Implementasi Reward Bintang Matematika (Math Star) untuk Meningkatkan Partisipasi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 7 Samarinda

Authors

  • Twinsky Choirunissa Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jirpg.v2i1.5066

Keywords:

Reward, Bintang matematika, Partisipasi aktif, Motivasi belajar, Penelitian tindakan kelas

Abstract

Partisipasi siswa yang rendah dalam pembelajaran matematika masih menjadi tantangan di berbagai satuan pendidikan. Banyak siswa menunjukkan sikap pasif, enggan bertanya, serta menghindari interaksi dalam proses pembelajaran karena merasa kurang percaya diri atau takut salah. Penelitian ini berfokus untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan sistem reward Bintang Matematika (Math Star). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII E SMPN 7 Samarinda sebanyak 30 orang, sedangkan objek penelitian adalah sistem reward yang diberikan melalui papan bintang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan mencakup lembar observasi keaktifan siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi visual. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta validasi data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada keaktifan siswa setelah penerapan Bintang Matematika. Pada pra-tindakan, sebagian besar siswa tergolong kurang aktif. Namun setelah penerapan tindakan pada Siklus I dan II, jumlah siswa yang masuk kategori Sangat Aktif dan Aktif mengalami peningkatan, sedangkan siswa dalam kategori Kurang Aktif menurun drastis. Hasil wawancara juga memperkuat bahwa siswa merasa lebih termotivasi dan senang belajar matematika karena mendapatkan penghargaan visual secara terbuka. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem reward Bintang Matematika mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan kompetitif, sekaligus meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, R. H. (2020). Efektifitas BION (Bintang Online) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kelas V SDN 1 Ngembel. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 184-198.

Astari, T., Aisyah, S. N., & Sari, D. A. (2020). Tanggapan Guru Paud Tentang Pemberian Reward dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Dan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 1(2), 144-155. http://dx.doi.org/10.33853/jecies.v1i2.90

Damayanti, A. L., & Yuliati, N. (2024). Penerapan Reward Tanpa Poin untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP PGRI 13 Kota Bogor. Jurnal Kependidikan, 9(1), 37–44.

Kholil, M. & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.14

Mutiah, C. S., Hatim, M., dan Suryani, I. (2024). Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 13 Tanjung Batu. Jurnal Ilmiah Dikdayah, 14(1), 123-135.

Mutmainnah, R., Ismail, & Hermawati, A. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran IPA dengan Pemberian Reward Simbol Bintang di SMP Negeri 21 Makassar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 933-939. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1186.

Oktaviani, U., Kumawati, S., Apriliyani, M. N., Nugroho, H., dan Susanti, E. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Peserta Didik di SMK Negeri 1 Tonjong. MATH LOCUS: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 1-6.

Permata, D. A. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Universitas Sanata Dharma

Puji Rahayu, L., Khutobah, & Budyawati, L. P. I. (2021). Implementasi Pemberian Reward melalui Metode Papan Bintang untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Literasi Anak, 3(2), 2184–2193.

Rahayu, D. D. (2022). Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sofia, A. R., & Basri, M., & Farabi, M. A. (2023). Implementasi Pemberian Reward Melalui Penggunaan Tabungan Bintang Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di RA Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 92. https://doi.org/10.17509/jpa.v8i1.71672

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Choirunissa, T. (2025). Implementasi Reward Bintang Matematika (Math Star) untuk Meningkatkan Partisipasi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 7 Samarinda. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 2(1), 35–41. https://doi.org/10.30872/jirpg.v2i1.5066

Issue

Section

Articles