Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm <p>Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman yang dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Prosiding ini adalah hasil kerjasama dengan <a href="https://www.himaptika-unmul.com/" target="_blank" rel="noopener">Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himaptika) Universitas Mulawarman</a>. Semua artikel dalam prosiding ini telah dipresentasikan oleh pemakalah pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman yang diselengarakan oleh <a href="https://www.himaptika-unmul.com/" target="_blank" rel="noopener">Himaptika</a> melalui kegiatan <a href="https://www.himaptika-unmul.com/category/astramatika/" target="_blank" rel="noopener">Asah Terampil Matematika (Astramatika)</a> dan telah melalui proses <em>review</em> dan <em>editing</em>.</p> en-US petrus@fkip.unmul.ac.id (Petrus Fendiyanto, S.Pd., M.Si.) nanda.arista@fkip.unmul.ac.id (Nanda Arista Rizki, S.Si., M.Si.) Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisis Komparasi Perbedaan IPK Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2459 <p>Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan prestasi akademik Mahasiswa selama perkuliahan. Nilai IPK dapat dipengaruhi oleh gaya belajar. Penelitian terkait perbedaan IPK Mahasiswa calon guru matematika berdasarkan gaya belajar penting dilakukan, mengingat pada gilirannya mereka akan menjadi ujung tombak keberhasilan sebuah proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komparasi perbedaan nilai IPK Mahasiswa berdasarkan gaya belajarnya. Data diambil dari 111 Mahasiswa aktif yang masih mengambil mata kuliah. Analisis data dilakukan dengan statistika deskriptif lalu dilakukan pengujian asumsi. Karena data tidak memenuhi asumsi, maka dilanjutkan dengan analisis non parametrik yaitu Kruskal-Wallis. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa tidak terdapat perbedaan nilai IPK Mahasiswa antar kelompok gaya belajar.</p> Nanda Arista Rizki, Nurul Afifah, Thesalonica Graina Barung, Ivan Novri, Isran K. Hasan Copyright (c) 2023 Rizki dkk. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2459 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Tunarungu Materi Kubus Dan Balok di SLB Negeri Samarinda https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2461 <p>Beberapa kecakapan matematika yang diharapkan dalam pembelajaran, yaitu siswa dapat memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep, dan mengaplikasikan konsep dengan tepat dalam pemecahan masalah. Hal ini menjadi tuntutan bagi para guru di Sekolah Luar Biasa (SLB) dalam melakukan pembelajaran matematika pada anak berkebutuhan khusus tunarungu. Keterbatasan anak tunarungu dalam berbahasa dan komunikasi membuat guru di Sekolah Luar Biasa dituntut untuk mempunyai strategi dalam menyampaikan materi pembelajaran matematika agar mereka dapat memahami materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran matematika pada anak tunarungu materi kubus dan balok dan tingkat pemahaman siswa berkebutuhan khusus. Jenis penelitian ini adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif, melalui pendekatan ini peneliti menggali informasi secara ilmiah tentang proses pembelajaran matematika pada anak tunarungu materi kubus dan balok. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga siswa tunarunggu kelas VIII, guru kelas, dan salah satu orang tua murid siswa tunarunggu. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah melalui studi literatur, observasi, dan wawancara terhadap guru dan orang tua anak yang terlibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika materi kubus dan balok yang diberikan oleh guru pada siswa tunarungu sudah sistematis, namun dari tingkat pemahaman anak berkubutuhan khusus ini secara keseluruhan tidaklah sama. Anak berkebutuhan khusus tunarungu sedang cukup baik dalam memahaminya, sedangkan anak lainnya pemahamannya masih kurang. Dari perilaku siswa berkebutuhan khusus tunarunggu ini mereka menyukai pelajaran matematika tergantung pada mudah atau tidaknya materi yang diberikan.</p> Ana Monika Guinet, Ayu Cintiya Usmawati, Reisa Evita Zahradia, Mutiara Mumtaza, Mustika Pebrianti, Muhammad Ramadani, Kurniawan Kurniawan Copyright (c) 2023 Guinet dkk. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2461 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Proses Menyelesaikan Soal Matematika Materi Penjumlahan pada Siswa Tunagrahita Ringan di SLB Negeri Samarinda https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2462 <p>Pendidikan merupakan hal penting bagi kehidupan manusia, tak terkecuali pada anak berkebutuhan khusus, yaitu anak tunagrahita. Anak tunagrahita adalah anak dengan hambatan perkembangan mental dan intelektual yang berdampak pada perkembangan kognitif dan perilakunya. Adanya pendidikan diharapkan dapat mengeksplorasi kemampuan dan merasakan pembelajaran sebagaimana yang dirasakan anak pada umumnya, khususnya matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses menyelesaikan soal matematika materi penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Samarinda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, melalui pendekatan ini peneliti menggali informasi secara ilmiah. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VI dan tiga siswa tunagrahita ringan kelas VI. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data melalui studi literatur, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Studi literatur merupakan data awal sebagai dasar peneliti melakukan penelitian. Dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi didapatkan data kemudian disesuaikan dengan studi literatur untuk menemukan hasil penelitian mengenai proses menyelesaikan soal matematika materi penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Samarinda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses menyelesaikan soal matematika materi penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan di SLB Negeri Samarinda adalah sebagai berikut: 1) Guru memberikan soal; 2) Siswa mengerjakan soal; 3) Guru mengoreksi hasil pekerjaan siswa; 4) Siswa kembali mengerjakan soal; 5) Guru mengoreksi kembali hasil pekerjaan siswa. Adapun soal yang diberikan berupa soal uraian dalam bentuk cerita berjumlah lima soal. Dalam hal ini ditemukan adanya hambatan yang dialami oleh siswa tunagrahita ringan dalam menyelesaikan soal, seperti kurang teliti dan mudah lupa, sehingga diperlukan strategi khusus dan umpan balik dari guru dalam proses menyelesaikan soal matematika.