Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Ide Pokok dan Ide Pendukung Teks Deskripsi di Kelas IX-B SMP Negeri 5 Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i2.4553Keywords:
Think Pair Share, Ide Pokok, Ide Pendukung, Teks DeskripsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi ide pokok dan ide pendukung teks deskripsi di kelas IX-B SMP Negeri 5 Samarinda. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas IX-B SMP Negeri 5 Samarinda melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Subjek penelitian terdiri dari 30 orang siswa kelas IX-B SMP Negeri 5 Samarinda. Data yang dikumpulkan terdiri dari data kuantitatif berupa hasil tes pemahaman siswa sebelum dan sesudah penerapan model TPS, serta data kualitatif yang diperoleh melalui observasi, angket, catatan lapangan, dan wawancara mengenai keterlibatan serta tanggapan siswa terhadap pembelajaran TPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran TPS mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan. Siswa lebih aktif berdiskusi, bertukar pendapat, dan mampu mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung dengan lebih baik. Hal ini terlihat dari hasil tes yang menunjukkan peningkatan rata-rata nilai pemahaman siswa sebesar 30% setelah penerapan model TPS. Dengan demikian, model TPS dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi teks deskripsi.
Downloads
References
Arikunto, S. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, 4th ed. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2020). Cooperative Learning: The Foundation for Active Learning. Boston: Allyn & Bacon.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner, 3rd ed. Victoria: Deakin University Press.
Lestari, E. P. (2023). Model Pembelajaran Think Pair Share Solusi Menumbuhkan Keberanian Berpendapat. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Lyman, F. T. (1981). The Responsive Classroom Discussion. In A. S. Anderson (Ed.), Mainstreaming Digest, 109-113. College Park, MD: University of Maryland College of Education.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nidya, A. P., & Hadi, S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Ide Pokok dan Ide Pendukung Teks Deskripsi di Kelas IX-I SMP Negeri 13 Surabaya. Pragmatik Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 126–136. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i4.1048
Prasetyo, B. (2023). Efektivitas Model Think Pair Share dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 5 Jakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 4558.
Rahim, I., Azis, A., Rosvita, I., & Paramita, S. A. (2024). Implementation of Think Pair and Share (TPS) Technique in Listening to Short Story Texts Learning. Jurnal Onoma : Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(4). https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4323
Rahmawati, D. (2022). Penerapan Model Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 112-125.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Utami, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 MI Plus Walisongo Trenggalek. Concept, 3(3), 254–266. https://doi.org/10.55606/concept.v3i3.1415
Wijaya, A. (2022). Implementasi Model Think Pair Share dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran, 14(4), 89102.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Afra Apriliyanti Kusuma Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






