Pengaruh Task Commitment dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022

  • Siti Wahyuni Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Usfandi Haryaka Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Azainil Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Task Commitment, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh task commitment dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas XI SMA Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini task commitment dan kemandirian belajar berlaku sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel  terikat. Analisis data menggunakan statistik deskripstif dan statistik inferensial yang terdiri dari  pemeriksaan asumsi dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis statistika deskriptif, diperoleh rata-rata skor task commitment sebesar 75,13 dengan kategori sedang; rata-rata skor kemandirian belajar sebesar 79,69 dengan kategori sedang; dan rata-rata hasil belajar matematika sebesar 59,26 dengan kategori sedang. Hasil analisis inferensial data hasil penelitian ini  menggunakan regresi linier ganda, diperoleh persamaan regresi dugaan dan nilai Fhitung sebesar 22,597 dan nilai probabilitas (Sig. F) adalah 0,000 dengan adalah 0,050. Karena sig. 
maka persamaan regresi dugaan yang diperoleh adalah berarti. Nilai menunjukkan konstribusi task commitment dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 17,9%. Untuk varibel task commitment diperoleh nilai (sig. t) adalah 0,000 dengan α = 0,050 sehingga nilai (Sig.t) < α, artinya terdapat pengaruh task commitment terhadap hasil belajar matematika. Sedangkan, untuk variabel kemandirian belajar diperoleh nilai (Sig. t) adalah 0,000 dengan α = 0,050 sehingga nilai (Sig. t) < α, artinya terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh task commitment dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2021/2022.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arqam, L. (2010). Program pasca sarjana teknologi pendidikan universitas sebelas maret surakarta 2010. 1–140.
Hawadi, R. A. (2002). Identifikasi Keberbakatan Intelektual Melalui Metode Non-Tes. Grasindo.
Mudjiman, H. (2007). Belajar Mandiri (Self-Mottivated Learning). LPP UNS dan UNS Press.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.
Published
2022-07-31
How to Cite
Wahyuni, S., Haryaka, U., & Azainil, A. (2022). Pengaruh Task Commitment dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2(1), 47-51. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1244

Most read articles by the same author(s)