</p> Sarla Sarla, Fatmawati Fatmawati, Dewi Murni, Syavira Azhaar, Muhammad Takbir, Marhamah Marhamah, Zainuddin Untu Copyright (c) 2023 Sarla dkk. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2462 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Kesulitan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Belajar Mengenal Angka di SLB Bhakti Pertiwi Samarinda https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2464 <p>Pengertian anak tunagrahita menurut <em>American Association on Mental Deficiency</em> (AAMD) mengacu pada fungsi intelektual umum yang secara nyata (signifikan) berada di bawah rata-rata (normal) bersamaan dengan kekurangan dalam tingkah laku penyesuaian diri dan semua ini berlangsung (termanifestasi) pada masa perkembangannya. Pendidikan matematika yang dilakukan pada anak tunagrahita sedikit berbeda dengan anak lainnya sehingga topik pembicaraan penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran anak tunagrahita dalam mengenal angka dengan hal tersebut pun menjadi rumusan masalah pada penelitian ini. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses belajar anak tunagrahita adalam mengenal angka. Metode yang digunakan adalah observasi lapangan yang melibatkan objek (siswa, guru, dan orang tua), wawancara yang dilakukan oleh peneliti, orang tua, dan guru, dokumentasi untuk memperkuat penelitian, serta studi literatur guna menambah wawasan dan informasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah anak tunagrahita memiliki beberapa kekurangan diantaranya adalah lemahnya daya serap/ingatan yang menyebabkan sulitnya mereka untuk mengingat angka yang telah diajarkan sehingga guru harus sekreatif mungkin untuk membantu siswa dapat mengingat materi pelajaran. Tak hanya itu, guru dan orang tua juga wajib bekerja sama demi kelancaran selama pembelajaran terlebih lagi anak tunagrahita yang sulit beradaptasi dengan lingkungan baru mereka.</p> <p>&nbsp;</p> Septi Nur Faisah, Mufid Amien Siregar, Firanda Firanda, Irga Nandita, Mujahadah Mujahadah, Aeinatul Auliyah, Musdalifa Musdalifa, Auliaul Fitrah Samsuddin Copyright (c) 2023 Faisah dkk. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2464 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Proses Pembelajaran Siswa Tunanetra Pada Materi Bangun Datar Persegi https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2465 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran siswa tunanetra pada materi bangun datar persegi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa tunanetra kelas VII dan dua guru di SLB Negeri Samarinda. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru dan observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika pada materi persegi. Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan utama sebagai berikut. Pada kegiatan awal, guru membuka pelajaran dengan berdoa dan bernyanyi bersama, serta memberikan apersepsi mengenai materi sebelumnya yang berkaitan dengan persegi. Pada kegiatan inti, guru menjelaskan materi persegi dengan menggunakan buku <em>Braille</em> dan memberikan contoh konkret penggunaan persegi, seperti bentuk meja. Pada kegiatan penutup, guru memberikan evaluasi terhadap materi yang diberikan dan refleksi kepada siswa.</p> <p>&nbsp;</p> Aqmal Hakim, Dwiyanti Suriani, Selvia Nuraini, Desita Dwi Ramadhani, Jumain Jumain, Rahma Adya Pinastika, Yan Ayu Lintang Sagita, Ikmawati Ikmawati Copyright (c) 2023 Hakim dkk. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2465 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Kecemasan Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas 11 SMA Negeri 1 Bojong https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2466 <p>Tujuan dalam penelitian ini ingin mengetahui pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Bojong. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian <em>ex-post facto</em>. Populasinya adalah siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Bojong tahun pelajaran 2022/2023 sedangkan sampelnya adalah siswa kelas 11 MIPA 4 SMA Negeri 1 Bojong tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji regresi sederhana dengan uji prasyarat yang meliputi, uji normalitas, homogenitas, dan linearitas. Berdasarkan hasil analisisnya diperoleh bahwa terdapat pengaruh negatif dari kecemasan matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas 11 SMA Negeri 1 Bojong dengan kontribusi kecemasan matematis sebesar 21,6% dan sisanya sebesar 78,4% dipengaruhi oleh faktor lain.</p> <p>&nbsp;</p> Erina Khairunnisa, Amalia Fitri Copyright (c) 2023 Khairunnisa & Fitri https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2466 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Perbedaan Rata-rata Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa yang Diajarkan Model Pembelajaran RME Berbantuan E-Modul BruStar dengan Model Pembelajaran Langsung https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2467 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil tes studi pendahuluan kemampuan pemecahan masalah yang diikuti oleh 25 siswa kelas VIII SMP 3 Bae Kudus diperoleh total nilai rata-rata 8,20 dengan nilai KKM adalah 72. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan model pembelajaran RME berbantuan <em>e</em>-modul BruStar lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain&nbsp; penelitian jenis <em>Quasi Experimental </em>dan rancangan yang dipilih adalah <em>The Noneequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. </em>Pengambilan sampel menggunakan teknik <em>Simple Random Sampling</em> didapat kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan datanya menggunakan&nbsp; tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dua sampel independen. Berdasarkan hasil <em>posttest</em> kemampuan pemecahan masalah dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII F yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran RME berbantuan <em>e</em>-modul BruStar yaitu 77,80 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII G yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran langsung yaitu 65,00 sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan model pembelajaran RME berbantuan <em>e</em>-modul BruStar lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan model pembelajaran langsung.</p> <p>&nbsp;</p> Nungky Faila Shofa, Himmatul Ulya, Savitri Wanabuliandari Copyright (c) 2023 Shofa dkk. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2467 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Perbedaan Peningkatan Rata-Rata Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Model Pembelajaran PBL Berbantuan Math Home Application Dengan Pembelajaran Langsung https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2468 <p>Pemahaman konsep terdiri dari memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan konsep, mengaplikasikan konsep untuk memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan peningkatan dalam memehami materi matematika dengan penerapakan pembelajaran model <em>Problem Based Learning</em> menggunakan media aplikasi <em>math home</em> dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XE-11 dan XE-12 di SMA N 1 Gebog Kudus. Disisi lain penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk <em>Quasi Eksperimental</em>. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuam pemahaman konsep matemaris siswa. Sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> berbantuan <em>math home application</em>. Teknik pengumpulan data ini tes. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik kelas secara acak atau <em>Purposive Sampling</em>. Analisis data yang digunakan dalam penilitian ini uji <em>N-Gain</em> dilanjutkan dengan uji <em>t</em> saling bebas.</p> <p>&nbsp;</p> Devita Afriyani, Savitri Wanabuliandari, Sumaji Sumaji Copyright (c) 2023 Afriyani dkk. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2468 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VII Menggunakan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Edutainment https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2469 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan representasi matematis menggunakan media pembelajaran matematika berbasis <em>edutainment</em>. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 32 Palembang yang telah mempelajari materi penyajian data. Subjek dikumpulkan untuk memperhatikan media pembelajaran dengan menyelesaikan LKPD bersama-sama secara perkelompok disuatu tempat. Instrument dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Pembelajaran Berbasis <em>Edutainment</em>, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berisi aktivitas-aktivitas berupa masalah pada materi penyajian data, Soal Tes yang berisi 3 (Tiga) soal untuk mengukur kemampuan representasi matematis siswa. Data yang diperoleh dari penelitian ini dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis <em>edutainment</em> dengan menggunakan video animasi dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan dan memberikan kesempatan kepada subjek untuk dapat memahami matematika melalui cara yang lebih mudah dan lebih dimengerti bagi mereka. Sehingga subjek menemukan caranya untuk menyelesaikan masalah secara mandiri.</p> <p>&nbsp;</p> Annisa Aulia Farhan Saleha, Zuli Nuraeni Copyright (c) 2023 Saleha & Nuraeni https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2469 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Segiempat https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2470 <p>Permasalahan yang seringkali dialami peserta didik adalah kesulitan dalam memberikan solusi persoalan berdasarkan konsep. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hasil jawaban dan pemahaman konsep peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pembelajaran terkait bangun datar segiempat (jajargenjang dan persegi panjang) diberikan pada jenjang SMP yaitu pada kelas VII semester genap. Materi bangun datar segiempat penting untuk dikuasai karena merupakan dasar untuk mempelajari materi tingkat lanjut. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII G MTs Al-Hidayah Karangploso. Data diperoleh dengan memberikan tes tertulis terkait bangun jajargenjang dan persegi panjang. Bentuk soal pemahaman konsep yang diberikan yaitu 5 butir soal yang telah divalidasi. Hasil penelitian diperoleh rata-rata tes terkait pemahaman konsep peserta didik adalah 13,32 termasuk dalam kategori sedang. Hasil analisis per indikator pemahaman konsep yaitu peserta didik kurang dalam pengulangan konsep, peserta didik kurang dalam menyajikan permasalahan matematika dengan pengaplikasian konsep yang telah dipelajari, dan kurang dalam mengklasifikasikan berdasarkan objek-objek matematika sesuai konsep beserta langkah penyelesaiannya.</p> <p>&nbsp;</p> Firjon Nurisna Hadi Al Haq, M. Indra Riamizad Raicudu Copyright (c) 2023 Haq & Raicudu https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2470 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Analisis Kesulitan Siswa Ditinjau dari Adversity Quotient dalam Menyelesaikan Soal Limit Berdasarkan Teori Polya https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2471 <p><em>Adversity Quotient</em> (AQ) merupakan salah satu faktor yang dimiliki siswa dalam menanggapi berbagai kesulitan. <em>AQ</em> merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mengatasi kesulitan dan bertahan hidup. Siswa memiliki ketahanan dalam menghadapi kesulitan yang berbeda, ada yang pantang menyerah, berusaha dan ada yang mudah menyerah. Oleh karena itu, tujuan peneltian adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa dengan kategori <em>AQ </em>tinggi, <em>AQ </em>sedang, dan <em>AQ</em> rendah dalam menyelesaikan soal limit berdasarkan teori Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitianya yaitu siswa SMA Negeri 4 Pekalongan kelas XI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket <em>Adversity Quotient</em>, tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori <em>AQ</em> tinggi dalam menyelesaikan soal mengalami kesulitan dalam memeriksa kembali. Siswa dengan kategori <em>AQ</em> sedang dalam menyelesaikan soal mengalami kesulitan merencanakan strategi penyelesaian, kesulitan menyelesaikan masalah sesuai rencana dan kesulitan memeriksa kembali dari masalah. Sedangkan siswa dengan kategori <em>AQ</em> rendah dalam menyelesaikan soal mengalami kesulitan mengidentifikasi hal-hal yang diketahui, kesulitan merencanakan langkah penyelesaian, kesulitan menuliskan langkah penyelesaian dan kesulitan memeriksa kembali dari masalah.