Kesesuaian Buku Teks Siswa Matematika Dengan Badan Standar Nasional Pendidikan Pada Materi Trigonometri SMA Kelas X

  • Dwipa Rizal Ramadhani Subekti Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Usfandi Haryaka Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Abdul Basir Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Kesesuaian buku teks, Buku matematika, Trigonometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku teks siswa Matematika dengan Badan Standar Nasional Pendidikan pada materi Trigonometri SMA kelas X. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Buku Teks Matematika Siswa Kelas X terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Objek dalam penelitian ini adalah kesesuaian Buku Teks Matematika Siswa Kelas X pada materi Trigonometri dengan Standar Kompetensi. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh melalui studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Content Analaysis kemudian dilanjutkan dengan penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik meningkatkan ketekunan dan bahan referensi. Hasil penelitian kesesuaian buku teks siswa matematika materi Trigonometri berdasarkan komponen kelayakan isi, penyajian dan kebahasaan. Dari 18 subkomponen pada komponen kelayakan isi 12 diantaranya sesuai (S) dan 6 lainnya tidak sesuai (TS). Dari 13 subkomponen pada komponen penyajian 9 diantaranya sesuai (S) dan 5 lainnya tidak sesuai (TS). Dari 12 subkomponen pada komponen kebahasaan 10 diantaranya sesuai (S) dan 2 lainnya tidak sesuai (TS). Jumlah subkomponen yang sesuai (S) ada 31 dan yang tidak sesuai (TS) ada 13. Sehingga secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kesesuaian buku teks siswa matematika dengan Badan Standar Nasional Pendidikan SMA kelas X sudah sesuai dalam hal komponen isi, penyajian dan kebahasaan. Namun, walaupun buku teks sudah sesuai secara menyeluruh tapi masih ada yang perlu diperbaiki baik itu kesalahan penulisan atau kalimat dan penulisan simbol yang tidak konsisten. Penerbit harus melihat kembali secara teliti proses penyusunan agar komponenkomponen buku teks sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Permendikbud RI Nomor 8 Tahun 2006 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan
Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Tafsir, Ahmad. 2006. Filsafat Pendidikan Islam.Bandung: Remaja Rosda Karya
Published
2022-07-31
How to Cite
Subekti, D. R. R., Haryaka, U., & Basir, A. (2022). Kesesuaian Buku Teks Siswa Matematika Dengan Badan Standar Nasional Pendidikan Pada Materi Trigonometri SMA Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2(1), 59-67. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1246

Most read articles by the same author(s)