Analisis Tingkat Kognitif Soal Materi Perbandingan Pada Buku Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi

  • Ananda Riska Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Usfandi Haryaka Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Abd. Basir Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Analisis Soal, Matematika, Tingkat Kognitif, Taksonomi

Abstract

Buku matematika merupakan bahan ajar mata pelajaran matematika yang disusun secara sistematis berdasarkan Kurikulum 2013 sebagai buku pegangan siswa untuk kelas VII semester 2 dengan tujuan membantu siswa dalam proses belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kognitif soal-soal perbandingan pada buku matematika kelas VII berdasarkan taksonomi bloom revisi. Penelitian ini didasari oleh mengingat tidak sedikitnya guru menggunakan buku teks sebagai sumber belajar siswa, maka soal-soal dalam buku teks haruslah memiliki tingkat kesulitan yang seimbang agar dapat mengukur kemampuan siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 30 soal materi perbandingan pada Buku Matematika Kelas VII Semester 2 Edisi Revisi 2017. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Pedoman dokumentasi berdasarkan tingkat kognitif taksonomi bloom revisi. Teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan enam tingkat kognitif pada Taksonomi Bloom Revisi, terdapat soal materi perbandingan pada buku Matematika Kelas VII Semester 2 pada tingkat kognitif hanya pada kategori mengingat (C1) sebanyak 0 soal, tingkat memahami (C2) sebanyak 7 soal (23,3%), tingkat mengaplikasi (C3) sebanyak 16 soal (53,3%), tingkat menganalisis (C4) sebanyak 6 soal (20%), tingkat mengevaluasi (C5) sebanyak 1 (3,3%) soal, dan tingkat mencipta (C6) sebanyak 0 soal. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sebaran tingkat kognitif dalam soal-soal tersebut belum merata dan belum memenuhi kriteria perbandingan soal yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

As’ari, Abdur Rahman et al. 2017. Matematika Kelas VII SMP/MTs Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Fahrurrozi. 2017. Metode Pembelajaran Matematika. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press.
Faizal, Mohammad. 2019. Bloom’s Taxonomy Mengajar Di Era Digital. Malang: PT. Litera Mediatama.
Fitrianawati, Meita. 2015. Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa 5(3).
Hakim, Luqman. 2020. Pedagogik & Covid-19 Kemungkinan Dalam Pendidikan. Jakarta: Taman Pembelajaran Rawamangun.
Hamdi, Asep Saipul, and E Bahruddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Imanuddin, T. N. F. 2015. Analisis Tingkat Kognitif Soal Apersepsi Pada Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Digital Repository Universitas Jember: 3.
Iskandar, Soetyono, dan Mardi Syahrir. 2018. Filsafat Pendidikan Vokasi. Yogyakarta: Deepublish.
Ismail, M. Ilyas. 2020. Evaluasi Pembelajaran Konsep Dasar, Prinsip, Teknik Dan Prosedur. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Lestari, Ambar Sri. 2020. Narasi Dan Literasi Media Dalam Pemahaman Gerakan Radikalisme. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Lintang, B. 2015. Buku Pintar Bimbel SMP Kelas 7, 8, 9. Jakarta: Lembar Langit Indonesia.
Maemunah, Siti, dan Ramlah. 2019. Analisis Buku Teks Siswa SMP Kelas VIII Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Taksonomi Bloom. Prosiding Sesiomadika 2(4).
Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif Teori Dasar Dan Analisis Data Dalam Perspektif Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Rahmawati, Gustini. 2016. “Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa Di Perpustakaan Sekolah Di Sman 3 Bandung.” Edulib 5(1).
Sentosa, Rahmonike Dwisari, Syafdi Maizora, dan Ringki Agustinsa. 2017. Analisis Soal Dalam Buku Teks Matematika Smp Kemendikbud Revisi 2017 Kelas Vii Materi Bentuk Aljabar Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 4(3).
Srika Ningsih Pasi; Yusrizal. 2018. Analisis Butir Soal Ujian Bahasa Indonesia Buatan Guru MTS Negeri Di Kabupaten Aceh Besar. Master Bahasa 6(2).
Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Kualitatif Skripsi Dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.
Sumiati, Ati, Umi Widiastuti, dan Usep Suhud. 2018. Workshop Teknik Menganalisis Butir Soal Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di SMK Cileungsi Bogor. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 2(1).
Supriyadi. 2021. Evaluasi Pendidikan. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Suryaman, Maman. 2015. Dimensi-Dimensi Kontekstual Di Dalam Penulisan Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Diksi 13(2).
Umrati & Wijaya, Hengki. 2020. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Wahyuningrum, Sri Rizqi. 2020. Statistika Pendidikan Konsep Data Dan Peluang. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Yaumi, Muhammad. 2018. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Yusi, Syahirman, dan Umiyati Idris. 2020. Statistika Untuk Ekonomi, Bisnis & Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.
Published
2022-07-31
How to Cite
Riska, A., Haryaka, U., & Basir, A. (2022). Analisis Tingkat Kognitif Soal Materi Perbandingan Pada Buku Matematika Kelas VII Berdasarkan Taksonomi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2(1), 120-126. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1252

Most read articles by the same author(s)