Video pembelajaran kimia: media untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik

Chemistry learning videos: media to enhance concept understanding and student learning outcomes

Authors

  • Nadia Nadia Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Nasya Hikmatul Rabiah Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Indah Nuraini Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Rindiani Dwi Saputri Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Sukemi Sukemi Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Fitriah Khoirunnisa Universitas Maritim Raja Ali Haji

DOI:

https://doi.org/10.30872/bcsj.v8i1.4909

Keywords:

hasil belajar, kesulitan belajar, pembelajaran kimia, video pembelajaran

Abstract

Pembelajaran kimia di sekolah sering kali dianggap sangat sulit dikarenakan materinya yang abstrak jika dijelaskan dengan monoton dan lisan saja. Pendidik memerlukan bantuan media yang tepat agar peserta didik dapat memahami materi menjadi lebih mudah. Literatur review ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis berbagai literature review mengenai penggunaan video pembelajaran dalam pendidikan kimia yang sering dianggap rumit dan abstrak oleh banyak peserta didik. Melalui metode narrative literature review, artikel ini mengkaji berbagai literatur yang menunjukkan bagaimana video pembelajaran dapat mempermudah pemahaman konsep kimia yang kompleks. Video pembelajaran sebagai media audiovisual, tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu, tetapi juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik. Ditemukan bahwa penerapan video pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Dengan visualisasi yang menarik dan penyajian yang interaktif, video pembelajaran mampu menjembatani kesenjangan antara konsep abstrak kimia dan pemahaman konkret peserta didik. Berdasarkan literatur review yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berperan positif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kimia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R., Robbia, A. Z., Jariah, A., Syukur, A., & Jamaluddin, J. (2021). Inovasi video pembelajaran kimia sebagai solusi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19 di MAN 2 Kota Bima. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 175–181. http://dx.doi.org/10.29303/jipp.v6i2.185

Adji, S. S., Masbukhin, F. A. A., & Wathi, A. F. D. (2023). Student response in using smartphone-assisted augmented reality video in learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(12), 11551–11559. http://dx.doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.5921

Adnyana, G. P. (2013). Video eksperimen dan animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3), 266–277. http://dx.doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2032

Agang, M. J., Tangi, H. C., & Komisia, F. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Integrasi Representasi Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa. Education and Development, 9(4), 38–41. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.2968

Alimah, Harun, I., & Sartika, R. P. (2023). Pengembangan video pembelajaran kimia pada materi ikatan ion. EduChem, 4(2), 1–11. http://dx.doi.org/10.26418/educhem.v4i2.60324

Dheadema, S. A., Muharini, R., Rasmawan, R., Enawaty, E., & Lestari, I. (2023). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(2), 116–123. http://dx.doi.org/10.15294/jipk.v17i2.40212

Ero, Y., Tinenti, Y. R., & Wariani, T. (2022). Pengaruh Media Vidio Pembelajaran Pada Materi Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 53–58. https://doi.org/10.56248/educatum.v1i1.32

Fikriansyah, G., Sulastry, T., & Jusniar, J. (2023). Efektivitas penggunaan video YouTube dalam model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Wonomulyo (Studi pada materi pokok reaksi reduksi dan oksidasi). Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 12(1), 73-82. http://dx.doi.org/10.35580/sainsmat121236342023

Fitriyana, N., Wiyarsi, A., Sugiyarto, K. H., & Ikhsan, J. (2021). The Influences of Hybrid Learning with Video Conference and “Chemondro-Game” on Students’ Self-Efficacy, Self-Regulated Learning, and Achievement toward Chemistry. Journal of Turkish Science Education, 18(2), 233–248. https://doi.org/10.36681/

Idika, M. I., & Oluwaseyi, M. P. (2024). The impact of puzzle game and video-based puzzle strategies on students’ achievement and retention in periodicity. Journal of Mathematics and Science Teacher, 4(2), 1-7. http://dx.doi.org/10.29333/mathsciteacher/14366

