Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Bahasa Pemrograman Python
DOI:
https://doi.org/10.30872/jirpg.v2i1.5075Keywords:
Animasi matematika, Pembelajaran inovatis, ADDIE, Visualisasi, PythonAbstract
Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa karena sifatnya yang abstrak dan kompleks. Pembelajaran yang monoton serta kurangnya visualisasi dinamis menjadi salah satu penyebab rendahnya minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi matematika menggunakan Python library Manim dalam rangka meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Implementasi penggunaan media pembelajaran ini dilakukan di SMP Negeri 3 Samarinda. Hasil menunjukkan bahwa video animasi efektif dalam memvisualisasikan konsep matematika secara dinamis sehingga membantu siswa dalam memahami materi yang sebelumnya dianggap sulit. Respon positif dari guru mencapai rata-rata 96,25%, menunjukkan bahwa media ini sangat baik dari segi efektivitas, efisiensi, kreativitas, dan interaktivitas. Selain itu, antusiasme dan partisipasi siswa meningkat selama proses pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan video animasi berbasis Python memiliki potensi besar sebagai media pembelajaran inovatif yang relevan dengan kebutuhan pendidikan di era digital.
Downloads
References
Amrullah, A., Mahardika, A. I., Adini, M. H., Purba, H. S., & Sukmawati, R. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Sistem Respirasi Kelas Xi Sma Dengan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal, 4(1), 52. https://doi.org/10.20527/cetj.v4i1.10701
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Firdaus, R. A., Pradana, H. D., Insani, I. D. O. N., Santoso, A. R. W., Dermawan, D. A., & Syahputra, D. N. A. (2024). Shooter Flag Finder: Game Edukasi Pemburu Bendera Menggunakan Python PyGame. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 05(01), 22–31.
Harefa, N. A. J., & Hayati, E. (2021). Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan Teknologi Informasi. In IKIP Gunungsitoli. http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/8800
Haryanti, C. F. (2022). Pengembangan Media Video Animasi Stopmotion dalam Mata Pelajaran Matematika SMP Materi Kekongruenan. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 81–89. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16804
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Khoiriyah, S., Qonita, S. H., Lestari, M., & Rantika, T. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Dalam Menyongsong Era Indonesia Sustainable Development Goals 2045. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 81–89. https://doi.org/10.24127/emteka.v2i2.985
Liani, S., & Hasanah, R. U. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi berorientasi pada kemampuan spasial matematika siswa SMP. Journal of Didactic Mathematics, 4(2), 77–88. https://doi.org/10.34007/jdm.v4i2.1857
Marunic, G., Glazar, V. Spatial ability through engineering graphics education. Int J Technol Des Educ 23, 703–715 (2013). https://doi.org/10.1007/s10798-012-9211-y
Mayer, R. E. (2002). Multimedia learning. Psychology of Learning and Motivation - Advances in Research and Theory, 41, 85–139. https://doi.org/10.1016/s0079-7421(02)80005-6
Rahmawati, I., Alzaber, A., Herlina, S., & Angraini, L. M. (2022). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis discovery learning pada materi perbandingan SMP. Journal of Didactic Mathematics, 3(2), 42–50. https://doi.org/10.34007/jdm.v3i2.1296
Rismawati, M., & Khairiati, E. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 203–212. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.860
Rizqi, A. A. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Blended Learning Berbasis Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 191–202. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21457
Sappaile, B. I., Putro, A. N. S., Ahmad, S. N., Artayani, M., Zahir, L. A., & Andilah, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Penanaman Konsep Matematika pada Siswa Sekolah Menengah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8547–8557. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3155
Suharto, A. (2023). Fundamental Bahasa Pemrograman Python. Eureka Media Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Harun Deppalallo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






