Belaindika (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan). 6(1):49-55.
Nispiah, N., & Alwin. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran interaktif nearpod terhadap hasil belajar. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi. 8(1):9-18.
Nurmalasari, A., Wijaya, H., & Maulidin, M. T. (2025) . Penerapan model creative problem solving dalam upaya meningkatkan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa. Journal of Mathematics Education. 2(3):27-34.
Nurroniah, Z., Subiki, & Nuraini, L. (2024). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah disertai permainan QuizWhizzer terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa SMK. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 12(2):327-342.
Oktafiani & Mujazi. (2022). Pengaruh media pembelajaran Nearpod terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran matematika. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia). 7(1):124-134.
Pramesti, I. C., & Camellia, C. (2024). Penerapan nearpod sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa. Pedagogi : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. 4(2):90–94.
Rahma, A. A., & Wicaksono, I. (2023). Efektivitas model creative problem solving (CPS) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi kalor. Journal on Education. 5(3):5668-5679.
Ramadhan, I. R., Lesmono, A. D., & Anggraeni, F. K. A. (2023). Penerapan augmented reality sebagai media pembelajaran pada pokok bahasan gerak lurus. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF). 4(1):63-70.
Ramadhanti, A., Kholilah, Fitriani, R., Rini, E. F. S., & Pratiwi, M. R. (2022). Hubungan motivasi terhadap hasil belajar fisika kelas X MIPA di SMAN 1 Kota Jambi. Journal Evaluation in Education (JEE). 3(2):60-65.
Reski, N. (2021). Tingkat minat belajar siswa kelas IX SMPN 11 Kota Sungai Penuh. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian. 1(11):2485-2490.
Rohaliya, S., Harahap, M. F., Zidan, M., Azahra, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Penerapan media nearpod untuk meningkat keaktifan siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 1 Pabuaran. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi. 6(2):867-876.
Roswanti, Supandi, & Nursyahidah, F. (2020). Kemampuan pemecahan masalah siswa berkemampuan matematis rendah ada pembelajaran creative problem solving. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(3):191-201.
Sa'diyah, I., Hamid, A., Kirana, C. D., & Febrianti, A. (2024). Pendampingan penyusunan asesmen interaktif dan kreatif berbasis technoedugames dalam konteks kurikulum merdeka belajar di SMAN 2 Mojokerto. Sewagati. 8(4):2004-2014.
Sari, A. D., Noer, S. H., & Asmiati. (2020). Pengembangan model creative problem solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(2):1115-1128.
Sandri, D., Isnaniah, & Tisnawati, T. (2023). Analisis faktor rendahnya minat belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran matematika. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa. 2(1):175-185.
Sitanggang, R. R., Tegeh, I. M., & Simamora, A. H. . (2023). Media pembelajaran interakti berbasis kuis bermuatan pelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 7(1):68–74.
Subiki, Bahari, F., & Nuraini, L. (2024). Pengaruh inkuiri terbimbing didampingi laboratorium virtual terhadap hasilbelajar dan motivasi belajar fisika siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika). 9(1):114-124.
Suriarti, M., & Isnaniah. (2023). Minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model CPS di kelas IX. Journal on Education. 5(3):7176-7188.
Tandirerung, W. F., Manuahe, C., & Raturandang, J. O. (2021). Penerapan model pembelajaran creative problem solving (CPS) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. JSPB BIOEDUSAINS. 2(2):144-152.
Udayani, I. D. A. T., Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Pengaruh model creative problem solving terhadap minat belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. 4(2):284-293.
Widiawati, Y., Nurmaningsih, & Haryadi, R. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan edugame interaktif Nearpod terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. 1(2):12-25.
Zannah, S. N., Subagiyo, L., & Damayanti, P. (2021). Pengaruh model discovery learning berbantuan edmodo terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF). 2(2):183-192.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nikmatus Sholikhah, Maryani, Lailatul Nuraini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.




.png)



