Does the Merdeka Curriculum Potentially Integrate with the Cambridge Curriculum? Perspective Through Physics Subject

Keywords: Integrasi Kurikulum, Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Cambridge

Abstract

Reformasi kurikulum di Indonesia mempertimbangkan setiap kegiatan mata pelajaran dalam kaitannya dengan masyarakat dan ekonomi. Transformasi ini secara eksplisit terkait dengan kurikulum Cambridge sebagai kurikulum yang paling banyak digunakan di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemungkinan mengintegrasikan kurikulum Merdeka dengan kurikulum Cambridge sesuai dengan mata pelajaran fisika di tingkat SMA. Penelitian kualitatif dan metode analisis isi secara purposif digunakan untuk mendapatkan gambaran tentang kemungkinan mengintegrasikan kedua kurikulum. Berdasarkan kerangka kurikulum, keduanya saling berkaitan satu sama lain, kecuali poin " Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia " dalam kurikulum Merdeka yang tidak berkaitan dengan kerangka kurikulum Cambridge. Analisis lebih lanjut dilakukan dalam buku pelajaran fisika untuk sekolah menengah atas dan A level, mendapatkan hasil bahwa secara keseluruhan kedua kurikulum memiliki materi yang sama untuk diajarkan dan alur aktivitas siswa pada buku tersebut. Namun, tampilan buku ajar berdasarkan kurikulum Merdeka tidak semenarik di buku ajar Cambridge, karena pada buku ajar Cambridge memberikan lebih banyak contoh melalui gambar berwarna atau praktikum sederhana. Kurikulum Merdeka dan kurikulum Cambridge memiliki potensi untuk diintegrasikan. Mengingat pengintegrasian kurikulum membutuhkan banyak alokasi waktu, keuangan, dan sumber daya manusia, maka diperlukan analisis yang lebih dalam terhadap aspek-aspek lain dari kurikulum, termasuk perspektif siswa atau guru terhadap kurikulum integrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antika, V. Y., Dinurrohmah, S., Sulaeman, N. F., Nuryadin, A., & Subagiyo, L. (2022). Analisis Konten Kurikulum IPA SMP Indonesia Pada Pokok Bahasan Perubahan Iklim. Proceedings Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, Dan Komputer, 3, 132–139. https://doi.org/10.30872/pmsgk.v3i0.1628

Button, L. (2021). Curriculum Essentials: A Journey (A. Dodson (ed.)). Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. https://oer.pressbooks.pub/curriculumessentials/chapter/curriculum-integration/

Cambridge. (2019). International Education from Cambridge: What lies at the heart of a Cambridge education. In Cambridge Assessment International Education (pp. 1–16). https://www.cambridgeinternational.org/Images/417448-overview-brochure.pdf

Cambridge Assessment International Education. (2018). Curriculum framework Cambridge Primary Global Perspectives. Cambridge Assessment International Education. www.cambridgeinternational.org/primary

Cambridge Assessment International Education. (2019). Syllabus Cambridge International AS & A Level Physics 9702 (Issue November 2021). www.cambridgeinternational.org/ISO9001

Dinurrohmah, S., Mispi, G., Sari, A., Wisutama, R. A., Sulaeman, N. F., & Nuryadin, A. (2023). Potensi Pembelajaran Berbasis Etnosains dalam Buku Ajar Kurikulum Merdeka IPA SMP Kelas VII. Kappa Journal, 7(2), 170–178. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/kpj.v7i2.12554

Dinurrohmah, S., Sulaeman, N. F., Komariyah, L., Studi, P., Fisika, P., & Mulawarman, U. (2023). Analisis Pro-environmental Behavior Calon Guru Fisika dalam Penerapan Kurikulum Berbasis Lingkungan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(1), 34–40.

Drake, S., & Reid, J. (2018). Integrated Curriculum as an Effective Way to Teach 21st Century Capabilities. Asia Pacific Journal of Educational Research, 1(1), 31–50. https://doi.org/10.30777/apjer.2018.1.1.03

Glatthorn, Allan A., Floyd Boschee, Bruce M. Whitehead, B. F. B. (2009). Chapter 1: The Nature of Curriculum. In Curriculum Leadership: Strategies for Development and Implementation (pp. 2–36). https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.sagepub.com/sites/default/files/upm-binaries/44334_1.pdf&ved=2ahUKEwjZyZuQ0uj3AhXMs5UCHU2QBpEQFnoECD4QAQ&sqi=2&usg=AOvVaw0kLVchTC-IbqQO06_DKp4U

Gouëdard, P., Pont, B., Hyttinen, S., & Huang, P. (2020). Curriculum reform: A literature review to support effective implementation. In OECD Education Working Papers (Issue 239, pp. 5–59).

