Muatan Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Matematika

  • Ragil Ayu Cintia Program Studi Pendidikan Matematika,Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Usfandi Haryaka Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Ikmawati Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Pendidikan Karakter, Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk muatan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas VII di MTs Muhammadiyah 1 Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Samarinda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muatan pendidikan karakter pada pelaksanaan pembelajaran matematika meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan guru mengelola karakter religius dengan berdoa, disiplin dengan masuk kelas tepat waktu dan peduli lingkungan dengan mengajak siswa menjaga kebersihan kelas, serta guru membertikan motivasi pada siswa. Pada kegiatan inti, guru mengelola pendidikan karakter dengan menerapkan metode pembelajaran diskusi sehingga membiasakan siswa memilki karakter demokratis, toleransi, peduli sosial, komunikatif, rasa ingin tahu, cinta damai, kerja keras, dan kreatif. Pada kegiatan penutup guru membiasakan siswa untuk memiliki karakter tanggung jawab dan kreatif dengan pemberian tugas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, A. B., & Rizki, N. A. (2023). Mediasi regulasi diri atas pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika Siswa SMP. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 51-60. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.2108.
Agus Zaenul Fitri. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Ar-Ruzz Media.
Ardan. F. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Matematika Pada Kelas Viii Smp Negeri 2 Sungguminasa. Uin Alauddin Makassar
Azizah. (2015). Implementasi Karakter Dalam Budaya Religius (Studi Multikasus Di SMP 10 Samarnda dan SMP IT CORDOVA Samarinda). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Irsyad, N. A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Viii Upt Spf Smp Negeri 53 Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Kementrian Pendidikan Nasional.
Ma’unah. (2014). Analisis Penerapan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Siswa Kelas VIII B Dan VIII C SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2013/2014).
Muslich, M. (2014). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional (2nd ed.).
Mustoip, S., Japar, M., & Ms, Z. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter. CV. Jakad Media Publish.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.
Rapi, M. (2012). Pengantar Strategi Pembelajaran. Alaluddin University Press.
Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173–190.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta CV.
Syahida, Agung, bayu. (2014). Implementasi Pada Nomor 14 Tahun 2009 Tentang Pengelolaan Sampah Di Kota Tanjungpinang.
Usman, J. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Sdn 02 Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Engkereng. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Wardani, W., Sabdaningtyas, L., & Sugiman. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Tematik Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar.
Wati, A. I. (2013). Pengelolaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013 Di Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo.
Published
2023-07-30
How to Cite
Cintia, R. A., Haryaka, U., & Ikmawati, I. (2023). Muatan Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Matematika . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 211 - 217. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2486

Most read articles by the same author(s)