</p> <p>&nbsp;</p> Ulya Salsabila, Rini Utami Copyright (c) 2023 Salsabila & Utami https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2471 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Implementasi Pohon Keputusan untuk Klasifikasi Cara Belajar Mahasiswa Mandiri dan Berkelompok Berdasarkan Sumber Belajarnya https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2472 <p>Mahasiswa dapat belajar secara mandiri atau berkelompok. Cara belajar ini dapat diklasifikasikan berdasarkan sumber belajarnya dengan menggunakan pohon keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat pohon keputusan yang dapat mengklasifikasi cara belajar mahasiswa mandiri dan berkelompok berdasarkan sumber belajarnya. Atribut pembentuk pohon keputusan ini adalah sumber belajar YouTube, buku cetak, buku elektronik, jurnal, Podcast, dan les/kursus. Data diambil dari 111 Mahasiswa yang masih mengambil mata kuliah. Berdasarkan hasil penelitian, terbentuklah 10 aturan implikasi dengan sumber belajar YouTube sebagai faktor penentunya.</p> <p>&nbsp;</p> Nanda Arista Rizki, Mutiara Mumtaza, Carolina Fadia Dewi, Dhira Syahlafandi, Petrus Fendiyanto Copyright (c) 2023 Rizki dkk. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2472 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Profil Soal Literasi Numerasi Mahasiswa https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2473 <p>Penyusunan soal numerasi dalam hal ini soal yang kontekstual merupakan hal yang penting dilakukan oleh seorang guru. Mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan sebagai guru masa depan tidak hanya menguasai materi matematika sekolah tetapi juga dapat menyusun soal kontekstual. Berdasarkan hal ini maka penelitian bertujuan untuk mengetahui cara dan kendala mahasiswa menyusun soal kontekstual. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 3 mahasiswa pendidikan matematika. Hasil yang diperoleh yaitu cara sumber menyusun soal kontekstual yaitu dengan melihat contoh dari google maupun buku kemudian memodifikasi dengan menambahkan informasi yang dekat dengan peserta didik. dari soal yang berbentuk gambar atau tidak ada konteks, hanya merubah kata pada soal yang sudah ada, menambahkan informasi yang sebenarnya dari soal yang berbentuk gambar, serta menggabungkan informasi dari beberapa soal menjadi sebuah soal yang kontekstual. Adapun kendala dalam menyusun soal kontekstual yaitu sumber tidak bisa menyusun kalimat agar dipahami peserta didik. Selain itu sumber juga sulit mengaitkan matematika dengan keseharian sehingga terkesan memaksakan soal.</p> <p>&nbsp;</p> Husnul Khotimah Copyright (c) 2023 Husnul Khotimah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2473 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Model Pembelajaran PjBL Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2474 <p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran <em>PjBL </em>terhadap kemampuan pemahaman konsep SMK N 1 Pekalongan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian eksperimen ini menggunakan <em>Posttest Only Control Design </em>berbentuk quasi experimental design Populasinya adalah siswa kelas X SMK N 1 Pekalongan dengan sampel penelitian kelas X Tata Busana 1. Teknik <em>sampling</em> menggunakan <em>random sampling</em>. Instrument tes dilakukan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji normalitas, uji homogenitas dengan uji F, dan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar &nbsp;yang artinya &nbsp;ditolak, berarti ada perbedaan rata-rata nilai <em>posttest</em> yang mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan dua model pembelajaran. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran <em>PjBL</em> terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa SMK N 1 Pekalongan.</p> <p>&nbsp;</p> Imaniar Salwa Nabila, Dewi Azizah Copyright (c) 2023 Nabila & Azizah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2474 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA di Kecamatan Ngemplak Boyolali https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2475 <p>World Economic Forum pada Tahun 2015 menekankan bahwa pendidikan abad 21 harus membekali siswa dengan kemampuan literasi, termasuk di dalamnya literasi matematika.&nbsp; Kemampuan literasi matematika siswa Indonesia masih menjadi masalah jika memperhatikan hasil PISA tahun 2018 menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat 74 dari 79. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan menganalisis kemampuan literasi matematika siswa SMA di Kecamatan Ngemplak Boyolali. Subjek penelitian ini melibatkan siswa SMA kelas X di dua sekolah di Kecamatan Ngemplak Boyolali. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara dan hasil lembar kerja berupa soal cerita matematika. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 31,1% siswa memiliki kemampuan literasi numerasi tingkat rendah, 33,7% siswa memiliki kemampuan literasi numerasi tingkat sedang, dan 35,2% siswa memiliki kemampuan literasi numerasi tingkat tinggi.</p> <p>&nbsp;</p> M. Ridwan Aziz, Meilani Safitri Copyright (c) 2023 Aziz & Safitri https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2475 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Profil Mahasiswa dalam Mempelajari Materi Menggambar Grafik Fungsi Persamaan Kutub pada Matakuliah Kalkulus Peubah Banyak https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2476 <p>Penelitian ini dilakukan karena banyaknya mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta yang gagal menyelesaikan soal Ujian Tengan Semester Kalkulus Peubah Banyak tentang menggambar grafik persamaan kutub. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil mahasiswa tentang: 1) persepsi terhadap materi menggambar grafik persamaan kutub, 2) faktor penyebab kegagalan dalam menyelesaikan soal Ujian Tengan Semester tentang menggambar grafik persamaan kutub, dan 3) bentuk pembelajaran yang diharapkan mahasiswa ketika mempelajari materi menggambar grafik persamaan kutub. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subyeknya adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta yang mengambil mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak Tahun Ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan adalah angket terbuka. Hasil penelitian menunjukkan: 1) mahasiswa paling banyak berpresepsi materi menggambar grafik persamaan kutub sulit jika soalnya berbeda dengan contoh soal yang diberikan (57%), 2) faktor&nbsp; paling banyak yang menjadi penyebab mahasiswa gagal menyelesaikan soal Ujian Tengah Semester adalah karena mereka ragu menggunakan rumus yang mana (43%), dan 3) bentuk pembelajaran yang paling diharapkan mahasiswa adalah dengan menggunakan banyak contoh soal (86%).