https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/issue/feed Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman 2024-08-23T11:07:23+00:00 Petrus Fendiyanto, S.Pd., M.Si. petrus@fkip.unmul.ac.id Open Journal Systems <p>Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman yang dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Prosiding ini adalah hasil kerjasama dengan <a href="https://www.himaptika-unmul.com/" target="_blank" rel="noopener">Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himaptika) Universitas Mulawarman</a>. Semua artikel dalam prosiding ini telah dipresentasikan oleh pemakalah pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman yang diselengarakan oleh <a href="https://www.himaptika-unmul.com/" target="_blank" rel="noopener">Himaptika</a> melalui kegiatan <a href="https://www.himaptika-unmul.com/category/astramatika/" target="_blank" rel="noopener">Asah Terampil Matematika (Astramatika)</a> dan telah melalui proses <em>review</em> dan <em>editing</em>.</p> https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4039 Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X 2024-08-21T02:42:41+00:00 Inas Atika Zudib auliaulfitrah@unmul.ac.id Berahman Berahman auliaulfitrah@unmul.ac.id Auliaul Fitrah Samsuddin auliaulfitrah@unmul.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan matematika pada materi trigonometri siswa kelas X di SMA Negeri 15 Samarinda. Pelaksanaan penelitian pada bulan Mei 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 15 Samarinda yang berjumlah 25 siswa dan objek penelitian adalah kemampuan penalaran matematika. Adapun instrument penelitian terdiri dari instrumen utama yaitu peneliti itu sendiri dan instrumen pendukung berupa tes tertulis dalam bentuk uraian, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari mentranskip data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hanya mampu mencapai indikator mengajukan dugaan dan memanipulasi matematika, untuk indikator yang lain tidak memenuhi dengan benar dan tepat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematika pada materi trigonometri siswa kelas X SMA Negeri 15 Samarinda dikategorikan rendah.</p> 2024-08-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Inas Atika Zudib, Berahman Berahman, Auliaul Fitrah Samsuddin https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4041 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa 2024-08-20T15:20:03+00:00 Lailatul Khoiriyah lailatulkh137@gmail.com Rifa Nurmilah lailatulkh137@gmail.com <p>Literasi matematis merupakan kemampuan dalam merumuskan, menggunakan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan siswa dalam penerapan model pembelajaran PBL, mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan literasi matematis siswa, dan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap model pembelajaran PBL<em>. </em>Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimen dan menggunakan <em>One Group Pretest-Posttest Design. </em>Penelitian ini merupakan penelitian populasi dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, Penelitian ini dilaksanakan di semester genap di siswa kelas IV SD Negeri Mojotengah 2 sebanyak 17 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi untuk melihat aktivitas siswa, metode angket untuk mengetahui respon siswa dan metode tes untuk mengukur kemampuan literasi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Aktivitas siswa tergolong dalam kategori aktif dimana presentase ketuntasan sebesar 77%. 2) Respon siswa terhadap model pembelajaran menghasilkan respon postif dengan rata-rata presentase 89%. 3) Terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan hasil tes literasi matematis siswa sebelum dan sesudah pembelajaran dengan PBL diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,0000. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan literasi matematis siswa.</p> 2024-08-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Lailatul Khoiriyah, Rifa Nurmilah https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4042 Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning 2024-08-20T15:24:14+00:00 Anggi Widyasari ana_diana183@yahoo.com Azainil Azainil ana_diana183@yahoo.com Rusdiana Rusdiana ana_diana183@yahoo.com <p>Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> di kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Samarinda. Subjek dari penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII-2 dan objek dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui dokumen, lembar observasi, tugas dan tes. Teknik analisis data menggunakan perhitungan nilai rata-rata hasil belajar siswa dan persentasi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Pada siklus I, terjadi peningkatan dari rata-rata nilai dasar 57,52 menjadi 63,65 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 14,81. Aktivitas guru dan siswa termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 71,38 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 51,85%. Aktivitas guru termasuk dalam kategori sangat baik sedangkan aktivitas siswa termasuk kategori baik. Pada siklus III, terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 78,09 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 88,89%. Aktivitas guru termasuk kategori sangat baik dan aktivitas siswa termasuk kategori baik.