Persepsi Peserta Didik Terhadap Implementasi Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Evaluasi Belajar Matematika pada Kelas IX SMP Negeri 1 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3319Keywords:
Persepsi, Instagram, EvaluasiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap penggunaan media sosial Instagram sebagai sarana evaluasi belajar matematika. Jenis penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif serta menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara dan observasi, serta dokumen pendukung lainnya.Proses analisis data mencakup tahap mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi peserta didik terhadap media Instagram sebagai pembelajaran cukup baik. Peserta didik merasa lebih terbantu memahami pelajaran setelah guru menggunakan media sosial Instagram dalam proses pembelajaran matematika, akibatnya peserta didik antusias mengikuti pembelajaran apabila guru memberikan konten-konten pada media sosial Instagram.
Downloads
References
Mulyana, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(4), 220–228. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i4.680
Nastiti, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika SMA Berbasis Instagram Dengan Aplikasi Comic Life Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. [Skripsi, Universitas Negeri Malang]. https://repository.um.ac.id/18940
Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277
Novianti, E. W., Arcana, I. N., & Taufiq, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Instagram pada Pokok Bahasan Grafik Fungsi untuk Siswa SMA. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 333–343. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8820
Rani, A. M., & Istiqomah, I. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Vektor Siswa Kelas X. Prosiding Sendika, 5(1), 127–133.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif Berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272
Tarjo. (2019). Metodologi Penelitian Sistem 3x Baca. Yogyakarta: Deepublish
Wati, W. R. A. (2022). Analisis Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 16–23.