Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMPN 15 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022

  • Ungan Rika Hastini Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Suriaty Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Asyril Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Kemampuan Menyelesaikan Soal, Bangun Ruang Sisi Datar

Abstract

Jenis Penelitian Ini adalah deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 92 orang dan objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa 6 soal uraian dan wawancara. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk menentukan tingkat kemampuan individu, menentukan persentase jumlah siswa berdasarkan tiap kategori kemampuan, menentukan rata-rata kemampuan siswa secara keseluruhan, dan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal siswa kelas VIII Memiliki Nilai Tertinggi yaitu  85 dan nilai terendah yaitu 4. Berdasarkan kategori kemampuan,  diperoleh 1 siswa dengan persentase 1,08% pada kategori sangat baik, 12 siswa dengan persentase 13,04% pada kategori baik, 27 siswa dengan persentase 29,34% pada kategori cukup, 33 siswa dengan persentase 35,87% pada kategori kurang, dan 19 siswa dengan persentase 20,65% pada kategori sangat kurang. Berdasarkan butir soal kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar untuk soal nomor 2 tergolong sangat baik, untuk soal nomor 1 dan 4 tergolong cukup, untuk soal nomor 3 dan 5 tergolong kurang, dan untuk soal nomor 6 tergolong sangat kurang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh rata-rata kemampuan menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Samarinda secara keseluruhan tergolong dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 39,92%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, A. dan Supriyono, W. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta,
Almardota, S. (2020). Pengaruh Aktivitas dan Minat Belajar melalui Metakognisi Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN di Kota Makale. Tesis. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Makassar: Makassar.
Brown, H.D. (2000). Principle of Language Learning and Teaching. San Francisco: Addison Wesley Longman Inc.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Depdiknas.
________. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
DePorter, B., Reardon, M., dan Nouri, S.S. 2010. Quantum Teaching. Bandung: PT.Mizan Pustaka.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tim Penyusun. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Depdikbud.
Zaif, A.,sumardi. & Diah, N. (2013). Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya Untuk Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas IX 1 SMP Negeri 1 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal pancaran, Vol. 2, No.1.
Published
2022-07-31
How to Cite
Hastini, U. R., Suriaty, S., & Asyril, A. (2022). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMPN 15 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2(1), 25-28. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1241

Most read articles by the same author(s)