Penerapan Research-Based Learning (RBL) dalam Pengembangan Kompetensi Analisis Data Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.30872/jirpg.v2i1.5171Keywords:
Research-Based Learning, Kompetensi analisis data, Statistika dan probabilitas, Mahasiswa Pendidikan tinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan Research-Based Learning (RBL) dalam mata kuliah Statistik dan Probabilitas untuk meningkatkan kompetensi analisis data di kalangan mahasiswa. Responden penelitian ini adalah mahasiswa program studi sistem informasi semester 2 Universitas Mulawarman. Penelitian ini menganalisis data skor pre-test dan post-test dari 127 mahasiswa yang terliabt dalam proyek RBL yang menggunakan dataset Kaggle. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam empat indikator kompetensi yaitu berpikir kritis dan analitis, visualisasi data, pemecahan masalah berbasis data, dan komunikasi efektif. Namun sub kemampuan penggunaan Python tidak menunjukkan adanya peningkatan signifikan. Tantangan meliputi pemilihan metode statistik yang tepat dan manajemen waktu. Studi ini menyoroti efektivitas RBL dalam menjembatani pengetahuan teoretis dan penerapan praktis, mempersiapkan mahasiswa untuk lingkungan profesional yang berbasis data.
Downloads
References
Albers, M. J. (2017). Quantitative Data Analysis—In the Graduate Curriculum. Journal of Technical Writing and Communication, 47(2), 215–233. https://doi.org/10.1177/0047281617692067
Alfina, Kurnia, U. U., & Novita, R. (2023). Efektivitas Dosen Sebagai Fasilitator Pada Metode Pembelajaran Student Center Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (J-Diteksi), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30604/diteksi.v2i1.1124
Banuwa, A. K., & Susanti, A. N. (2021). Evaluasi Skor Pre-Test dan Post-Test Peserta Pelatihan Teknis New SIGA di Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung. Jurnal Ilmiah Widyaiswara, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35912/jiw.v1i2.1266
Eken, S. (2020). An exploratory teaching program in big data analysis for undergraduate students. Journal of Ambient Intelligence and Humanized Computing, 11(10), 4285–4304. https://doi.org/10.1007/s12652-020-02447-4
Elzati, R. W. (2024). Application of the Project Based Learning Model to Learning Educational Statistics. Kaisa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.56633/kaisa.v4i2.1015
Fatimah, & Rahma. (2018). Penggunaan model Research Based Learning (RBL) dalam meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi fluida statis. VARIASI : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 10(5). http://jurnal.umuslim.ac.id/index.php/VRS/article/view/1289
Feng, Z., & Xiao, H. (2024). The impact of students’ lack of learning motivation and teachers’ teaching methods on innovation resistance in the context of big data. Learning and Motivation, 87, 102020. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2024.102020
Firmansyah, M. A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 115–127. https://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2036
Hartatik, Koibur, M. E., Murdiyanto, A. W., Munawar, Z., Insany, G. P., Manurung, H. E., Karmana, D., Baturohmah, H., Reba, F., Simbolon, R. W., Asrianto, R., Mandowen, S. A., Nasution, S. M., Amir, A., & Sastradipraja, C. K. (2023). SAINS DATA: Strategi, Teknik, dan Model Analisis Data. Kaizen Media Publishing.
Hartatik, Kwintiana, B., Nengsih, T. A., Baradja, A., Harto, B., Robet, Sudipa, I. G. I., Handika, I. P. S., Adhicandra, I., Gugat, R. M. D., & Terttiaavini. (2023). DATA SCIENCE FOR BUSINESS: Pengantar & Penerapan Berbagai Sektor. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kurniawan, D., & Wahyuningsih, T. (2018). Analysis of Student Difficulties in Statistics Courses. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i2.39
Laili, I. N., L, B. P., & Qomariyah, U. (2023). Efektifitas model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir statistis siswa sekolah dasar. Prosiding Conference on Research and Community Services, 5(1), 285–295.
Maysani, R., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Statistika Deskriptif. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v4i1.6949
Melati, I. S., & Ramadhani, W. S. (2016). Efektifitas Model Research Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Manajemen Investasi. Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.37478/jpe.v1i1.62
Novita, N., & Fatkhurahman, F. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Statistik Mahasiswa Dalam Berpikir Kritis Masalah Sosial. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v7i3.1626
Rahim, F. R. (2019). Implementasi Research Based Learning (RBL) pada Mata Kuliah IPA Terpadu di Program Studi Pendidikan Fisika. JURNAL EKSAKTA PENDIDIKAN (JEP), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/321
Sungkono, J., & Wulandari, A. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Worksheet R Dalam Pembelajaran Teori Probabilitas. Absis: Mathematics Education Journal, 3(2), 76–82. https://doi.org/10.32585/absis.v3i2.137
Wiradinata, T., & Sutanto, R. E. (2024). Statistika dan Probabilitas Menggunakan Python. Deepublish.
Wiwik Suciati. (2016). Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Rasibook.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nanda Arista Rizki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