</p> <p>&nbsp;</p> Listy Vermana, Fazri Zuzano, Susi Herawati, Niniwati Niniwati Copyright (c) 2023 Vermana dkk. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2476 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Perspektif Gender Terhadap Motivasi Belajar dan Kecemasan Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2477 <p>Pembelajaran matematika dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, yang dapat berpengaruh positif atau negatif terhadap pelaksanaan pembelajaran, pada diri siswa terdapat berbagai ekspresi emosi baik itu emosi positif berupa motivasi belajar maupun ekspresi negatif seperti kecemasan, yang tentunya kedua hal ini dapat dialami secara berbeda bagi setiap orang, terutama bagi siswa laki-laki dan perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar dan kecemasan matematika siswa ditinjau berdasarkan gender. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yang dilakukan terhadap sembilan puluh responden siswa kelas sebelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa perempuan lebih tinggi daripada siswa laki-laki, sedangkan tingkat kecemasan matematika pada siswa laki-laki lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan.</p> <p>&nbsp;</p> Freddy Prasetyo, Ardianti Rukmana Ugu Copyright (c) 2023 Prasetyo & Ugu https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2477 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Proses Pembelajaran Di Luar Kelas Terhadap Peningkatan Penalaran dan Koneksi Matematis Siswa https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2478 <p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan tingkat penalaran dan koneksi matematis siswa MTs dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar. Ada lima indikator yang ditetapkan peneliti, tiga indikator penalaran matematis meliputi 1) manipulasi matematika, 2) menjelaskan dengan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan setiap model, dan 3) menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan, atau bukti terhadap solusi, serta dua indikator koneksi matematis meliputi 4) hubungan antar konsep matematika dan 5) hubungan konsep matematika dengan masalah kontekstual. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII-C MTs Al-Hidayah Karangploso yang berjumlah 35 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk menghimpun data menggunakan soal tes dan lembar wawancara. Pembelajaran di luar kelas adalah aktivitas pembelajaran yang dilakukan di ruangan terbuka dengan sumber belajar dari objek riil yang ada di lingkungan. Belajar matematika di luar kelas pada materi bangun ruang sisi datar mampu meningkatkan daya nalar, berpikir kritis, dan kemampuan matematis lain karena adanya konektivitas antara konsep dengan objek nyata, sehingga berimplikasi pada peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada peningkatan penalaran dan koneksi matematis yang dilihat dari nilai tes siswa sebelum pelaksanaan pembelajaran di luar kelas rata-rata kelas 55,457. Sedangkan setelah proses pembelajaran di luar kelas pertama rata-rata kelas menjadi 71,2857, dan pemberian perlakuan kedua rata-rata kelas menjadi 75,1429. Berdasarkan penelitian pembelajaran di luar kelas dapat meningkatkan penalaran dan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar.</p> M. Indra Riamizad Raicudu, Anies Fuady, Sikky El Walida Copyright (c) 2023 Raicudu & Haq https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2478 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Kajian Etnomatematika Aktivitas Fundamental Matematis Pada Rumah Lamin Adat Pemung Tawai Suku Dayak Kenyah https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2479 <p>Penelitian ini bermula dari permasalahan siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Lebih lagi banyak siswa yang tidak mengetahui penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, akibat zaman yang semakin berkembang banyak siswa yang tidak mengetahui ciri khas dari daerah mereka khususnya Kalimantan Timur. Tujuan pada penelitian ini yaitu melakukan kajian etnomatematika khususnya pada aspek aktivitas fundamental matematis yang terdapat pada rumah Lamin Adat Pemung Tawai Suku Dayak Kenyah. Hal ini dilakukan agar guru dapat mengaitkan pembelajaran matematika dengan kebudayaan setempat. Tidak hanya belajar matematika, tetapi guru juga dapat memperkenalkan budaya yang ada didaerah mereka melalui etnomatematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu Kepala Adat suku Dayak Kenyah dan Tetua Adat suku Dayak Kenyah Desa Pampang. Penelitian dilaksanakan di rumah Lamin Adat Pemung Tawai Desa Budaya Pampang. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data observasi dan wawancara yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat aspek aktivitas fundamental matematis pada rumah Lamin Adat Pemung Tawai Suku Dayak Kenyah yaitu <em>counting, locating, measuring, designing, playing dan explaning</em>. Rumah Lamin Adat Pemung Tawai juga memiliki konsep transformasi yaitu refleksi, translasi dan dilatasi pada ukiran dan lukisannya yang dapat dijadikan sebagai salah sumber belajar matematika di Sekolah Menengah Pertama.</p> <p>&nbsp;</p> Twinsky Choirunissa, Jefferson Roosevelt Watulingas, Berahman Berahman Copyright (c) 2023 Choirunissa dkk. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2479 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Kemampuan Menyelesaikan Masalah Kontekstual pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2480 <p>Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan menyelesaikan masalah kontekstual pada materi sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X MIPA SMA Negeri 3 Samarinda. Subjek penelitian diambil 4 kelas yaitu siswa kelas XA, XB, XC, dan XF SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2022/2023 sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan masalah kontekstual pada materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan tahapan menyelesaikan masalah menurut Polya. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis berbentuk soal uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 128 siswa kelas X SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2022/2023 terdapat 2 siswa dengan kategori kemampuan sangat baik, 10 siswa dengan kategori kemampuan baik, 9 siswa dengan kategori kemampuan cukup, dan 107 siswa dengan kategori kurang. Persentase pada setiap tahapan menyelesaikan masalah menurut Polya, yaitu pada tahapan memahami masalah sebesar 18%, pada tahapan merencanakan penyelesaian masalah sebesar 41%, pada tahapan melaksanakan rencana penyelesaian sebesar 32%, dan tahapan melihat kembali sebesar 31%. Pada rata-rata hasil tes kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual sistem persamaan linear tiga variabel adalah 41,781 dan persentase rata-rata tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual sistem persamaan linear tiga variabel adalah 32% tergolong kategori kurang.</p> <p>&nbsp;</p> Siti Rukmana, Rusdiana Rusdiana, Suriaty Suriaty Copyright (c) 2023 Rukmana dkk. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2480 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Segiempat https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2481 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika di kelas VII D SMP N 24 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu menemukan dan menggambarkan secara naratif kegiatan yang dilakukan dan dampak dari tindakan yang dilakukan subjek. Pengambilan subjek menggunakan teknik <em>purposive sampling</em> berdasarkan pada siswa yang memiliki hasil tes tertinggi sehingga diperoleh subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa di kelas VII D SMPN 24 Samarinda. Objek penelitian ini adalah berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan 4 tahapan dari Jacob dan Sam yaitu klarifikasi (merumuskan pertanyaan permasalahan), asesmen (mengumpulkan dan menilai informasi), inferensi (menentukan urutan langkah-langkah penyelesaian dengan runtut), dan strategi (menentukan tindakan alternatif)<em>. </em>Teknik pengumpulan data diawali dari observasi pada saat kegiatan pembelajaran matematika materi segiempat karena pada materi ini subjek mengenal jenis-jenis bangun datar segiempat secara keseluruhan, kemudian melakukan tes materi segiempat terakhir wawancara mengenai hasil tes yang telah diperoleh subjek. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman yang dilakukan secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap klarifikasi subjek dapat &nbsp;merumuskan pertanyaan pada permasalahan baik dalam segi gambar maupun tulisan. Tahap asesmen subjek hanya menuliskan atau mengumpulkan beberapa informasi secara benar. Tahap inferensi subjek belum mampu menentukan langkah-langkah penyelesaian secara runtut dan sistematis. Dan tahap terakhir adalah tahap strategi di mana subjek belum memperoleh langkah alternatif penyelesaian yang mengarah pada solusi</p> <p>&nbsp;</p> Diah Permani Putri Bakti Tulus, Zainuddin Untu, Sugeng Sugeng Copyright (c) 2023 Tulus dkk. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2481 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2482 <p>Penelitian ini bermulai dari permasalahan rendahnya hasil belajar matematika dengan pembelajaran berpusat pada guru pada sekolah SMP Negeri 7 Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran <em>Project Based Learning</em>. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak tiga siklus, dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Peneliti memperoleh data dari dokumentasi, nilai dasar, LKPD, tes akhir siklus dan lembar observasi. Hasil penelitian untuk siklus I sebanyak 32% siswa yang tuntas dengan kategori “cukup”, siklus II sebanyak 84% siswa yang tuntas dengan kategori “sangat baik” dan siklus III sebanyak 100% siswa yang tuntas dengan kategori “sangat baik”.</p> <p>&nbsp;</p> Fitriyani Fitriyani, Ariantje Dimpudus, Usfandi Haryaka Copyright (c) 2023 Fitriyani dkk. https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2482 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Eksplorasi Etnomatematika Dalam Ukiran Rumah Lamin Adat Pamung Tawai Desa Budaya Pampang Melalui Konsep Transformasi Geometri https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2483 <p>Pendidikan merupakan suatu yang terikat dalam kehidupan manusia, selama manusia itu hidup bersama, proses pendidikan terjadi pada dasarnya adalah upaya untuk melestarikan kehidupan. Seperti halnya pembelajaran matematika berperan penting dalam mengembangkan potensi dan keterampilan siswa. Salah satunya adalah mendorong dan melatih siswa menjadi percaya diri untuk menggunakan konsep matematika dalam memecahkan masalah kehidupan nyata. Pembelajaran Matematika berbasis budaya (etnomatematika) merupakan salah satu cara yang dapat menjadikan pembelajaran matematika lebih bermakna dan kontekstual yang berkaitan erat dengan komunitas budaya. Selain itu, pembelajaran matematika berbasis budaya akan menjadi alternative pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan inovatif karena kemungkinan terjadinya pemaknaan secara kontekstual berdasarkan pada pengalaman siswa. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pada ukiran dinding rumah lamin adat suku Dayak Kenyah melalui motif yang ditemukan dan dikaitkan pada konsep transformasi geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah motif ukiran dinding rumah lami adat dan objek penelitian ini adalah konsep transformasi geometri. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari observasi langsung, hasil wawancara dengan subjek penelitian dan hasil dokumentasi.</p> Muhammad Hafizh Naufal Yahya, Haeruddin Haeruddin Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2483 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Eksplorasi Batik Saho Balikpapan Pada Materi Transformasi Geometri https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2484 <p>Matematika masih dianggap sebagai mata pelajaran yang menjadi momok bagi siswa. Salah satu alasannya karena siswa merasa matematika tidak terkait dengan kehidupan sehari-hari. Padahal matematika telah diterapkan sejak lama dalam kebudayaan. Keterkaitan antara budaya masyarakat dan matematika dikenal dengan istilah etnomatematika. Salah satu budaya Indonesia yang erat kaitannya dengan matematika adalah batik. Dalam batik, terdapat pola-pola yang simetris dan berulang, sesuai dengan transformasi geometri. Subjek pada penelitian ini adalah motif Batik Saho Balikpapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi transformasi geometri pada motif Batik Saho. Objek penelitian ini adalah transformasi geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Sumber data penelitian adalah pemilik, pengelola, dan pengrajin Batik Saho. Instrumen penelitian adalah peneliti sebagai instrumen utama, sedangkan panduan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai instrumen pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan dari tujuh motif batik yang diobservasi, mampu memberikan contoh untuk empat macam transformasi geometri, yaitu&nbsp; <em>translasi</em> (pergeseran) ada 4 atau 44%, <em>refleksi</em> (pencerminan) ada 3 atau 33%, <em>rotasi</em> (perputaran) ada 1 atau 11%, dan <em>dilatasi</em> (perbesaran/pengecilan) ada 1 atau 11%. Penelitian ini memberikan contoh pemanfaatan matematika dalam kebudayaan masyarakat sehingga siswa mendapat gambaran bahwa matematika itu dekat dengan kehidupan kita.