Strategi Pembelajaran bagi Siswa CIBI dan Slow Learner melalui Pendekatan Teaching at the Right Level di Kelas X-8 SMA Negeri 16 Samarinda

Authors

  • Putri Regina Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Desy Rusmawati Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jirpg.v2i2.5136

Keywords:

Teaching at the Right Level, Pembelajaran Inklusif, CIBI, Slow Learner, Akomodasi

Abstract

Kelas X-8 SMA Negeri 16 Samarinda merupakan kelas inklusif dengan karakter sisw yang beragam, termasuk siswa dengan Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa (CIBI) serta siswa dengan hambatan belajar (slow learner). Perbedaan kemampuan tersebut menimbulkan tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran yang setara dan bermakna. Berdasarkan hasil asesmen diagnostik awal, ditemukan adanya ketimpangan capaian pembelajaran antar siswa, sehingga peneliti menerapkan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) yang memetakan kemampuan siswa berdasarkan level pemahaman aktual mereka dan memberikan pembelajaran yang sesuai dengan level tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran berdiferensiasi berbasis TaRL yang didukung oleh rancangan akomodasi materi, media, dan lingkungan belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi proses pembelajaran, dokumentasi perangkat ajar, analisis hasil pekerjaan siswa, dan refleksi guru serta peserta didik. Intervensi dilakukan melalui diferensiasi Lembar Kerja Peserta Didik, pengelompokan fleksibel, pendampingan guru secara adaptif, serta pemberian tugas pengayaan atau remedial berdasarkan level capaian siswa. Hasil refleksi menunjukkan bahwa strategi ini berdampak positif terhadap partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, pemahaman konsep puisi (diksi, tema, dan suasana), serta peningkatan kepercayaan diri siswa slow learner. Sementara itu, siswa CIBI merasa tertantang untuk mengeksplorasi makna puisi secara mendalam. Strategi ini juga meningkatkan kesadaran guru terhadap pentingnya pembelajaran yang adil, tidak seragam, namun setara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, N. Y., Marmoah, S., Hadiyah. (2022). Strategi pembelajaran anak lamban belajar (slow learner) pada pembelajaran jarak jauhsiswa sekolah dasar. Jurnal Didaktika Dwijaya Indria. 10(5), 9–15. https://doi.org/10.20961/ddi.v10i5.66955

Cahyo, M. B. N., Fauziyah, I. Z., Aulia, A. S. D. & Mintowati. (2024). Efektivitas Metode Pembelajaran Reading Guide terhadap Anak Slow Learner. urnal PENEROKA: Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 34–50. https://doi.org/10.30739/peneroka.v5i1.3616

Dirman, D., Kusumaningsih, W., & Ginting, R. B. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mencapai Standar Proses Pendidikan di SMP. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 384–393.

Farida, I. (2023). Peran Pemahaman Karakteristik Siswa Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (CIBI) dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Humaniora, 2(1), 269–276.

Hadiawati, N. M. (2024). Pembelajaran Teaching at the Right Level sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4). https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.95

Hasanah, L., Widodo, A., & Prasetyo, H. (2024). Challenging Task sebagai Strategi Pengayaan bagi Siswa Berkemampuan Tinggi dalam Pembelajaran Literasi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(2), 112–123.

Laila, A. F., Zahara, A. A., Riwana, A., & Rustam. (2024). Asesmen Diagnostik Kognitif dalam Pembelajaran Menulis Surat Pribadi di SMP. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 3210–3219. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7091

Nadhiroh, U., Ahmadi, A. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Jurnal Bahasa: Sastra, Seni, dan Budaya. 8(1), 11–22. http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v8i1.14072

Nurhidayah, S., & Saputra, E. (2022). Pembelajaran Adaptif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Khusus, Universitas Negeri Surabaya.

Pratama, A., & Sari, Y. (2021). Teaching at the Right Level untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa dalam Konteks Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(3), 201–210.

Rachmawati, R., Kurniasih, D., & Fauzan, M. (2023). Implementasi Diferensiasi Pembelajaran Berbasis Asesmen Diagnostik di Kelas Heterogen. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 55–67.

Sitopu, E. T., et al. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Quizizz pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 440-447.

Supriyani, W., Karma, I. N., & Khair, B. N. (2022). Analisis Strategi Pembelajaran Bagi Siswa Lamban Belajar (Slow Learner) di SDN Tojong-Ojong Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1444–1452. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.781

Tomlison, C. A. (2014). The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.

Downloads

Published

2025-12-04

How to Cite

Regina, P., & Rusmawaty, D. (2025). Strategi Pembelajaran bagi Siswa CIBI dan Slow Learner melalui Pendekatan Teaching at the Right Level di Kelas X-8 SMA Negeri 16 Samarinda. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 2(2), 62–72. https://doi.org/10.30872/jirpg.v2i2.5136

Issue

Section

Articles