Video pembelajaran kimia: media untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik
Chemistry learning videos: media to enhance concept understanding and student learning outcomes
DOI:
https://doi.org/10.30872/bcsj.v8i1.4909Keywords:
hasil belajar, kesulitan belajar, pembelajaran kimia, video pembelajaranAbstract
Pembelajaran kimia di sekolah sering kali dianggap sangat sulit dikarenakan materinya yang abstrak jika dijelaskan dengan monoton dan lisan saja. Pendidik memerlukan bantuan media yang tepat agar peserta didik dapat memahami materi menjadi lebih mudah. Literatur review ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis berbagai literature review mengenai penggunaan video pembelajaran dalam pendidikan kimia yang sering dianggap rumit dan abstrak oleh banyak peserta didik. Melalui metode narrative literature review, artikel ini mengkaji berbagai literatur yang menunjukkan bagaimana video pembelajaran dapat mempermudah pemahaman konsep kimia yang kompleks. Video pembelajaran sebagai media audiovisual, tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu, tetapi juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. Ditemukan bahwa penerapan video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Dengan visualisasi yang menarik dan penyajian yang interaktif, video pembelajaran mampu menjembatani kesenjangan antara konsep abstrak kimia dan pemahaman konkret peserta didik. Berdasarkan literatur review yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berperan positif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia.
Downloads
References
Adawiyah, R., Robbia, A. Z., Jariah, A., Syukur, A., & Jamaluddin, J. (2021). Inovasi video pembelajaran kimia sebagai solusi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19 di MAN 2 Kota Bima. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 175–181. http://dx.doi.org/10.29303/jipp.v6i2.185
Adji, S. S., Masbukhin, F. A. A., & Wathi, A. F. D. (2023). Student response in using smartphone-assisted augmented reality video in learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 11551–11559. http://dx.doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.5921
Adnyana, G. P. (2013). Video eksperimen dan animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3), 266–277. http://dx.doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2032
Agang, M. J., Tangi, H. C., & Komisia, F. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Integrasi Representasi Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa. Education and Development, 9(4), 38–41. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.2968
Alimah, Harun, I., & Sartika, R. P. (2023). Pengembangan video pembelajaran kimia pada materi ikatan ion. EduChem, 4(2), 1–11. http://dx.doi.org/10.26418/educhem.v4i2.60324
Dheadema, S. A., Muharini, R., Rasmawan, R., Enawaty, E., & Lestari, I. (2023). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(2), 116–123. http://dx.doi.org/10.15294/jipk.v17i2.40212
Ero, Y., Tinenti, Y. R., & Wariani, T. (2022). Pengaruh Media Vidio Pembelajaran Pada Materi Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 53–58. https://doi.org/10.56248/educatum.v1i1.32
Fikriansyah, G., Sulastry, T., & Jusniar, J. (2023). Efektivitas penggunaan video YouTube dalam model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Wonomulyo (Studi pada materi pokok reaksi reduksi dan oksidasi). Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 12(1), 73-82. http://dx.doi.org/10.35580/sainsmat121236342023
Fitriyana, N., Wiyarsi, A., Sugiyarto, K. H., & Ikhsan, J. (2021). The Influences of Hybrid Learning with Video Conference and “Chemondro-Game” on Students’ Self-Efficacy, Self-Regulated Learning, and Achievement toward Chemistry. Journal of Turkish Science Education, 18(2), 233–248. https://doi.org/10.36681/
Idika, M. I., & Oluwaseyi, M. P. (2024). The impact of puzzle game and video-based puzzle strategies on students’ achievement and retention in periodicity. Journal of Mathematics and Science Teacher, 4(2), 1-7. http://dx.doi.org/10.29333/mathsciteacher/14366
Jayanti, A. A. (2024). Pengembangan video berbasis socio-scientific issues sebagai media pembelajaran pembangunan berkelanjutan materi hidrokarbon dan minyak bumi. Jurnal Riset Pembelajaran Kimia, 9(1), 35–48. http://dx.doi.org/10.21009/JRPK.191.07
Jeno, M. F., Tangi, H., & Leba, M. A. U. (2022). Hasil belajar kimia larutan elektrolit dan non elektrolit dengan menggunkan media video pembelajaran siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Kupang. Wahana, 73(2), 187–196. http://dx.doi.org/10.36456/wahana.v73i2
Junaidi, E., Hakim, A., Hadisaputra, S., Anwar, Y. A. S., & Sofia, B. F. D. (2021). Meningkatkan motivasi belajar kimia melalui implementasi konsep kimia dalam bentuk permainan sederhana di SMAN 4 Praya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 3(2), 121-126. http://dx.doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.134
Kartini, P., Bahar, A., & Elvinawati, E. (2021). Studi perbandingan model pembelajaran learning cycle 5E dan guided discovery learning menggunakan media video pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa. Alotrop, 5(1), 11–18. http://dx.doi.org/10.33369/atp.v5i1.16479
Kotimah, E. K. (2024). Efektivitas media pembelajaran audio visual berupa video animasi berbasis powtoon dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–18. http://dx.doi.org/10.69688/jpip.v2i1.55
Latifa, E., Muntari, M., Loka, I. N., & Burhanuddin, B. (2023). Pengembangan video pembelajaran berbasis pembelajaran kontekstual untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ikatan kimia. Chemistry Education Practice, 6(1), 38– 43. http://dx.doi.org/10.29303 cep.v6i1.3327
Londa, D., Tukan, M. B., Kopon, A. M., & Baunsele, A. B. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Praktikum pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMAN 3 Kupang. Jurnal Beta Kimia, 3(2), 29–36. https://doi.org/10.35508/jbk.v3i2.12291
