Penerapan Diferensiasi Konten berbasis Gaya Belajar untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jirpg.v2i2.5496Keywords:
Pembelajaran berdiferensiasi, Gaya belajar, Keterlibatan Siswa, Bahasa InggrisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berdiferensiasi konten berbasis gaya belajar dalam mata pelajaran Bahasa Inggris serta dampaknya terhadap peningkatan keterlibatan siswa di SMA Negeri 2 Samarinda. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survei online dan observasi kelas selama pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan (PPL). Sebanyak 43 peserta didik dari dua kelas XI menjadi responden penelitian. Hasil survei menunjukkan bahwa 50% siswa memiliki gaya belajar visual, 37% auditori, dan 13% kinestetik. Berdasarkan hasil observasi, diferensiasi konten yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa berhasil meningkatkan keterlibatan dalam tiga dimensi: kognitif, perilaku, dan afektif. Siswa visual lebih terlibat secara kognitif melalui media visual; siswa auditori lebih aktif secara perilaku dalam diskusi kelompok; dan siswa kinestetik menunjukkan keterlibatan afektif dan perilaku melalui aktivitas interaktif seperti kuis dan presentasi. Penelitian ini menegaskan bahwa penerapan diferensiasi konten berbasis gaya belajar dapat meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa secara signifikan. Temuan ini mendukung pentingnya strategi pembelajaran yang adaptif untuk memenuhi kebutuhan siswa secara individual dan mengoptimalkan proses belajar.
Downloads
References
Anggoro, I., Suhendro, P. P. M., Fahrurrozi, F., & Hasanah, U. (2024). Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Mengoptimalkan Pemahaman Siswa: Studi Deskriptif Di SD Negeri Klender 10. Ide guru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1686–1692. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1067
Azhari, Z., & Zainil, Y. (2024). Class Phase F Of Senior High School. Journal Of English Language Teaching, 13(1), 360–383. https://doi.org/10.24036/jelt.v13i1.127718
Chen, Y. C., & Chen, P. C. (2017). Applying Differentiated Instruction In EFL Reading: A Multi-Level Approach. Journal Of Language Teaching And Research, 8(6), 1196-1205. https://doi.org/10.17507/jltr.0806.01
Creswell. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Dewantara. K. H. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Leutika.
Dewi. L., Chalimi. I. K., Mirzachaerulsyah.E. R. (2025). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XII IPA SMAN 10 Pontianak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(4), 78-85.
Doubet & Hockett, (2018). Differentiation in The Elementary Grades. Association For Supervision And Curriculum Development.
Fitriyah, F. (2020). Students’ Auditory Learning Style In Learning Vocabulary At Eleventh Grade Of SMA Miftahul Ulum Ambunten Sumenep. [Disertasi, Institut Agama Islam Negeri Madura].
Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73
Graves, M. F., Graves, B. B., & Juel, C. (2000). Teaching Reading In The 21st Century. Allyn & Bacon.
Gregory, G. H., & Chapman, C. (2013). Differentiated Instructional Strategies For Reading In The Content Areas. Corwin Press.
Hall, T., & Strangman, N. (2002). Graphic Organizers. National Center on Accessing The General Curriculum (NCAC).
Hasdina, N., Sofyawati, E. D., Dewi, S., & Oktarina, H. (2024). Students’ Engagement In English Language Course. English Education And Applied Linguistics (EEAL Journal), 7(1), 23–33. https://doi.org/10.31980/eeal.v7i1.225
Hendiyansah, M. H., Rabani, N. Q., Ashri, A. (2024). Penerapan Gaya Belajar Kinestetik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(4), 4149–4157. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12624
Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31–39. https://doi.org/10.30595/jrpd.v4i1.16045
Hoffler & Leutner. (2007). Instructional Effectiveness Of 3D Animations In A Multimedia Learning Environment: A Comparison With Static Pictures. Computers & Education, 49(3), 798-809.
Huang, M., Kuang, F., & Ling, Y. (2022). EFL Learners’ Engagement In Different Activities Of Blended Learning Environment. Asian-Pacific Journal Of Second And Foreign Language Education, 7(9). https://doi.org/10.1186/s40862-022-00136-7
Iistika, I., Muliadi, M., & Muin, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X.1 Dengan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Era Digital SMA Negeri 3 Enrekang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 453–458. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.517
Jennifer A. Fredricks, P. C. B. Dan A. H. P. (2004). School Engagement: Potential Of The Concept, State Of The Evidence. Review Of Educational Research, 74(1), 59–109.
Latipah, I., Saefullah, H., & Rahmawati. M., (2021). Students’ Behavioral, Emotional, And Cognitive Engagement In Learning Vocabulary Through Flipped Classroom. English Ideas: Journal Of English Language Education, 1(2).
Mayer. (2014). The Cambridge Handbook Of Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Ningsih, R., & Pusparini, R. (2024). Differentiated Learning In Teaching Speaking: Challenges and Solutions. Journal of English Language Teaching in Indonesia, 12(2), 281-288.
Oladele, O. K., Mccall, A. (2024). Auditory Learning: The Importance Of Verbal Instruction and Discussion. https://www.researchgate.net/publication/385655414
Permatasari, B. P., & Sulistyaningtyas, A. D. (2023). Analysis of the Ability Student of SMA Al Islam Krian to Understanding Mathematical Concepts In Terms Of Learning Styles. Journal Of Education And Learning Mathematics Research (Jelmar), 4(1), 63–69. https://doi.org/10.37303/jelmar.v4i1.104
Prihaswati, M., & Purnomo, E. A. (2021). Profil Gaya Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Berdasarkan Model Vark. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 6(2), 242–249. https://doi.org/10.25157/teorema.v6i2.6064
Purnamaningwulan, R. A. (2024). Evaluating The Efficacy Of Differentiated Instruction In EFL Speaking Classes: A Classroom Action Research Study. Voices Of English Language Education Society, 8(1), 186–196. https://doi.org/10.29408/veles.v8i1.25635
Puspitasari, I., Kusumaningrum, P. H., Ardiningsih, S., Dinarti, S., & Wahyuningsih, T. (2024). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Dalam Mengatasi Keberagamaan Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 82–93. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2720
Rasyid, F. (2023). Learning Styles, Self-Regulation And Reading Achievement: Evidence From Indonesia. Proceeding of Conference on English Language Teaching (CELTI 2023).
Retnowati, E. & Nugraheni. N. (2024). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran di Kelas. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 5(1), 1–7. https://doi.org/10.30595/jrpd.v5i1.16151
Ritonga, N. C., & Rahma, I. F. (2021). Analisis Gaya Belajar VAK Pada Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Analisa, 7(1), 76–86.
Safitri, N. D., Saputra, D.A., Handayani, T., & Fadil, A. (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Tematik Kelas V di Sekolah Dasar. Limas PGMI : Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 11-20, https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i1.18359
Sari. T.1. (2023) Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di SD Negeri 105156 Klumpang. Kec. Hamparan Perak. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial & Teknologi.
Simamora, J. A., Iskandar, Weda, S., & Tahir, M. (2025). Student’s Perceptions And Experiences In Kinesthetic Learning: Challenges And Benefits. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 7(1), 15–28. https://doi.org/10.52208/klasikal.v7i1.1266
Silva, L. M. L. (2022). Using Kinesthetic Activities To Increase Student Participation and Aid Understanding Of English As A Foreign Language In The Primary Classroom. Repositorio Aberto. [Tesis, University of Porto]. https://doi.org/10.34626/7z7a-0b53
Sofhiya, E. N., Ivo, D. P. A., Setyowati, D. R., Febrianti, N., & Altawil, A. N. (2023). Identifying Senior High School Students’ Learning Styles at a Diagnostic Assessment. International Journal On Education Insight, 4(2), 57–64. https://doi.org/10.12928/ijei.v4i2.10296
Sombilon. E.C, S. (2025). Effects Of Learning Style Preferences On Scientific Attitude Of High School Students. Central Mindanao University, Science Education Department.
Sulistiawan. M.J., Arifeni. S., Nur. W.A., Pristiwati. R., Doyin. M., (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Cerita Pendek Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka di SMA Kristen Terang Bangsa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 522–527. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24322
Suwarni, S. (2024). Keragaman Siswa dan Pemenuhan Target Kurikulum Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i10.2024.20
Taslim, A. M., Hamzah, Q. M., Alim, B. (2024). A Comparison Of Learning Outcomes Using Quizizz As Interactive Game Media On Students With Visual, Auditory, and Kinesthetic Learning Styles. Saqbe : Sains dan Pembelajarannya, 1(2), 39-46.
Tomlinson, 2001. (2001). How To Differentiate Instruction In Mixed-Ability Classrooms. Pearson Education
Triananda, A. A. A. N. (2022). Preference Of English Language Education Students Of Learning Styles. Journal Of Educational Study, 2(1), 126–133. https://doi.org/10.36663/joes.v2i1.271
Warouw, D. S., & Neman, M. I. E. (2024). The Use of English Language Learning Strategies in Learning As Foreign Language. ELS Journal on Interdisciplinary Studies In Humanities, 7(1), 32–42. https://doi.org/10.34050/elsjish.v7i1.32847
Wibowo, V. R., & Darmawan, P. (2024). Interpretasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Pemenuhan Target Kurikulum Merdeka Terhadap Keragaman Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 4(1). https://doi.org/10.17977/um067v4i12024p3
Widayanti, N. K. A., Budasi, I. G., & Ramendra, D. P. (2024). The Implementation Of Differentiated Instruction and Its Impact on Student Engagement In English Class. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia, 12(2), 2615–4404. https://doi.org/10.23887/jpbi.v12i2.3905
Yani, D. R., & Susanti, R. (2023). Keberagaman Peserta Didik Dalam Pemenuhan Target Kurikulum Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Guruku: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.19109/guruku.v2i1.17576
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lailatun Najakh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






