Efektivitas Pendekatan Teaching At The Right Level Dalam Mengatasi Kesenjangan Pembelajaran Pada Peserta Didik

Authors

  • Afinda Wahyu Pratiwi Putri Program Studi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i2.4551

Keywords:

Efektivitas, Kesenjangan, Pembelajaran, Pendekatan TaRL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis efektivitas penerapan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap kesenjangan pembelajaran pada peserta didik kelas VII G SMP Negeri 5 Samarinda. Adapun jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII H SMP negeri 5 Samarinda yang berjumlah 30 orang. Saat menerapkan pendekatan TaRL, fokusnya adalah mengadaptasi pendekatan pembelajaran dengan tingkat pemahaman individu peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi kelas serta penilaian hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penilitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VII H materi teks deskripsi selama siklus berlangsung. Pada siklus 1 didapatkan hasil persentase ketuntasan sebesar 50%. Kemudian pada siklus 2 didapatkan hasil persentase ketuntasan sebanyak 86,6%. Peningkatan yang terjadi adalah sebanyak 36,6%. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan TaRL memang memiliki efektivitas dalam mengatasi kesenjangan pembelajaran pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Ainun, H., Yunus, S. R., & Alim, M. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1070-1075. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.972

Azizah Chatminingtyas, N., Supandi, Rifai, A., & Shodiqin, A. (2024). Efektivitas Pendekatan Teaching at the Right Level dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Universitas PGRI Semarang, 7(01), 4857–4864. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6531

Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan N. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407–12418. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4431

Pasondi, M. (2024). Eksklusi Sosial Dalam Dunia Pendidikan di Indonesia Studi Kasus: Kesenjangan Digital dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(1).

Pratiwi, F. E., Afriatun, A., & Kusuma, A. B. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Problem Based Learning Terintegrasi TaRL pada Siswa Kelas IV SD Negeri Datar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 165–174. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2443

Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Anak Di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Putri, A. W. P. (2024). Efektivitas Pendekatan Teaching At The Right Level Dalam Mengatasi Kesenjangan Pembelajaran Pada Peserta Didik. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(2), 48–52. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i2.4551

Issue

Section

Articles