</p> Ika Dewi Sari Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2484 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah matematika Pada Materi Bilangan Bulat Dan Pecahan https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2485 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi bilangan bulat dan pecahan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 35 Samarinda tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 35&nbsp; Samarinda tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 58 siswa dan objek penelitian adalah kemampuan siswa menyelesaikan masalah matematika pada materi bilangan bulat dan pecahan berdasarkan langkah-langkah menyelesaikan masalah menurut Polya. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bilangan bulat dan pecahan secara keseluruhan tidak terdapat siswa dengan kategori kemampuan sangat baik, 1 siswa dengan kategori kemampuan baik, 11 siswa dengan kategori cukup, 26 siswa dengan kategori kurang, dan 20 siswa dengan kategori sangat kurang. Berdasarkan tahap menyelesaikan masalah yaitu tahap memahami masalah sebesar 46,98% termasuk ke dalam kategori kemampuan cukup, tahap merencanakan penyelesaian masalah sebesar 11,64% termasuk ke dalam kategori kemampuan sangat kurang, tahap melaksanakan penyelesaian sebesar 28,45% termasuk ke dalam kategori kemampuan kurang, dan tahap memeriksa kembali sebesar 27,48% termasuk ke dalam kategori kemampuan kurang. Persentase rata-rata tingkat kemampuan siswa&nbsp; dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi bilangan bulat adalah 27,48%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah kemampuan menyelesaikan masalah matematika pada materi bilangan bulatr dan pecahan tahun ajaran 2022/2023 tergolong kategori kurang.</p> Jefri Febrianto, Petrus Fendiyanto, Suriaty Suriaty, Kukuh Kukuh Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2485 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Muatan Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Matematika https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2486 <p>Penelitian ini bertujuan untuk muatan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah 1 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran matematika meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan guru mengelola karakter religius dengan berdoa, disiplin dengan masuk kelas tepat waktu dan peduli lingkungan dengan mengajak siswa menjaga kebersihan kelas, serta guru membertikan motivasi pada siswa. Pada kegiatan inti, guru mengelola pendidikan karakter dengan menerapkan metode pembelajaran diskusi sehingga membiasakan siswa memilki karakter demokratis, toleransi, peduli sosial, komunikatif, rasa ingin tahu, cinta damai, kerja keras, dan kreatif. Pada kegiatan penutup guru membiasakan siswa untuk memiliki karakter tanggung jawab dan kreatif dengan pemberian tugas.</p> Ragil Ayu Cintia, Usfandi Haryaka, Ikmawati Ikmawati Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2486 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMA Negeri Penajam Paser Utara https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2487 <p>Penelitian <em>expost facto </em>ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri Penajam Paser Utara tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu motivasi belajar siswa dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Penajam Paser Utara. Pengambilan sampel menggunakan teknik <em>cluster sampling</em>. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar dan angket. Analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukan rata-rata motivasi belajar siswa berkategori tinggi dan rata-rata hasil belajar matematika siswa berkategori sedang. Hasil analisis inferensial untuk uji <em>t </em>menunjukan variabel persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran guru dalam kelas dan motivasi belajar siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa secara <em>partial</em>. Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara persepsi siswa pada pelaksanaan pembelajaran guru dalam kelas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri Penajam Paser Utara tahun ajaran 2022/2023.</p> Prasetyo Prasetyo, Kukuh Kukuh, Sugeng Sugeng Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2487 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2488 <p>Suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Matematika siswa. Pentingnya penelitian ini dilakukan karena mengingat pentingnya peranan manajemen kelas&nbsp; agar hasil belajar siswa dapat optimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Long Iram, yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 90 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket untuk memperoleh data manajemen kelas sebanyak 30 pernyataan, serta tes hasil belajar matematika berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk memperoleh data hasil belajar matematika.. Hasil analisis data secara deskriptif diperoleh rata-rata skor variabel manajemen kelas adalah 37,54; dan rata-rata hasil belajar matematika sebesar 48,75. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa manajemen kelas memiliki pengaruh tehadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Adapun sebesar 51,4% variasi nilai hasil belajar matematika dapat dijelaskan oleh model hubungan liniernya dengan variabel manajemen kelas dalam model regresi dugaan yang diperoleh. Dengan demikian, terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap hasil belajar matematika siswa.