Persepsi Peserta Didik Terhadap Implementasi Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Evaluasi Belajar Matematika pada Kelas IX SMP Negeri 1 Samarinda

Authors

  • Danu Nugroho Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Reza Wiyandika Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Makrina Tindangen Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman
  • Syamsuddin Syamsuddin Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3319

Keywords:

Persepsi, Instagram, Evaluasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap penggunaan media sosial Instagram sebagai sarana evaluasi belajar matematika. Jenis penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif serta menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara dan observasi, serta dokumen pendukung lainnya.Proses analisis data mencakup tahap mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi peserta didik terhadap media Instagram sebagai pembelajaran cukup baik. Peserta didik merasa lebih terbantu memahami pelajaran setelah guru menggunakan media sosial Instagram dalam proses pembelajaran matematika, akibatnya peserta didik antusias mengikuti pembelajaran apabila guru memberikan konten-konten pada media sosial Instagram.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mulyana, A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia. Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(4), 220–228. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i4.680

Nastiti, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika SMA Berbasis Instagram Dengan Aplikasi Comic Life Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. [Skripsi, Universitas Negeri Malang]. https://repository.um.ac.id/18940

Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277

Novianti, E. W., Arcana, I. N., & Taufiq, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Instagram pada Pokok Bahasan Grafik Fungsi untuk Siswa SMA. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 333–343. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8820

Rani, A. M., & Istiqomah, I. (2019). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Vektor Siswa Kelas X. Prosiding Sendika, 5(1), 127–133.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif Berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272

Tarjo. (2019). Metodologi Penelitian Sistem 3x Baca. Yogyakarta: Deepublish

Wati, W. R. A. (2022). Analisis Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 16–23.

Downloads

Published

2024-03-06

How to Cite

Nugroho, D., Wiyandika, R., Tindangen, M., & Syamsuddin, S. (2024). Persepsi Peserta Didik Terhadap Implementasi Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Evaluasi Belajar Matematika pada Kelas IX SMP Negeri 1 Samarinda. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3319

Issue

Section

Articles