</p> 2024-08-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Anggi Widyasari, Azainil, Rusdiana https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4043 Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Materi Aljabar Kelas VIIA SMP Negeri 1 Ketambe Aceh Tenggara 2024-08-20T15:27:11+00:00 Iin Kartini kartiniiin@gmail.com Daniel Sitohang kartiniiin@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan literasi matematika siswa pada materi aljabar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik Purpose Sampling. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas VIIA di SMP Negeri 1 Ketambe tahun ajaran 2024-2025. Hasil analisis menunjukkan bahwa 80,87% siswa mampu membuat argumen berdasarkan informasi pada soal, tergolong dalam kategori tinggi. Ini menandakan sebagian besar siswa dapat menyusun argumen matematis secara logis. Sebanyak 67,83% siswa mampu merumuskan dan memahami situasi dalam bentuk model matematika, yang tergolong cukup, menunjukkan kemajuan namun masih perlu perbaikan. Sebanyak 64,35% siswa dikategorikan mampu menggunakan konsep dan prosedur matematika yang tepat untuk menyelesaikan masalah, juga dalam kategori cukup, menunjukkan bahwa mereka dapat menerapkan pengetahuan matematika dengan baik tetapi belum optimal. Namun, hanya 57,39% siswa yang mampu menginterpretasi dan mengomunikasikan hasil dalam bentuk kesimpulan yang masih tergolong cukup. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan literasi matematika dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk memperbaiki metode pengajaran agar siswa dapat lebih baik dalam menyampaikan dan menjelaskan solusi matematika.</p> 2024-08-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Iin Kartini, Daniel Sitohang https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4044 Studi Literatur: Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah 2024-08-20T15:30:00+00:00 Anik Cahyanti haeruddin@fkip.unmul.ac.id Haeruddin Haeruddin haeruddin@fkip.unmul.ac.id <p>Penelitian yang berkaitan dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik cukup banyak dilakukan diberbagai tingkat sekolah. Akan tetapi, masih sedikit penelitian yang mengkaji secara studi literatur terkait efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik khususnya tingkat sekolah menengah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan hasil belajar matematika peserta didik tingkat sekolah menengah ditinjau dari berbagai aspek (metode penelitian, materi ajar, dan aspek diferensiasi) yang beragam melalui studi literatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi literatur. Proses pengumpulan data pada penelitian ini diawali dengan pencarian jurnal ilmiah pada <em>database online</em> melalui <em>google scholar</em> didapatkan 16 jurnal (9 sinta dan 7 non sinta) yang termuat 18 artikel. Kriteria pencarian artikel yang layak dipilih dalam penelitian ini yaitu, 1) meneliti tentang pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika, 2) diterbitkan dari tahun 2020 sampai 2024, 3) subjek penelitian yaitu peserta didik Sekolah Menengah, dan 4) jurnal nasional berakreditasi kemendikbud dan tersedia bentuk full teks. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil studi literatur menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik khususnya pada tingkat sekolah menengah. Hal ini dilihat dari hasil penelitian menunjukkan persentase hasil belajar matematika peserta didik mengalami peningkatan pada saat diterapkan pembelajaran berdiferensiasi. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat diterapkan pada berbagai materi matematika, metode penelitian, aspek diferensiasi serta dapat dielaborasikan dengan berbagai model pembelajaran. Dari hasil analisis keseluruhan artikel, metode penelitian yang lebih dominan digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan materi ajar yang lebih dominan digunakan yaitu Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Secara umum aspek diferensiasi yang paling banyak digunakan yaitu aspek diferensiasi proses.