Hadi, A., Marniati, M., Ngindana, R., Kurdi, M. S., Kurdi, M. S., & Fauziah, F. (2023). New Paradigm of Merdeka Belajar Curriculum in Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1497–1510. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3126

Hasanah, U. (2019). The Integration Model of 2013 Curriculum and Cambridge Curriculum in Elementary Schools. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 144. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.4939

International Bureau of Education. (2017). Training Tools for Curriculum Development: Developing and Implementing Curriculum Frameworks. In International Bureau of Education-United Nations Educational & Cultural Organization. https://neqmap.bangkok.unesco.org/wp-content/uploads/2019/06/Developing-and-Implementing-Curriculum-Frameworks-1.pdf

Kemendikbud. (2022). Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka (Vol. 42, Issue ABSTRACT, pp. 39-A). https://doi.org/10.1290/1543-706x(2006)42[39-ab:p]2.0.co;2

Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. In Kemendikbudristek (pp. 1–37).

Lasmi, N. K. (2021a). Fisika untuk SMA/MA Kelas XI (H. Trifani (ed.)). Erlangga.

Lasmi, N. K. (2021b). IPA Fisika Untuk SMA/MA Kelas X (H. Trifani (ed.)). Erlangga.

Mispi, G., Sari, A., Antika, V. Y., Wisutama, R. A., Syiami, L. N., Sulaeman, N. F., Nuryadin, A., & Subagiyo, L. (2022). New Indonesian Science Curriculum for Junior High School : A Content Analysis to Support STEM SDGs. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 3(2), 176–182.

Mukminin, A., Habibi, A., Prasojo, L. D., Idi, A., & Hamidah, A. (2019). Curriculum reform in indonesia: Moving from an exclusive to inclusive curriculum. Center for Educational Policy Studies Journal, 9(2), 53–72. https://doi.org/10.26529/cepsj.543

Mulenga, I. M. (1993). Conceptualization and Definition of a Curriculum. Journal of Lexicography and Terminology, 2(2), 1–23.

Pratikno, Y., Hermawan, E., & Arifin, A. L. (2022). Human Resource ‘Kurikulum Merdeka’ from Design to Implementation in the School: What Worked and What not in Indonesian Education. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 326–343. https://doi.org/10.25217/ji.v7i1.1708

Rahman, K. (2014). Pengembangan Kurikulum Terintegrasi DI Sekolah/Madrasah. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 13–48. https://doi.org/10.18860/jpai.v1i1.3358

Respatiadi, F., Zid, M., & Hotimah, O. (2022). Komparasi Kurikulum 1964 dan 1968 serta Kajian Materi Geografi pada Jenjang SMP. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi. https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/450

Rifai, I., & Rombot, O. (2021). Basic Education in Indonesia BT - International Handbook on Education in South East Asia (L. P. Symaco & M. Hayden (eds.); pp. 1–29). Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-16-8136-3_29-1

Sang, D., Jones, G., Chadha, G., & Woodside, R. (2020). Physics for Cambridge International AS&A Level (Third). Cambridge University Press.

Sarah, L. L., & Suwarna, I. R. (2022). Fisika SMA/MA Kelas XII (K. Suartini (ed.)). Ministry of Education.

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan.

Wall, A., & Leckie, A. (2017). Curriculum Integration: An Overview. Current Issues in Middle Level Education, 22(1), 36–40.

Wardani, H., & Nugroho, F. D. (2016). Integrasi Kurikulum Nasional Dan Cambridge Curriculum Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. The Curriculum Journal, 9(2), 666–679. http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/51-Hilmia-Wardani-Fajar-Dwi-Nugroho.pdf

Yasir, M., Yamin, Y., Hadi, W. P., & Purnomo, P. (2023). Differentiation Learning Training in Projects as an Implementation Strategy for the Merdeka Curriculum at Yas’a Sumenep Middle School. Salus Publica: Journal of Community Service, 1(2), 47–52. https://doi.org/10.58905/saluspublica.v1i2.156

Zuhdi, M. (2005). Religious Education in Indonesian Schools Religious Education in Indonesian Schools. Redesigning Pedagogy: Research, Policy and Practice, 1(514), 1–15.

Published
2024-02-16
How to Cite
Dinurrohmah, S., & Nur Pratomo, E. (2024). Does the Merdeka Curriculum Potentially Integrate with the Cambridge Curriculum? Perspective Through Physics Subject. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 4(2), 152-160. https://doi.org/10.30872/jlpf.v4i2.2648
Section
Articles