Persepsi siswa SMA tentang pembelajaran kimia menggunakan Google classroom

  • Sukemi Sukemi Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, 75123, Indonesia
  • Muhammad Rindoi Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, 75123, Indonesia
  • Ratna Kusumawardani Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, 75123, Indonesia
  • Maasje C. Watulingas Program Studi Sarjana Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, 75123, Indonesia
Keywords: Pembelajaran daring, kemudahan akses, manfaat, komunikasi dan interaksi, pengiriman instruksi, kepuasan siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang pembelajaran kimia secara daring menggunakan Google classroom. Populasi dalam penelitian ini adalah 216 siswa kelas X IPA SMA N 2 Samarinda tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian adalah 68 siswayang terdiri atas 20 laki-laki dan 48 perempuan yang dipilih secara acak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Persepsi siswa yang diukur adalah kemudahan akses, manfaat, komunikasi dan interaksi, pengiriman instuksi, dan kepuasan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif tentang pembelajaran kimia secara daring menggunakan Google classroom. Penelitian ini mengindikasikan bahwa Google classroom merupakan solusi bagi guru, khususnya guru kimia, dalam melaksanakan pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

...
Published
2022-05-31
How to Cite
Sukemi, S., Rindoi, M., Kusumawardani, R., & Watulingas, M. C. (2022). Persepsi siswa SMA tentang pembelajaran kimia menggunakan Google classroom . Bivalen: Chemical Studies Journal, 5(1), 16-20. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bivalen/article/view/1335
Section
Articles