Penerapan Media Aplikasi Quizizz Dalam Kegiatan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMK Negeri 2 Bontang
DOI:
https://doi.org/10.30872/jirpg.v2i1.5045Keywords:
Quizizz, Guru, Evaluasi pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap persepsi guru mengenai penggunaan aplikasi Quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk efektivitas penggunaan aplikasi Quizizz sebagai alat evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang memaparkan serta menjelaskan hasil subjek yang telah diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi secara langsung, mulai dari wawancara dan praktik dengan guru. Dari hasil penelitian yang diperoleh Melalui survei dan wawancara, penelitian ini menemukan bahwa mayoritas guru berpendapat bahwa Quizizz dapat meningkatkan interaktivitas dalam proses pembelajaran, memberikan umpan balik yang cepat kepada siswa, serta menghemat waktu dalam proses koreksi. Namun, beberapa guru juga menyoroti kendala seperti keterbatasan akses internet dan kurangnya pelatihan dalam penggunaan fitur-fitur Quizizz.
Downloads
References
Ahmad, Z. A.. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Pedagogia
Andra, T. (2018). Metode Penelitian. Start Up.
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press Group
Dewi, P. K. (2018). Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. UB Press.
Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Prenadamedia Group.
Lukman, A. (2007). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Apollo.
Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam pembelajaran Kimia di masa Pandemi Covid-1. Ideguru: Jurnal Kary Ilmiah Guru. 5(1), 16-26.
Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1), 1-16
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizzizz dalam Penelitian Pembelajaran pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajara Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1-7.
Permendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., Ili, L., Purba, B., Chamidah, D., Kaunang, F. J., Jamaludin, & Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Pandi, R., & Nurdyansyah, N. (2017). An Evaluation of Graduate Competency in Elementary School. Atlantis Press, Advances in Sosial Science, Education and Humanities Research, Vol. 125, 93-97.
Purba, L. S. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. JDP, 12(1), 29-39.
Supriadi, N., Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42-51.
Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi : Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, Dan Perancangannya. Media Pembelajaran.
Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy dalam Evaluasi Pembelajaran bahasa Indonesia. Lungua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 55-63.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Taufiq Darmawan, Endang Dwi Sulistyowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






