Pengaruh Keaktifan dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Indah Mentari Sihaloho Universitas Mulawarman
  • Asyril Universitas Mulawarman
  • Azainil Universitas Mulawarman

Keywords:

Keaktifan Siswa, Minat Belajar, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keaktifan siswa (X1) dan minat belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar matematika (Y). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Samarinda berjumlah 247 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, dan diperoleh 5 kelas dengan jumlah sampel 160 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data keaktifan siswa dan minat belajar. Sedangkan tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data secara deskriptif diperoleh skor rata-rata variabel keaktifan siswa sebesar 59,350; skor rata-rata minat belajar sebesar 54,440; dan skor rata-rata hasil belajar matematika sebesar 62,890, yang dalam hal ini termasuk kategori sedang. Sedangkam dari hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa keaktifan siswa belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan minat belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika dengan signifikan sebesar 0,004. Adapun sebesar 23% variasi nilai hasil belajar matematika dapat dijelaskan oleh model hubungan liniernya dengan keaktifan siswa dan minat belajar dalam model regresi dugaan yang diperoleh. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keaktifan dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Samarinda tahun ajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi dan Supriyono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fathiya, E. P., Amelia, F & Gusmania, Y. (November 2019). Hubungan antara Gaya Belajar dan Keaktifan Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 83-88.

Marah, D. N. (2015). Penerapn Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan T.P 2013/2014. Jurnal Edutech, 1(1), 1-16.

Ratumanan, T. G., & Rosmiati, I. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sembiring, R., Mukhtar. (2013). Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 34-44. https://doi.org/10.24114/jtp.v6i2.4996

Sinar. (2018). Metode Active Learning: Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Budi Utama.

Siregar, S. (2013). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29-39. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61

Webb, N. M., Franke, M, L., Ing, M., Wong, J., Fernandez, C. H., Shin, N., & Turrou, A. C. (2014). Enganging With Others' Mathematical Ideas : Interrelationships Among Student Partisipation, Teachers' Instructional Practices, and Learning. International Journal of Educational Research, 63(1): 79-93. http://dx.doi.org/10.1016/j.ijer.2013.02.001

Downloads

Published

2021-07-01

How to Cite

Sihaloho, I. M. ., Asyril, A., & Azainil, A. (2021). Pengaruh Keaktifan dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 1(1), 33–42. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1037

Most read articles by the same author(s)