Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

  • Maya Renanda Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Kukuh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Asyril Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Manajemen Kelas, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Suatu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Matematika siswa. Pentingnya penelitian ini dilakukan karena mengingat pentingnya peranan manajemen kelas  agar hasil belajar siswa dapat optimal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Long Iram, yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 90 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket untuk memperoleh data manajemen kelas sebanyak 30 pernyataan, serta tes hasil belajar matematika berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal untuk memperoleh data hasil belajar matematika.. Hasil analisis data secara deskriptif diperoleh rata-rata skor variabel manajemen kelas adalah 37,54; dan rata-rata hasil belajar matematika sebesar 48,75. Hasil analisis inferensial menunjukan bahwa manajemen kelas memiliki pengaruh tehadap hasil belajar matematika dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Adapun sebesar 51,4% variasi nilai hasil belajar matematika dapat dijelaskan oleh model hubungan liniernya dengan variabel manajemen kelas dalam model regresi dugaan yang diperoleh. Dengan demikian, terdapat pengaruh manajemen kelas terhadap hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmawati, A. A., Sugeng, S., & Labulan, P. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar, Kecemasan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.391
Cahyawati, R., & Sholeh, M. (2020). Pengaruh Higher Order Thinking Skills (Hots) dan Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 28 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(1), 100-107.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fendiyanto, Petrus. (2022). Struktur Aljabar 1. Yogyakarta: Vintang Semesta
Fendiyanto, P., Faridhatijannah, E., & Untu, Z. (2022). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa berkepribadian ekstrovert dan introvert. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(2), 325-330.
Hidayatullah, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1451-1459.
Islamiati, D., Haeruddin, H., & Sugeng, S. (2021). Pengaruh Locus Of Control Internal Dan Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 19-26. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.434
Lestari, A., & Sugeng, S. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Sosial, Dan Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Dan SMAN 5 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-10. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.134
Mulyadi. (2009). Classroom Management: Mewujudkan Suasana Kelas yang Menyenangkan Bagi Siswa. Malang: UIN-Maliki Press.
Ningsih, S., Haryaka, U., & Watulingas, J. R. (2019). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Belajar, Dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43-54. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i1.140
Oviyanti, F. (2009). Pengelolaan Pengajaran. Palembang: Rafa Press.
Santrock, & Jhon W. (2008). Psikologi Pendidikan, Edisi Keduaterjemahan Tri Wibowo B.S. Jakarta: Prenada Media Group
Sugeng, S., Fanti, Y. D. A., & Azainil, A. (2020). Pengaruh Kesiapan Belajar dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 71-80. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.237
Sugeng, S., Duwi, W. C. N., & Basir, A. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Dalam Penerapan Model Inquiry, Group Investigation Dan Konvensional Siswa Kelas VII SMPN 35 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 81-90. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.836
Sari, P. K., & Sugeng, S. (2019). Pengaruh Interaksi Sosial Dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 73-82. https://doi.org/10.30872/primatika.v8i2.142
Wiyani, N. A. (2013). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Published
2023-07-30
How to Cite
Renanda, M., Kukuh, K., & Asyril, A. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 224 - 231. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2488

Most read articles by the same author(s)