Jayanti, A. A. (2024). Pengembangan video berbasis socio-scientific issues sebagai media pembelajaran pembangunan berkelanjutan materi hidrokarbon dan minyak bumi. Jurnal Riset Pembelajaran Kimia, 9(1), 35–48. http://dx.doi.org/10.21009/JRPK.191.07

Jeno, M. F., Tangi, H., & Leba, M. A. U. (2022). Hasil belajar kimia larutan elektrolit dan non elektrolit dengan menggunkan media video pembelajaran siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Kupang. Wahana, 73(2), 187–196. http://dx.doi.org/10.36456/wahana.v73i2

Junaidi, E., Hakim, A., Hadisaputra, S., Anwar, Y. A. S., & Sofia, B. F. D. (2021). Meningkatkan motivasi belajar kimia melalui implementasi konsep kimia dalam bentuk permainan sederhana di SMAN 4 Praya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 3(2), 121-126. http://dx.doi.org/10.29303/jpmsi.v3i2.134

Kartini, P., Bahar, A., & Elvinawati, E. (2021). Studi perbandingan model pembelajaran learning cycle 5E dan guided discovery learning menggunakan media video pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa. Alotrop, 5(1), 11–18. http://dx.doi.org/10.33369/atp.v5i1.16479

Kotimah, E. K. (2024). Efektivitas media pembelajaran audio visual berupa video animasi berbasis powtoon dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pelita Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–18. http://dx.doi.org/10.69688/jpip.v2i1.55

Latifa, E., Muntari, M., Loka, I. N., & Burhanuddin, B. (2023). Pengembangan video pembelajaran berbasis pembelajaran kontekstual untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ikatan kimia. Chemistry Education Practice, 6(1), 38– 43. http://dx.doi.org/10.29303 cep.v6i1.3327

Londa, D., Tukan, M. B., Kopon, A. M., & Baunsele, A. B. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Praktikum pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMAN 3 Kupang. Jurnal Beta Kimia, 3(2), 29–36. https://doi.org/10.35508/jbk.v3i2.12291

Mas’udah, M., Agung, S., & Bahriah, E. S. (2022). Analysis of Ruang Guru as the online learning media on chemistry learning. Journal of Educational Chemistry (JEC), 4(1), 67–78. http://dx.doi.org/10.21580/jec.2022.4.1.11313

Mathelumual, M., Manoppo, Y., & Manuhutu, J. B. (2023). Video animasi stop motion sebagai media pembelajaran offline dalam model pembelajaran reciprocal teaching pada materi ikatan kimia untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 4 Ambon. Molluca Journal of Chemistry Education (MJoCE), 13(1), 11–22. http://dx.doi.org/10.30598/MJoCEvol13iss1pp11-22

Reza, M., Nurdin, N., Hamama, R., Maulida, S., Mayasri, A., & Rizkia, N. (2021). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring berbasis video dengan bantuan pen tablet selama Pandemi Covid-19. Orbital : Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 124–136. http://dx.doi.org/10.19109/ojpk.v5i2.9216

Muhibullah, M., Zamhari, M. (2022). Pengembangan Cacing Kimia Sebagai Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android pada Materi Larutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(1), 37-40. http://dx.doi.org/10.15294/jipk.v16i1.29921

Muslim, B., Ramli, M., & Nursarifah, U. (2021). Pengembangan video animasi kimia terintegrasi keislaman pada materi struktur atom. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(2), 47–52. http://dx.doi.org/10.34312/jjec.v3i2.11568

Priandika, A. T., Permata, P., Gunawan, R. D., Ardiansah, T., Fahrizal, M., Maylani, A., & Anggraini, A. (2022). Video editing training to improve the quality of teaching and learning at SMK Palapa Bandarlampung. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(2), 26–30. http://dx.doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i2.134

Putri, S. W., Taufik, L., & Qurniati, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMAN 1 Wanasaba. Spin: Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 4(100), 58–66. http://dx.doi.org/10.20414/spin.v4i1.5092

Qonita, N. A., Sari, W. K., & Mardhiya, J. (2022). Pengembangan media pembelajaran kimia minyak bumi berbasis green chemistry berbantuan articulate storyline. Paedagogia, 25(2), 109-120. http://dx.doi.org/10.20961/paedagogia.v25i2.64041

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis media digital video pembelajaran abad 21 Menggunakan aplikasi Canva pada pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271– 6279. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1717

Sinaga, I. W. (2023). Peningkatan hasil belajar materi larutan elektrolit dan non elektrolit melalui media video. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 8(2), 2477–3921. https://i-rpp.com/index.php/jpp/article/download/1446/371371913

Sukmawati, W. (2019). Analisis level makroskopis, mikroskopis dan simbolik mahasiswa dalam memahami elektrokimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 195–204. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v5i2.27517

Surayya, R., Anwar, Y. A. S., & Loka, I. N. (2024). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantuan media berbasis Lectora Inspire terhadap keterampilan proses sains siswa. Chemistry Education Practice, 7(1), 134–140. http://dx.doi.org/10.29303/cep.v7i1.5703

Wijaya, J. dan Lokollo, L. (2024). Pengembangan modul elektronik (E-Modul) interaktif berbasis flipbook pada mata kuliah dasar-dasar kimia organik materi asam karboksilat. MJoCE. 14 (1): 38-46. http://dx.doi.org/10.30598/MJoCEvol14iss1pp38‑46

Nababan, K. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Pasca Pandemi Menggunakan Rasch Model. Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(12), 6924-6930. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i12.14545

Apriani, F., Syahrul, dan Arafah, K. (2024). Analisis Kualitas Layanan Pembelajaran Kimia dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 2 Makassar. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 7(3), 172-181. http://dx.doi.org/10.31602/dl.v7i3.15928

Rahmayanti, K., Herawati, Lestari, S., Nursadrina, C., Minanggi, S., & Fajriati, R. (2024). Pentingnya Memahami Minat dan Bakat dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Pendidikan), 6(1), 25-29. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/jpkmes/issue/view/180

Surtiningsih, M., Hana, M.N., dan Anggraeni, R.D. 2024. Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Video Pembelajaran pada Materi Kesetimbangan Kimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. 12 (1): 51-61. https://doi.org/10.17509/jrppk.v12i1.69413

Waruwu, A.B.C., & Sitinjak, D. 2022. Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan MIPA. 12 (2): 298-305. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589

Nasution, A. N., & Lazulva. (2024). Desain dan Uji Coba Media Video Pembelajaran Menggunakan Software Adobe After Effects Model ICARE pada Materi Termokimia. Konfigurasi: Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan. 8(2): 99-107. http://dx.doi.org/10.24014/konfigurasi.v8i2.31888

Salsabila, L.Y., Irhamni, & Affifah, I. (2025). Pengembangan Video Animasi 2D Saponifikasi Berbasis Kontekstual Untuk Menstimulus Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Makromolekul. Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 7(1), 265-279. http://dx.doi.org/10.29100/.v7i1.5736

Wulandari, E. A., & Fatisa, Y. (2023). Desain Dan Uji Coba Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod. Journal of Chemistry Education and Integration, 2(2), 124-134. http://dx.doi.org/10.24014/jcei.v2i2.24607

Hikmah, M.M., Yamtinah, S., & Mahardiani, L. (2022). CHEMAR (Chemistry Augmented Reality) Pada Sistem Peridoik Unsur Sebagai Media Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia, 11(2), 221-230. https://dx.doi.org/10.20961/jpkim.v11i2.66618

Downloads

Published

2025-08-06

How to Cite

Nadia, N., Hikmatul Rabiah, N., Nuraini, I., Dwi Saputri, R., Sukemi, S., & Khoirunnisa, F. (2025). Video pembelajaran kimia: media untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik: Chemistry learning videos: media to enhance concept understanding and student learning outcomes. Bivalen: Chemical Studies Journal, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.30872/bcsj.v8i1.4909

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)