Mas’udah, M., Agung, S., & Bahriah, E. S. (2022). Analysis of Ruang Guru as the online learning media on chemistry learning. Journal of Educational Chemistry (JEC), 4(1), 67–78. http://dx.doi.org/10.21580/jec.2022.4.1.11313
Mathelumual, M., Manoppo, Y., & Manuhutu, J. B. (2023). Video animasi stop motion sebagai media pembelajaran offline dalam model pembelajaran reciprocal teaching pada materi ikatan kimia untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 4 Ambon. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 13(1), 11–22. http://dx.doi.org/10.30598/MJoCEvol13iss1pp11-22
Reza, M., Nurdin, N., Hamama, R., Maulida, S., Mayasri, A., & Rizkia, N. (2021). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring berbasis video dengan bantuan pen tablet selama Pandemi Covid-19. Orbital : Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 124–136. http://dx.doi.org/10.19109/ojpk.v5i2.9216
Muhibullah, M., Zamhari, M. (2022). Pengembangan Cacing Kimia Sebagai Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android pada Materi Larutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(1), 37-40. http://dx.doi.org/10.15294/jipk.v16i1.29921
Muslim, B., Ramli, M., & Nursarifah, U. (2021). Pengembangan video animasi kimia terintegrasi keislaman pada materi struktur atom. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(2), 47–52. http://dx.doi.org/10.34312/jjec.v3i2.11568
Priandika, A. T., Permata, P., Gunawan, R. D., Ardiansah, T., Fahrizal, M., Maylani, A., & Anggraini, A. (2022). Video editing training to improve the quality of teaching and learning at SMK Palapa Bandarlampung. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(2), 26–30. http://dx.doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i2.134
Putri, S. W., Taufik, L., & Qurniati, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMAN 1 Wanasaba. Spin: Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 4(100), 58–66. http://dx.doi.org/10.20414/spin.v4i1.5092
Qonita, N. A., Sari, W. K., & Mardhiya, J. (2022). Pengembangan media pembelajaran kimia minyak bumi berbasis green chemistry berbantuan articulate storyline. Paedagogia, 25(2), 109-120. http://dx.doi.org/10.20961/paedagogia.v25i2.64041
Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 Menggunakan aplikasi Canva pada pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271– 6279. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717
Sinaga, I. W. (2023). Peningkatan hasil belajar materi larutan elektrolit dan non elektrolit melalui media video. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 8(2), 2477–3921. https://i-rpp.com/index.php/jpp/article/download/1446/371371913
Sukmawati, W. (2019). Analisis level makroskopis, mikroskopis dan simbolik mahasiswa dalam memahami elektrokimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 195–204. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v5i2.27517
Surayya, R., Anwar, Y. A. S., & Loka, I. N. (2024). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantuan media berbasis Lectora Inspire terhadap keterampilan proses sains siswa. Chemistry Education Practice, 7(1), 134–140. http://dx.doi.org/10.29303/cep.v7i1.5703
Wijaya, J. dan Lokollo, L. (2024). Pengembangan modul elektronik (E-Modul) interaktif berbasis flipbook pada mata kuliah dasar-dasar kimia organik materi asam karboksilat. MJoCE. 14 (1): 38-46. http://dx.doi.org/10.30598/MJoCEvol14iss1pp38‑46
Nababan, K. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Pasca Pandemi Menggunakan Rasch Model. Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(12), 6924-6930. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i12.14545
Apriani, F., Syahrul, dan Arafah, K. (2024). Analisis Kualitas Layanan Pembelajaran Kimia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Makassar. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 7(3), 172-181. http://dx.doi.org/10.31602/dl.v7i3.15928
Rahmayanti, K., Herawati, Lestari, S., Nursadrina, C., Minanggi, S., & Fajriati, R. (2024). Pentingnya Memahami Minat dan Bakat dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Pendidikan), 6(1), 25-29. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/jpkmes/issue/view/180
Surtiningsih, M., Hana, M.N., dan Anggraeni, R.D. 2024. Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Video Pembelajaran pada Materi Kesetimbangan Kimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. 12 (1): 51-61. https://doi.org/10.17509/jrppk.v12i1.69413
Waruwu, A.B.C., & Sitinjak, D. 2022. Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan MIPA. 12 (2): 298-305. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589
Nasution, A. N., & Lazulva. (2024). Desain dan Uji Coba Media Video Pembelajaran Menggunakan Software Adobe After Effects Model ICARE pada Materi Termokimia. Konfigurasi: Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan. 8(2): 99-107. http://dx.doi.org/10.24014/konfigurasi.v8i2.31888
Salsabila, L.Y., Irhamni, & Affifah, I. (2025). Pengembangan Video Animasi 2D Saponifikasi Berbasis Kontekstual Untuk Menstimulus Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Makromolekul. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1), 265-279. http://dx.doi.org/10.29100/.v7i1.5736
Wulandari, E. A., & Fatisa, Y. (2023). Desain Dan Uji Coba Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod. Journal of Chemistry Education and Integration, 2(2), 124-134. http://dx.doi.org/10.24014/jcei.v2i2.24607
Hikmah, M.M., Yamtinah, S., & Mahardiani, L. (2022). CHEMAR (Chemistry Augmented Reality) Pada Sistem Peridoik Unsur Sebagai Media Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 11(2), 221-230. https://dx.doi.org/10.20961/jpkim.v11i2.66618
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nadia Nadia, Nasya Hikmatul Rabiah, Indah Nuraini, Rindiani Dwi Saputri, Sukemi Sukemi, Fitriah Khoirunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- The author retains the copyright and grants the journal right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work
