Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Lingkungan Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 12 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021
Keywords:
Kecerdasan Emosional, Lingkungan Belajar Covid-19, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
kecerdasan emosional dan lingkungan belajar pada masa pandemic covid-19 terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 12 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini kecerdasan emosional (X1) dan lingkungan belajar pada masa pandemic covid-19 (X2) berlaku sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika (Y) sebagai varibel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMK Negeri 12 Samarinda yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 207 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 163 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari angket dan tes. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diketahui bahwa skor rata-rata dari kecerdasan emosional sebesar 70,092; lingkungan belajar pada masa pandemi covid-19 sebesar 71,039; dan hasil belajar matematika sebesar 54,536 yang ketiganya masuk dalam kategori sedang. Hasil analisis inferensial yang menggunakan regresi linier ganda diperoleh persamaan regresi dugaan. Kontribusi kecerdasan emosional dan lingkungan belajar pada masa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar matematika sebesar 36,2%. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan belajar pada masa pandemi covid-19 secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri 12 Samarinda tahun ajaran 2020/2021.
Downloads
References
Agustian, Ary G. 2008. Rahasia Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual. Jakarta: Arga Publishing.
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azwar, Saifuddin. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Budiningsih, Asri. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Chairani, Zahra. 2016. Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Dalyono. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dau, Lidiana. 2019. Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Samarinda Tahun Ajaran 2017/2018. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mulawarnman (Tidak Dipublikasikan).
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Efendi, Agus. 2005. Revolusi Kecerdasan Abad 21 "Kritik MI, EI, SQ, AQ & Successful Intelligence Atas IQ". Bandung: Alfabeta
Fecho, Irwan. 2020. Guratan Pandemi "Catatan dari Awal Pandemi Menuju New Normal". Jakarta: PT. Pustaka Alvabet.
Goleman, Daniel. 2016. Emotional Intelegence, Kecerdasan Emosional "Mengapa EI Lebih Penting dari IQ". Terjemahan oleh T Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Halim & Rahma. 2020. Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar dan Kemandirian belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pangkep, Vol 02, No 02, Hal 102-109, Mandalika Mathematics and Education Journal. Diakses pada Tanggal 11 Januari 2021.
Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Djambatan.
. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hamdi, Rofi. 2019. Pengaruh Lingkungan Belajar, Minat, dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak SMA Negeri 1 Sebulu Tahun Ajaran 2017/2018. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mulawarnman (Tidak Dipublikasikan).
Hariwijaya, M & Sutan, Surya. 2007. Adventures In Math Tes IQ Matematika. Yogyakarta: Tugu.
Indriawati, Prita. 2018. Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Balikpapan, Vol 05, No 02, Hal 1-9. Jurnal Pendidikan Edutama. diakses pada Tanggal 06 Oktober 2019.
Kasmina & Toali. 2018. Matematika untuk SMK/MAK kelas X berdasarkan Kurukulum 2013 KI-KD 2017. Jakarta: Erlangga.
Khuluqo, Ihsan E. 2017. Belajar dan Pembelajaran “Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai Spiritualitas dalam Proses Belajar”. Jakarta: Pustaka Belajar
Kooraki, Soheil. 2020. Coronavirus (COVID-19) Outbreak: What The Department Of Radiology Should Know. American College Of Radiology.
Kukuh. 2010. Penyusunan Tes Hasil Belajar dan Analisis Butir Soal. Samarinda: Universitas Mulawarman.
Lai, C.-C. 2020. Severe acure respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV2) and coronavirus disease-2019 (COVID-19): The epidemic and the challenges, International Journal Of Antimicrobial Agent. 55 (2020) 10892.
Margono. S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mariyana, et al. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana
Maunah, Binti. 2014. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Lingkar Media
Mellolo, Serly. 2019. Pengaruh Regulasi Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020, Hal 1-15, Jurnal Universitas Mulawarman. Diakses pada Tanggal 9 Februari 2021.
Ningsih, S., Haryaka, U., & Watulingas, J. R. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43-54. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.140
Pramudjono. 2013. Statistika Dasar (Aplikasi untuk Penelitian). Samarinda: Purry Kencana Mandiri.
Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: CV Andi OFFSET.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Purwanto, Ngalim. 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Putri, Ririn N. 2020. Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19, Vol 20, No 02, Hal 705-709, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. diakses pada Tanggal 14 Februari 2021.
Rahmawati, Puput. 2019. Pengaruh Konsep Diri dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Pola Bilangan Siswa Kelas VIII DI SMP NEGERI 7 Samarinda Tahun Ajaran 2018/2019. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mulawarnman (Tidak Dipublikasikan).
Riduwan, K dan Engkos, A. 2013. Cara Menggunakan dan Memakai Path Anaysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2014. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Fajar Interpratama Mandiri.
Setyawan & Simbolon. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Kansai Pekanbaru, Vol 11, No 01, Hal 11-18, Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. diakses pada Tanggal 06 Oktober 2019.
Sinta, Nur. 2019. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri Se-Kecamatan Tenggarong Seberang Tahun Ajaran 2019/2020. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mulawarnman (Tidak Dipublikasikan).
Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedjadi, R. 2000. Kiat-Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pusta Utama.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT Tarsido.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. & Ibrahim. 2010. Dasar–Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugeng. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Matematika. Samarinda: Purry Kencana Mandiri.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kuali-tatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Sukriadi, et al. 2016. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Sudut dan Garis di Kelas VII MTs Normal Islam Samarinda, Vol 01, No 02, Hal 65-73, Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. diakses pada Tanggal 17 September 2020.
Susanti, Meliana. 2019. Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kecerdasan Intrapersonal Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 29 Samarinda Tahun Ajaran 2019/2020. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman (Tidak Dipublikasikan).
Susilo,et al. 2020. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini, Vol 07, No 01, Hal 45-67, Jurnal Penyakit Dalam Indonesia. Diakses pada Tanggal 2 Februari 2021.
Suwarno, Wiji. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar Ruzz
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
. 2010 Teori Motivasi dan Pengukurannya “Analisis di Bidang Pendidikan”. Jakarta: Bumi Aksara.
. 2014. Perencanaan Pembelajaran. Gorontalo: Bumi Aksara.
Willis, Sofyan S. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, Syamsu. & Sugandhi, Nani M. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada