Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMAN 11 Samarinda

Authors

  • Marta Sihombing Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i2.4555

Keywords:

Problem Based Learning, Bahasa Indonesia, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas XII SMA Negeri 11 Samarinda melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang bersifat monoton dan minimnya keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 29 peserta didik kelas XII SMA Negeri 11 Samarinda, terdiri dari 19 perempuan dan 10 laki-laki. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes evaluasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media podcast secara signifikan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Pada siklus I, rata-rata ketuntasan belajar mencapai 72%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89%. Selain itu, terjadi peningkatan partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Penerapan model pembelajaran PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W., & Taufik, T. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences, 1(2), 22–34. https://doi.org/10.47323/ujss.v1i2.22

Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047-1054.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95-101. https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i1.2960

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Damayanti, H. L., & Anando, A. A. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkembangkan Kemandirian Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Sinestesia, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.53696/27219283.59

Ernia, N., & Mahmudah, W. (2023). Pengembangan e-modul berbasis problem-based learning untuk melatih literasi numerasi siswa. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 61–70. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1612

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87-105.

Fahmi, Z. (2013). Indikator Pembelajaran Aktif Dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan (PAKEM). Al-Ta'lim Online Journal, 20(1), 278-284. http://dx.doi.org/10.15548/jt.v20i1.24

Farhana, Husna., Awiria., Nurul, M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Harapan cerdas.

Gustama, I. W. (2019). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Kewarganegaraan (Civic Skills) Siswa Kelas XI IA6 SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 7(1), 1-9.

Hasanah, E., Darmawan, D., & Nanang, N. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Articulate dalam Metode Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Teknologi Pembelajaran, 4(2).

Hasyim, M. H. M. (2014). Penerapan fungsi guru dalam proses pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 265-276.

Ibda, F. (2012). Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPKn dan Pendidikan Agama. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 12(2), 338–347.

Jannah, F. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prosiding SEMNAS PS2DMP ULM, 1(2), 19-24.

Jumiarti, A., Dimpudus, A., & Haeruddin, H. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Turunan. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 33–42. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.404

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59.

Lomu, Lidia., & Widodo, S. A. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. 745-751

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924-932.

Nurmilah, R., & Lestari, F. A. (2022). Penerapan Pembelajaran Melalui Google Classroom Pada Siswa SMP Negeri 1 Megaluh Jombang. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 101–110. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.1390

Rohmah, A. N. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Pendidikan Dasar). Cendekia, 9(2), 193-210. https://doi.org/10.37850/cendekia.v9i02.106

Sakdiah, H., & Syahrani. (2022). Pengembangan Standar Isi Dan Standar Proses Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah. Cross-Border, 5(1), 622-632.

Sholikah, K., Febriyanti, R., & Ilmayasinta, N. (2023). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 79–88. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.1172

Simamora, D. C., Nst, H. M. S., Luthfiah, D. A., & Nst, M. B. (2023). Pengaruh strategi PBL dan TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 9–18. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1474

Suprapto, E. (2017). Pengaruh model pembelajaran kontekstual, pembelajaran langsung dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar kognitif. Invotec, 11(1). https://doi.org/10.17509/invotec.v11i1.4836

Wahyuni, A. P., Abbas, A. B., & Kukuh, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 115–122. https://doi.org/10.30872/primatika.v7i2.420

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Sihombing, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMAN 11 Samarinda. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i2.4555

Issue

Section

Articles