Perancangan Alat Praktikum Koefisien Gesekan Digital pada Bidang Miring dengan Sensor FC-51 Berbasis Arduino Uno
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i2.4928Keywords:
Alat Praktikum, Arduino Uno, Bidang Miring, Koefisien Gesekan, Sensor FC-51Abstract
Pembelajaran konsep gaya gesek pada bidang miring sering kali hanya disampaikan secara teoretis sehingga kurang memberikan pengalaman empiris kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan alat praktikum koefisien gesekan digital pada bidang miring berbasis mikrokontroler Arduino Uno menggunakan sensor inframerah FC-51. Alat ini mampu mengukur waktu, kecepatan, percepatan, dan menghitung nilai koefisien gesekan secara otomatis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan tiga tahap, yaitu perancangan, perangkaian, dan pengujian alat. Hasil pengujian menunjukkan bahwa alat dapat mengukur nilai koefisien gesekan dengan akurasi tinggi, yakni sebesar (96,98 ± 0,01)% hingga 100%. Hasil pengukuran juga menunjukkan hubungan linear yang kuat antara nilai luaran alat dan nilai teoritis, dengan koefisien determinasi sebesar 0,9986. Temuan ini menunjukkan bahwa alat yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai media praktikum yang efektif dan relevan dalam pembelajaran fisika, khususnya dalam memahami gaya gesekan pada bidang miring.
Downloads
References
Agustia, R. D., & Kiki H., T. A. (2018). Pembangunan PROTOTYPE Aplikasi Pengawasan Dan Pengendalian Pembudidayaan Mikroalga Spirulina. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, 7(1), 11–18. https://doi.org/10.34010/komputa.v7i1.2531
Andriani, F., Busri, S. S., Rande, W., Joni, Y. M., & Astro, R. B. (2021). ANALISIS KOEFISIEN GESEK KINETIS BENDA DI BIDANG MIRING MENGGUNAKAN VIDEO TRACKER. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 74–83. https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.980
Aprilia, S. D., Wulandari, S. N., Agustina, K. D., & Sulaeman, N. F. (2024). Mengeksplorasi Dampak Ketersediaan Peralatan pada Pelaksanaan Praktikum Fisika di Laboratorium SMA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 5(1), 49–58. https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i1.2878
Chaudhuri, A. B. (2020). Flowchart and Algorithm Basics. In Flowchart and Algorithm Basics. https://doi.org/10.1515/9781683925354
Cheng, C. L., Shalabh, & Garg, G. (2014). Coefficient of determination for multiple measurement error models. Journal of Multivariate Analysis, 126. https://doi.org/10.1016/j.jmva.2014.01.006
Dewana, M. B., Priyonggo, B., Suliyanto, H., Wulandari, W., & Aninditya, M. W. (2024). Kalibrasi dan validasi instrument ukur fertigasi tipe Nido One V2. Sultra Journal of Mechanical Engineering (SJME), 3(2), 81–88. https://doi.org/10.54297/sjme.v3i2.738
Fitrianingrum, A. M., & Pawarangan, I. (2024). Identifikasi Konsep Fisika pada Bidang Miring Berbantuan Aplikasi Algodoo. Jurnal FisTa : Fisika dan Terapannya, 5(1), 38–44. https://doi.org/10.53682/fista.v5i1.351
Freitas, M. L. F. (2023). PENTINGNYA KEGIATAN LABORATORIUM DI PROGRAM STUDI ENSINO DE FISIKA UNIVERSITAS NACIONAL TIMOR LOROSA´E (UNTL). MAGNETON: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika UNWIRA, 1(2), 79–85. https://doi.org/10.30822/magneton.v1i2.2469
Georgios, S., Evangelos, E., Vasileios, N., Konstantinos, G., & Konstantinos, K. T. (2024). Measurement of Kinetic Friction Coefficient using an Arduino. International Journal Of Innovative Research, 13(7), 13326–13330. https://doi.org/10.15680/IJIRSET.2024.1307098
Giancoli, D. C. (2014). Physics Principles with Application 7th Edition. In Pearson Education (Vol. 1, Nomor 9).
Gustiani, S. (2019). Research and Development (R&D) Method as a Model Design in Educational Research and Its Alternatives. HOLISTICS JOURNAL, 11(2).
Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2013). Fundamental of Physics [10th Edition] (10 ed.). John Wiley & Sons.