</p> 2024-08-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Anik Cahyanti, Haeruddin https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4045 Kemampuan Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Persamaan Lingkaran Kelas XII SMAS Santo Yoseph Medan 2024-08-20T15:33:00+00:00 Daniel Sitohang sitohangdaniel111@gmail.com Iin Kartini sitohangdaniel111@gmail.com <p>Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi persamaan lingkaran kelas XII SMAS Santo Yoseph Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 2 SMAS Santo Yoseph Medan tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 34 orang dan objek penelitian ini adalah kemampuan matematis siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi persamaan lingkaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal uraian sebanyak 5 soal dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa secara keseluruhan dan persentase rata-rata kemampuan matematis siswa berdasarkan indikator kompetensi dasar tiap butir tes. Hasil penelitian ditinjau dari aspek tingkat kemampuan siswa secara keseluruhan menunjukkan bahwa 7 siswa dengan persentase 20,5882% berada pada kategori sangat baik, 21 orang dengan persentase 61,7647 % pada kategori baik, 4 orang dengan persentase 11,7647 % pada ketegori cukup, 1 orang dengan persentase 2,9412% pada kategori kurang dan 1 orang dengan persentasi 2,9412% pada ketegori sangat kurang. Ditinjau dari aspek tiap butir tes menunjukkan bahwa untuk butir soal nomor 1 berada pada kategori cukup, butir soal nomor 2 pada kategori baik, dan butir soal nomor 3, 4 dan 5 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan matematis siswa tergolong baik ditinjau dari tingkat kemampuan siswa secara keseluruhan dan berada pada kategori baik ditinjau dari persentase rata-rata kemampuan matematis siswa berdasarkan indikator kompetensi dasar tiap butir tes dengan persentase rata-rata 82,35%.</p> 2024-08-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Daniel Sitohang, Iin Kartini https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4046 Perencanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda Berdasarkan Implementasi Kurikulum Merdeka 2024-08-23T11:07:23+00:00 Zahratun Nisa zahratunnisa.zra@gmail.com Haeruddin Haeruddin haeruddin@fkip.unmul.ac.id Petrus Fendiyanto petrus@fkip.unmul.ac.id <p>Perencanaan pembelajaran berdasarkan implementasi kurikulum merdeka memiliki beberapa hal baru yang secara tidak langsung membuat guru sebagai tenaga pendidik harus mempelajari bagaimana perencanaan pembelajaran dalam kurikulum merdeka agar dapat membuat perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan kebijakan baru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rangkaian kegiatan perencanaan pembelajaran matematika di kelas VIII SMPN 21 Samarinda pada elemen geometri fase D. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitiannya adalah guru matematika yang mengajar di kelas VIII SMPN 21 Samarinda, sedangkan objek penelitiannya adalah perencanaan kegiatan pembelajaran matematika pada materi menyelidiki sifat-sifat bangun geometri dan segitiga. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rangkaian kegiatan perencanaan yang dilakukan oleh guru, yaitu (1) Menganalisis capaian pembelajaran untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran, yang dalam hal ini guru memanfaatkan contoh yang disediakan oleh pemerintah untuk dikembangkan dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik; (2) Melaksanakan asesmen diagnostik kognitif, dan asesmen diagnostik non-kognitif gaya belajar yang dilakukan pada awal tahun ajaran baru dan sebelum memasuki lingkup materi baru; (3) Mengembangkan modul ajar dalam komunitas belajar guru matematika di SMPN 21 Samarinda. Secara keseluruhan rangkaian kegiatan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru matematika di SMPN 21 Samarinda telah sesuai dengan panduan pembelajaran dan asesmen oleh Kemendikbudristek.</p> 2024-08-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Zahratun Nisa, Haeruddin Haeruddin, Petrus Fendiyanto https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4047 Pengembangan Pocket Book Matematika Berbasis Quantum Learning Pada Materi Lingkaran untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 37 Samarinda 2024-08-21T02:27:03+00:00 Hesti Rahmayani hestirahmayani1@gmail.com Sugeng Sugeng hestirahmayani1@gmail.com Jefferson Roosevelt Watulingas jeffersonfkip.unmul@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya sumber belajar di SMP Negeri 37 Samarinda selain buku paket matematika yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mempermudah peserta didik dalam memahami matematika khususnya materi lingkaran, kurangnya minat membaca dan siswa tidak memanfaatkan buku paket matematika yang tersedia di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, dan mengetahui kevalidan produk <em>pocket book</em> berbasis <em>quantum learning </em>pada materi lingkaran untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 37 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&amp;D) dengan model <em>4-D</em> yaitu <em>define, design, development,</em> dan <em>dessiminate</em>. Akan tetapi karena keterbatasan peneliti maka penelitian ini hanya sampai model <em>3-D</em> yaitu yaitu <em>define, design, </em>dan<em> development. </em>Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru matematika, dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi menurut ahli menunjukkan bahwa <em>pocket book </em>yang dikembangkan dengan skor rata-rata keseluruhan yaitu 4,35 masuk ke dalam kategori ”Sangat Layak” sehingga memenuhi kretaria valid. Selanjutnya diuji coba terbatas yang diberikan kepada 10 siswa kelas VII dari SMP Negeri 37 Samarinda memiliki skor rata-rata 4,19 dengan kategori “Baik” sehingga memenuhi kretaria valid. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan yakni <em>pocket book</em> berbasis <em>quantum learning </em>pada materi lingkaran untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 37 Samarinda dinyatakan valid.</p> 2024-08-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Hesti Rahmayani, Sugeng, Jefferson Roosevelt Watulingas https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4048 Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 29 Samarinda 2024-08-21T02:30:46+00:00 Rahmadina Cahya Ningrum rahmadinacahyaningrum065@gmail.com Abdul Basir abd.basir@fkip.unmul.ac.id Achmad Muhtadin achmad.muhtadin@fkip.unmul.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Samarinda tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini merupakan penelitian <em>ex post facto</em>. Populasi penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Samarinda tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 195 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>cluster random sampling</em> dan diperoleh&nbsp; sampel yaitu 129 siswa (lima kelas). Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar matematika dan angket. Angket digunakan untuk memperoleh data mengenai kesiapan belajar, sedangkan tes tersebut digunakan untuk memperoleh data mengenai tes hasil belajar pada materi relasi dan fungsi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kesiapan belajar berada pada kategori sedang dan rata-rata hasil belajar siswa berada pada kategori rendah. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai signifikansi variabel kesiapan belajar, yaitu 0,000 &lt; 0,05 maka &nbsp;ditolak, berarti terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Samarinda tahun ajaran 2023/2024.</p> 2024-08-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Rahmadina Cahya Ningrum, Abdul Basir, Achmad Muhtadin https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4049 Pengaruh Pemanfaatan Gadget Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda 2024-08-21T02:34:15+00:00 Lidya Rizky Mariani haeruddin@fkip.unmul.ac.id Haeruddin Haeruddin haeruddin@fkip.unmul.ac.id Jefferson Roosevelt Watulingas haeruddin@fkip.unmul.ac.id <p>Penelitian <em>ex post facto </em>ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan <em>gadget</em> terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu pemanfaatan <em>gadget</em> dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda. Pengambilan sampel menggunakan teknik <em>cluster random sampling</em>. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar dan angket. Analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata pemanfaatan <em>gadget</em> siswa berada pada kategori sedang dan rata-rata hasil belajar matematika siswa berada pada kategori rendah. Hasil analisis inferensial untuk uji <em>t </em>&nbsp;menunjukkan variabel pemanfaatan <em>gadget</em> berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pemanfaatan <em>gadget</em> terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2023/2024 dengan kontribusi pemanfaatan <em>gadget</em> sebesar 5,8% dan sisanya sebesar 94,2% dipengaruhi oleh faktor lain.</p> 2024-08-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Lidya Rizky Mariani, Haeruddin, Jefferson Roosevelt Watulingas https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4050 Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda 2024-08-21T02:37:12+00:00 Fitri Fauziyah Priyadi haeruddin@fkip.unmul.ac.id Haeruddin Haeruddin haeruddin@fkip.unmul.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Pola Asuh Orangtua terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda. Jenis penelitian adalah <em>Ex Post Facto</em>. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2024. Terdapat satu variabel bebas, yaitu Pola Asuh Orangtua , serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika . Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Samarinda yang berjumlah 87 siswa. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik <em>probability sampling</em>, dengan sampel sebanyak 2 kelas yang terdiri sebanyak 57 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik angket untuk memperoleh data pola asuh orangtua. Sebelum penelitian dilaksanakan, terlebih dahulu dilaksanakan uji coba instrument di kelas VIII, yang terdiri dari 30 siswa. Analisis data dilakukan menggunakan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, didapatkan nilai signifikansi pola asuh orangtuaa sebesar 0,035 &lt; 0,05 yang berarti bahwa disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika dengan pola asuh orangtua yang berbeda. Sedangkan hasil anova satu jalur nilai &nbsp;sebesar 3,564 dengan &nbsp;sebesar 3,180. Oleh karena itu, nilai &nbsp;&gt; &nbsp;yaitu &nbsp;maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika dengan pola asuh yang berbeda.</p> 2024-08-17T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Fitri Fauziyah Priyadi, Haeruddin