Analisis Buku Matematika Siswa Kelas VIII Kurikulum 2013 Dengan Materi SPLDV Berdasarkan Kriteria Bell

  • Ragil Ari Darmawan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Asyril Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Zainuddin Untu Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Analisis Buku, SPLDV, Kriteria Bell

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian metode penyampaian materi dan mengetahui kesesuaian karakteristik fisik buku kurikulum 2013 kelas VIII SMP materi SPLDV berdasarkan pada kriteria Bell. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah buku The Great Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII karya Sukino dan Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII  karya Abdurahman Asari. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil angket dan analisis isi dokumen. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis kesesuaian buku berdasarkan kriteria Bell dan lembar validasi. Sebelum instrumen lembar analisis kesesuaian buku berdasarkan kriteria Bell digunakan, terlebih dahulu dilakukan validasi oleh dua orang Guru SMPN 4 Samarinda sebagai validator. Hasil validasi instrumen secara keseluruhan diperoleh nilai sebesar 2,65 dan termasuk kategori sangat valid, yang berarti tidak perlu dilakukan revisi pada instrumen. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pada buku The Great Matematika untuk SMP/MTs kelas VIII, diperoleh bahwa kesesuaian matode penyampaian materi SPLDV terhadap kriteria Bell adalah berkategori Baik dan Kesesuaian kriteria karakteristik fisik buku pada materi SPLDV terhadap kriteria Bell adalah berkategori Sangat Baik, Buku  Matematika untuk SMP/MTs kelas VIII diperoleh bahwa kesesuaian matode penyampaian materi SPLDV terhadap kriteria Bell berkategori Baik dan Kesesuaian kriteria karakteristik fisik buku pada materi SPLDV terhadap kriteria Bell adalah berkategori  Baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ASIH, R. (2011). Analisis Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika Konsep Dan Aplikasinya 2 Untuk Kelas VIII SMP dan MTs Semester 1 Berdasarkan Kriteria Bell.
Bachri, Bachtiar S. 2010. Meyakinkan Validitas Data melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan vol. 10 (1): 46-62
Bell, F. H. (1978). Teaching and Learning Mathematics (in Secondary Schools). Dubuque: WmC Brown Company.
Beni, I. G., Trapsilasiwi, D., & Kristiani, A. I. (2013). ANALISIS BUKU MATHEMATICS FOR JUNIOR HIGH SCHOOL GRADE VIII 1st SEMESTER (BILINGUAL) BERDASARKAN KRITERIA BELL. KadikmA, 4(2).
Calongesi, J. S. 1995. Merancang Tes untuk Menilai Prestasi Siswa. Bandung: ITB
Darwati, D. (2011). Pemanfaatan Buku Teks oleh Guru dalam Pembelajaran Sejarah: Studi Kasus Di Sma Negeri Kabupaten Semarang. Paramita: Historical Studies Journal, 21(1).
Direktorat Tenaga Pendidikan. 2008. Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Djaali & Pudji Muljono. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Fajriatin, A. (2015). Analisis buku siswa matematika kurikulum 2013 kelas IX bab sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan konten pada kriteria Bell. Makalah Yang Disajikan Di Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY ISBN, 602–978.
Firiady, M. (2018). Communicative language teaching through speaking activities designed in a textbook. LLT Journal, 21(1), 104–113.
Haistin, Z. H. 2014. Analisis Buku Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester I Kurikulum 2013 Berdasarkan Kriteria Bell. Skripsi tidak diterbitkan. Jember: Jurusan Pendidikan MIPA Universitas Jember.
Mumpuni, Atika. 2018. Integritas Nilai Karakter dalam Buku Pelajaran Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish
Purwanti, Endang. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas
Satori, D., & Komariah, A. (2011). Metodologi penelitian Kualitatif. cet. III; Bandung: CV. Alfabeta.
Siyoto, S. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Sugiyono, M. P. P. 2014. Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sunday, A. S. (2014). Mathematics textbook analysis: A study on recommended mathematics textbooks in school use in southwestern states of Nigeria.
Published
2022-07-31
How to Cite
Darmawan, R. A., Asyril, A., & Untu, Z. (2022). Analisis Buku Matematika Siswa Kelas VIII Kurikulum 2013 Dengan Materi SPLDV Berdasarkan Kriteria Bell. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2(1), 93-102. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1249

Most read articles by the same author(s)