Filosofi penamaan jurnal

Profesi Guru ditandai dengan adanya kinerja profesional oleh seorang Guru yang wajib dilakukan melalui aktivitas refleksi. Aktivitas refleksi dalam profesi Guru dapat terjadi setelah Guru tersebut menerapkan pembelajaran. Hasil refleksi ditandaklanjuti melalui Rencana Tindak Lanjut (RTL). Refleksi merupakan aktivitas Guru untuk menilai upaya dan hasil yang sudah baik dan yang belum baik pada sebelum, selama dan setelah proses pembelajaran. Kegiatan inovasi berupa RTL dilakukan berdasarkan hasil refleksi Guru terhadap perencanaan dan hasil pembelajaran yang sudah dilakukan. Kegiatan inovasi dan refleksi menunjukkan aktivitas yang terjadi dalam profesi Guru sehingga Guru menjadi pembelajar sepanjang hayat dan menunjukkan kinerja sebagai Guru profesional. Berdasarkan filosofi berpikir ini, maka dibuatlah jurnal oleh Program Studi Profesi Pendidikan Guru Universitas Mularwaman yang diberi nama berdasarkan kata kunci (keywords) yang telah dipaparkan sebelumnya. Oleh karena itu, nama yang disepakati adalah Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru.

 

Makna logo

Adapun penjabaran makna yang tersirat dalam penggunaan logo ini secara rinci adalah sebagai berikut:

  1. Logo utama dari Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru adalah daun. Hal ini melambangkan pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan. Seperti daun-daun yang tumbuh dari satu titik dan saling menopang, rumpun keilmuan juga berkembang dan melahirkan cabang-cabang baru. Logo ini menggambarkan pentingnya terus mengembangkan pengetahuan dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang terus berubah.
  2. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru memiliki logo rangkaian 4 daun yang melambangkan 4 rumpun keilmuan yang menjadi fokus dan ruang lingkup jurnal, yaitu Rumpun Pendidikan MIPA, Rumpun Bahasa, Rumpun Pendidikan IPS, dan Rumpun Pendidikan. Masing-masing rumpun keilmuan ini memiliki peran dan kontribusi unik dalam mengembangkan ilmu pengetahuan.
  3. Daun-daun yang saling terikat dalam logo Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru mencerminkan kerjasama dan saling mendukung antar rumpun keilmuan. Dengan terjalinnya  kolaborasi dan berbagi pengetahuan antara rumpun keilmuan, kemajuan ilmu pengetahuan yang berkualitas akan mudah tercapai.
  4. Tumpukan 4 daun dalam logo ini juga melambangkan pentingnya kolaborasi dan pendekatan interdisipliner dalam penelitian dan pembelajaran. Dalam dunia yang semakin kompleks, masalah-masalah yang dihadapi seringkali memerlukan pemahaman yang melintasi batasan-batasan rumpun keilmuan. Solusi yang lebih inovatif dan efektif dapat tercipta dari hasil bekerjasama secara lintas disiplin.

 

Makna warna

Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru menggunakan warna kategori tersier. Warna tersier merupakan perpaduan antara satu warna primer dan satu warna sekunder. Perpaduan warna tersier menciptakan variasi warna yang lebih kompleks dan menarik. Penggunaan warna tersier mencerminkan keberagaman dan kebinekaan. Oleh karena itu, tim editorial mengundang para guru, dosen, peneliti, dan pemerhati pendidikan dari daerah manapun untuk menyumbangkan kontribusi artikel ilmiahnya sehingga dapat diterbitkan pada Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru.