Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII

  • Fitriyani Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Ariantje Dimpudus Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Usfandi Haryaka Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar, Project Based Learning

Abstract

Penelitian ini bermulai dari permasalahan rendahnya hasil belajar matematika dengan pembelajaran berpusat pada guru pada sekolah SMP Negeri 7 Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilakukan sebanyak tiga siklus, dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Peneliti memperoleh data dari dokumentasi, nilai dasar, LKPD, tes akhir siklus dan lembar observasi. Hasil penelitian untuk siklus I sebanyak 32% siswa yang tuntas dengan kategori “cukup”, siklus II sebanyak 84% siswa yang tuntas dengan kategori “sangat baik” dan siklus III sebanyak 100% siswa yang tuntas dengan kategori “sangat baik”.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fitriyani, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Ariantje Dimpudus, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Usfandi Haryaka, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

References

Abbas, A. B., & Rizki, N. A. (2023). Mediasi regulasi diri atas pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika Siswa SMP. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 51–60.
Asnawati, Watulingas, J. R., & Rizki, N. A. (2022). Analisis hubungan minat belajar dan hasil belajar siswa dalam penelitian tindakan kelas. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi, dan Komputer, 3, 73–80.
Kurniawan, K. (2019). Pemahaman Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Pemecahan Masalah Dimensi Tiga. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 63–72.
Kurniawan, K. (2019). Penalaran Spasial Siswa Pada Tahapan Operasional Formal Menurut Piaget Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 21–26.
Lestari, A., & Sugeng, S. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Sosial, Dan Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Dan SMAN 5 Samarinda. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10.
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98.
Nugraha, M. I., Tuken, R., & Hakim, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal Of Education, 1(2), 142–167.
Ningsih, S., Haryaka, U., & Watulingas, J. R. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43–54.
Nugroho, D., Untu, Z., Samsuddin, A. F. (2023). Kecemasan Matematika Siswa Ditinjau Dari Hasil Belajar. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 52–62.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish.
Puspitasari, I. A., Azainil, & Basir, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 75–92.
Sari, Y. A., Abbas, A. B., & Azainil, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Quantum Teaching Siswa SMP Negeri 10 Samarinda. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 81–88.
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 1879–1887.
Setiawan, S., Untu, Z., & Samsuddin, A. F. (2023). Penerapan Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tenggarong Seberang. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(2), 197–206.
Rizki, N. A., & Medika, A. D. (2023). Geometri Analitis: Koordinat Kartesius dan Kutub Pada Bidang Euclid. Yogyakarta: Deepublish.
Rusdiana, Sutawidjaja, A., Irawan, E. B., & Sudirman. (2018). Students Strategies In Solving Problem Of Patterns Generalization. International Journal of Scientific & Technology Research, 7, 132–135.
Waryanti, D., Watulingas, J. R., & Azainil. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27–32.
Published
2023-07-30
How to Cite
Fitriyani, F., Dimpudus, A., & Haryaka, U. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 177-182. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2482

Most read articles by the same author(s)