</p> Maya Renanda, Kukuh Kukuh, Asyril Asyril Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2488 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Korelasi Antara Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal AKM Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2489 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi kemampuan numerasi dalam menyelesaikan soal Asesmen Kompetensi Minimum dengan hasil belajar matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis korelasi dengan sample penelitian seluruh siswa kelas VII dan VIII di SMP Muhammadiyah 1 Samarinda yang berjumlah 42 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal tes yang berbentuk isian singkat dimana masing-masing tes diberikan 4 butir soal dengan materi statistika. Analisis data dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada korelasi antara kemampuan numerasi dalam mengerjakan soal AKM dan hasil belajar matematika siswa. Nilai Sig. (2-tailed) 0.105 &gt; lebih besar dari 0,05 yang berarti tidak ada korelasi yang signifikan antara variabel AKM dengan Hasil Belajar. Angka koefisien korelasi sebesar 0.253 artinya tingkat korelasi (korelasi) antara variabel AKM dengan kepuasan Hasil Belajar memiliki korelasi yang rendah atau lemah.</p> Muhammad Daffa Mubarak Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2489 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Prokrastinasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Insan Cendekia Sangatta https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2490 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prokrastinasi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Insan Cendekia Sangatta tahun ajaran 2022/2023.Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu prokrastinasi serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Insan Cendekia Sangatta tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 108 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 83 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket prokrastinasi, dan tes hasil belajar. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai prokrastinasi, sedangkan tes tersebut digunakan untuk memperoleh data mengenai tes hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan taraf signifikan (α) sebesar 5% atau 0,05. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata prokrastinasi siswa termasuk dalam kategori sedang dan rata-rata hasil belajar siswa termasuk dalam kategori rendah. Hasil analisis inferensial prokrastinasi nilai siginifikansi yaitu 0,099 maka &nbsp;diterima berarti tidak terdapat pengaruh prokrastinasi terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan analisis inferensial maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh prokrastinasi terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Insan Cendekia Sangatta.</p> Muflihah Utami Tahir, Azainil Azainil, Achmad Muhtadin Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2490 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Kesalahan Siswa Dalam Memahami Soal Cerita Matematika di Kelas VIII https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2491 <p>Peneliti mengambil materi SPLDV sebagai bahan penelitian dikarenakan berdasarkan hasil wawancara dengan guru diperoleh informasi bahwa siswa sering melakukan kesalahan dalam proses penyelesaian soal cerita dan SPLDV adalah salah satu materi yang dapat diaplikasikan dalam soal- soal cerita. Alasan peneliti memilih kesalahan siswa dalam memahami soal cerita karena dari hasil pengamatan pada pekerjaan siswa sebelumnya, siswa banyak salah dalam memahami soal sehingga menghasilkan kesimpulan yang salah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam memahami soal cerita dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi SPLDV. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif kualitatif dengan siswa-siswi kelas VIII menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan penyajian data dalam bentuk tabel hasil observasi, tabel klasifikasi kesalahan siswa, dan transkip wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam memahami soal cerita adalah salah menuliskan apa yang diketahui, salah menginterpretasikan apa yang ditanya, dan melakukan operasi hitung dengan data yang ada tetapi hasilnya keliru. Faktor penyebab siswa salah dalam memahami soal cerita yaitu yaitu guru tidak memberikan contoh menyelesaikan soal cerita materi SPLDV, siswa kurang teliti dalam membaca soal, dan siswa masih bingung dengan penjelasan guru tentang proses penyelesaian SPLDV.</p> Kasmawati Kasmawati, Ariantje Dimpudus, Auliaul Fitrah Samsuddin Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2491 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000 Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe HOTS Materi Pola Bilangan https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2492 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan soal matematika tipe HOTS materi pola bilangan siswa kelas VIII MTs Nabil Husein Samarinda tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek Penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Nabil Husein Samarinda yang berjumlah 50 siswa dan objek penelitian adalah kemampuan menyelesaikan soal tipe HOTS siswa kelas VIII C dan VIII D. Adapun instrumen penelitian terdiri dari tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa diperoleh 1 siswa berada pada kategori berkemampuan baik, 4 siswa berada pada kategori berkemampuan cukup, 31 siswa berada pada kategori berkemampuan kurang, dan 14 siswa berada pada kategori berkemampuan sangat kurang. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa mampu memahami masalah pada soal nomor 1, 2, dan 3, sedangkan untuk soal nomor 4 level C6 (Mencipta) siswa masih sulit mengidentifikasi informasi dan pertanyaan yang ada. Pada tahap merencanakan pemecahan masalah, menyelesaikan masalah sesuai perencanaan dan memeriksa kembali sebagian besar siswa hanya mampu menjelaskan bagaimana mereka menyelesaikannya pada soal nomor 1 dan 2 yaitu soal level C4 (Menganalis). Sejalan dengan hasil pekerjaan siswa, siswa dominan hanya menyelesaikan soal level C4, dan sangat kurang dalam menyelesaikan soal level C5 dan C6. Sehingga kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS kelas VIII MTs Nabil Husein Samarinda berada pada kategori kurang dengan persentase 26,25%.</p> Sarasmawati Sarasmawati, PM Labulan, Ikmawati Ikmawati Copyright (c) https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2492 Sun, 30 Jul 2023 00:00:00 +0000