Perbedaan Hasil Belajar Matematika antara Siswa yang Memiliki Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Kelas VIII

  • Asfirah Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Samarinda, Kalimantan Timur
  • Usfandi Haryaka Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Asyril Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Tipe Kepribadian, Ekstrovert dan Introvert

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert dengan siswa yang memiliki kepribadian introvert kelas VIII SMP Negeri 15 Samarinda tahun ajaran 2021/2022.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Samarinda pada tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 198 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling dengan mempertimbangkan tipe kepribadian yang dimiliki siswa, sehingga diperoleh sampel sebanyak 59 siswa yaitu masing-masing siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert adalah 21 siswa dan tipe kepribadian introvert adalah 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, yaitu tes Kepribadian dan tes hasil belajar matematika. Sebelum mengadakan penelitian, tes hasil belajar matematika diujicobakan pada salah satu kelas yang bukan merupakan sampel penelitian, yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Samarinda berjumlah 31 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji t Independent dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata hasil belajar matematika kelompok siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert sebesar 41,33 dan kelompok siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert sebesar 66,50. Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji t Independent, diperoleh taraf signifikan statistik (sig.) < taraf signifikan pengujian yaitu 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak, yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan tipe kepribadian. Dengan demikian, terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang memiliki tipe kepribadian ekstrovert dengan siswa yang memiliki tipe kepribadian introvert kelas VIII SMP Negeri 15 Samarinda tahun ajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Asfirah, Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Samarinda, Kalimantan Timur

1Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

2Sekolah Menengah Pertama Negeri 15 Samarinda, Kalimantan Timur

References

Chasanah, U. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Pgri 5 Sidoarjo Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert. Jurnal Edukasi.
Habibi, A. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP yang Berkepribadian Extrovert dan Introvert Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier. JURNAL EDUCAZIONE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan konseling.
Suryabrata, Sumadi. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Suyono & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yuketin, Yuyun (2018). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Keprbadian Ekstrovert dan Introvert. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.
Putri, W. A., & Masriyah. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Pada Materi Segiempat Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert-Introvert. MATHE Dunesa
Published
2022-07-31
How to Cite
Asfirah, A., Haryaka, U., & Asyril, A. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Matematika antara Siswa yang Memiliki Kepribadian Ekstrovert dan Introvert Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2(1), 68-74. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1247

Most read articles by the same author(s)