Hardiansyah, I. W. (2021). PENERAPAN GAYA GESEK PADA KEHIDUPAN MANUSIA. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(1). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i1.44531
Hartono, R., & Prima, E. C. (2025). The Coefficients of Static and Kinetic Friction using Arduino. Jurnal Pena Sains, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.21107/jps.v12i1.27762
Humairoh, S., Yakob, M., Lubis, N. A., & Putra, R. A. (2021). Perancangan Alat Praktikum Berbasis Arduino Untuk Menentukan Waktu Dan Kecepatan Secara Otomatis Pada Gerak Jatuh Bebas. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 4(01), 23–32. https://doi.org/doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v4i01.3482
Klapetek, P. (2018). Motivation. In Quantitative Data Processing in Scanning Probe Microscopy (hal. 1–18). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-813347-7.00001-7
M, A., Sakti, I., & Kadir, F. (2022). Analisis Pelaksanaan Praktikum Fisika di SMA Negeri Se-Kabupaten Maros. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA, 4(2), 125–136. https://doi.org/10.31540/sjpif.v4i2.1857
Majdi, L. M., Kumendong, I. M., Huwaidah, I., & Aziz, M. F. A. (2024). Pemanfaatan Termokopel sebagai Sensor Suhu untuk Analisis Kelarutan Zat Terlarut. Jurnal FisTa : Fisika dan Terapannya, 5(2), 85–92. https://doi.org/https://doi.org/10.53682/fista.v5i2.406
Manuhutu, F., Kesaulya, N., & Rachman, G. (2023). Perancangan Alat Penentuan Koefisien Gesek Statis Menggunakan Sensor IR FC-51 dan Potensiometer Berbasis Arduino Uno. PHYSIKOS Journal of Physics and Physics Education, 2(1), 37–43. https://doi.org/10.30598/physikos.2.1.9326
Morris, A. S. (2001). Measurement and Instrumentation Principles. Measurement Science and Technology, 12(10). https://doi.org/10.1088/0957-0233/12/10/702
Mulia, S., & Murni, S. (2022). Implikasi Pembelajaran Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam Dalam Kemajuan Kognitif Siswa. SEARCH: Science Education Research Journal, 1(1), 1–1. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/jaser
Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 72–80. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.22195
Purnama, D., Harpian, H., Pereira, V. V., Rusdiana, D., & Suwarma, I. R. (2022). Pengembangan Alat Praktikum Berbasis Arduino Uno Materi Kesetimbangan Benda Tegar (Momen Inersia dan Momentum Sudut). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.36418/japendi.v3i2.574
Puspitasari, Z., & Setiaji, B. (2023). Revitalisasi Pembelajaran Fisika Melalui Eksplorasi Konsep Metode Inkuiri Terbimbing. Journal of Physics Education and Science, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47134/physics.v1i1.133
Ramadhani, S. M., Najah, T. S., & Yuliani, H. (2022). Pengaruh Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Praktikum Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kelas VII. LAMBDA : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA dan Aplikasinya, 2(3), 175–186. https://doi.org/10.58218/lambda.v2i3.370
Sholakhudin, M. N. (2024). Alat Praktikum Gerak Lurus Dengan Sensor IR Berbasis Arduino. Saintifik@ : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 20–27. https://doi.org/10.33387/saintifik.v9i1.8139
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). In Jurnal Ilmu dan Riset (23rd ed.). Alfabeta.
Susanna, S., & Murdianto, M. (2021). Pemanfaatan Trainer Kit Microcontroller untuk Menguji dan Kalibrasi Sensor Kits pada Laboratorium Teknologi Informasi POLNES. Just TI (Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi), 13(2), 61–66. https://doi.org/10.46964/justti.v13i2.477
Sutrio, Gunawan, Herayanti, L., & Nisrina, N. (2023). Penyuluhan Peran Laboratorium dan Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran Fisika. Indonesian Journal of Education and Community Services, 3(2), 75–82.
Van Der Veen, A. M. H. (2003). Measurement uncertainly and the use of reference materials. In Accreditation and Quality Assurance (Vol. 8, Nomor 12). https://doi.org/10.1007/s00769-003-0706-9
Zulensi, F. C., Anas, A. A., Wilza, R., Rizal, S., & Sundari, E. (2025). Pengembangan Alat Praktikum Fisika Gaya Gesek Pada Bidang Miring Berbasis Internet Of Things. Machinery Jurnal Teknologi Terapan, 6(1), 66–78. https://doi.org/10.5281/zenodo.15234480
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Oksan Prasetio Mundiahi, Intan Eka Audrey Loding, Marianus, Jeane Verra Tumangkeng, Ishak Pawarangan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.




.png)



