Senyawa fenolik dan flavonoid, dan aktivitas antioksidan ekstrak metanol kulit buah ihau (Dimocarpus longan Lour. var. malesianus Leenh.)

  • Nor Hikmah SMAN 1 Loa Janan, Kutai Kartanegara, Indonesia
  • Enos Tangke Arung Forest Product Chemistry Lab, Faculty of Forestry, Mulawarman University, Samarinda, Indonesia
  • Sukemi Sukemi Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
Keywords: DPPH, radikal bebas, buah, ihau

Abstract

Senyawa fenolik dan flavanoid adalah senyawa kimia yang bertindak sebagai penangkal radikal bebas. Senyawa tersebut banyak terkandung dalam tanaman dan buah-buahan. Penelitian ini dirancang untuk menentukan total senyawa fenolik dan flavanoid, dan aktivitas antioksidan ekstrak metanol kulit buah ihau (Dimocarpus longan Lour. var. malesianus Leenh.). Serbuk kering kulit buah ihau dimaserasi dalam metanol selama 48 jam dan difiltrasi. Filtrat dipekatkan menggunakan evaporator. Total senyawa fenolik ditentukan menggunakan metode Follin Ciocalteau dan total flavanoid ditentukan menggunakan tes dengan AlCl3. Aktivitas atioksidan diukur menggunakan uji penangkapan radikal DPPH. Total senyawa fenolik adalah 383,720±0,986 mg/g ekstrak dan total senyawa flavanoid adalah 26,000±0,001 mg/g eksrak. Ekstrak menunjukkan aktivitas penangkapan radikal DPPH dengan pesentase penangkapan 85.6% pada konsentrasi 200 ppm. Hasil ini menunjukkan bahwa kulit buah ihau memeiliki potensi sebagai sumber agen penangkap radikal bebas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-30
How to Cite
Hikmah, N., Arung, E. T., & Sukemi, S. (2020). Senyawa fenolik dan flavonoid, dan aktivitas antioksidan ekstrak metanol kulit buah ihau (Dimocarpus longan Lour. var. malesianus Leenh.). Bivalen: Chemical Studies Journal, 3(2), 39-42. https://doi.org/10.30872/bcsj.v3i2.447
Section
Articles