Eksplorasi Tren Penelitian PISA Sains di Indonesia dan Implikasinya Bagi Pembelajaran

Authors

  • Apit Fathurohman Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya, Paembang, Indonesia
  • Chika Hikmah Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya, Paembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i2.4772

Keywords:

PISA, Literasi, Kompetensi Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tren penelitian PISA Sains di Indonesia dan implikasi bagi Pembelajaran khususnya pembelajaran Sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan analisis isi dengan teknik systematic literature review (SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan seluruh artikel yang memiliki penelitian terkait dengan PISA. Artikel yang diperoleh dan digunakan dalam penelitian ini sebanyak 17 artikel yang dipublikasi pada periode 2019-2024 kemudian dijadikan acuan untuk dikaji. Hasil penelitian menunjukkan literasi sains dan matematika siswa Indonesia umumnya masih berada pada level rendah, dengan tren penelitian yang lebih banyak berfokus pada literasi matematika dan dilakukan di wilayah perkotaan. Temuan ini mengindikasikan perlunya penguatan literasi Sains juga bukan hanya literasi matematika. Pada pembelajaran hendaknya dihubungkan dengan pemahaman tentang PISA dan dikoneksikan dengan soal-soal PISA. Literasi PISA Sains ini bukan hanya digalakan pada sekolah-sekolah perkotaan namun perlu digalakan juga di sekolah-sekolah pedesaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afina, D. R., Hayati, M. N., & Fatkhurrohman, M. A. (2021). Profil Capaian Kompetensi Literasi Sains Siswa SMP Negeri Kota Tegal Menggunakan PISA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 10–21. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.111

Amelia, Efendi, K.N.S., & Lestari, K. E. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Soal PISA. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 136-145. https://doi.org/10.36815/majamath.v4i2.1270

Andriani, N., Saparini, S., & Akhsan, H. (2018). Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMP Kelas VII Di Sumatera Selatan Menggunakan Kerangka PISA (Program for International Student Assesment). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 278. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5288

Apriani, D., & Sistyawati, R. I. (2024). Pengembangan Soal PISA Materi Bangun Ruang Kubus untuk SMP. PI-MATH: Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 3(1), 48–56. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i2.2919

Azmi, Z. L., Marlina, L., Fathurohman, A., Putri, R., Zulkardi, Z., Sari, D., Gustiningsih, T., Rawani, D., Lisnani, L., Sari, A., & Septimiranti, D. (2022). Study of Critical Thinking Skills for Junior High School Students In the Era Industrial Revolution 4.0. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 6(1), 19–23. https://doi.org/10.30599/jipfri.v6i1.1255

Putri, M.D. (2021). Identifikasi Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri 2 Pematang Tiga Bengkulu Tengah. GRAVITASI Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 4(01). https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v4i01.3610

Fadillah, A., & Ni’mah. (2019). Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 3(2), 127–131. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1035

Fadillah, N. S., Rustaman, N., & Kusumawaty, D. (2021). Analisis kemampuan scientific literacy siswa SMA dalam soal PISA pada materi virus dan bakteri. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(2), 83–88. https://doi.org/10.17509/aijbe.v4i2.41485

Fadlika, R. H., Mulyani, R., & Dewi, T. N. S. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Berdasarkan Gender di Kelas X. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 12(2), 104. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2326

Fathurohman, A., & Lutfi, H. M. (2022). Analisis Proses Pembelajaran Fisika berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 212–215. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Fathurohman, A., Susiloningsih, E., & Arianti, A. (2021). Physics module based on STEM problem based learning on newton’s motion law material for senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012155

Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5–9. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.193

himiespa.feb. (2024). Nilai PISA Rendah, Ekonomi Susah: Hubungan Kualitas Pendidikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi.

Husamah, & Nurwindo. (2024). Literasi: Urgensi dan Peran Dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan, Edisi 1, Vol. 1. FKIP UMM: CV. Bildung Nusantara.

Junika, N., Tambunan, L. R., Studi, P., Matematika, P., Maritim, U., Ali, R., Jalan, H., Senggarang, P., Box, P. O., Tanjungpinang, K., & Riau, I. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499–510. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Qadry, I.K., Dassa, A., & Aynul, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya, 2(2), 78-92. https://doi.org/10.30605/27458326-99

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.662

Noor Aini, I., & Nia Sania Effendi, K. (2021). Pelatihan Soal Matematika Tipe PISA bagi Siswa SMK Usia 15 Tahun. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 2021. https://doi.org/10.30653/002.202162.673

Nugraha, D. M. D. (2022). HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 153–158. https://doi.org/10.31764/elementary.51i2.8874

OECD Members. (2023). PISA 2025 SCIENCE FRAMEWORK (DRAFT) (2nd ed.).

Pratiwi, I. (2019). EFEK PROGRAM PISA TERHADAP KURIKULUM DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1). https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika

Handayani, D.P. & Mayasari, T. (2023). Pengembangan Instrumen Soal Literasi Sains Kerangka PISA. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA IX 2023, 1–7. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf

Ridzkiyah, N., & Effendi, N.S.K. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (PISA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8237

Rohmah, I. L., & Hidayati, S. N. (2021). Analisis Literasi Sains Peserta Didik SMPN 1 Gresik. PENSA E-JURNAL : Pendidikan Sains, 9(3), 363–369. https://doi.org/10.26740/pensa.v9i3.40178

Setiawan, A., Inganah, S., Ummah, S. K., & Malang, U. M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Penyelesaian Soal PISA Ditinjau dari Gender. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 43-48. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.43-48

Siregar, E. B., Hidayah, N., Karo, B., Samosir, D., & Rajagukguk, W. (2024). Kualitas Pendidikan Matematika di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 34–50. https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/159

Sujudi, M. S., Idris, T., & Handayani, P. H. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Islam As-Shofa Kota Pekanbaru Berdasarkan PISA. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 58-69. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9023

Mita, D. S., Tambunan, L. R., & Izzati, N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 25-33. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2073

Umaroh, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal PISA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 40-53. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11408

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil PISA dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Žalėnienė, I., & Pereira, P. (2021). Higher Education For Sustainability: A Global Perspective. Geography and Sustainability, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.1016/j.geosus.2021.05.001

Zuhri, M. M., Adnan, A., & Saparuddin, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Kelas X IPA di Kota Makassar dalam Menyelesaikan Soal PISA. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(2), 1892. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9384

Zulanwari, Z. A., Ramdani, A., & Bahri, S. (2023). Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Terhadap Soal-Soal PISA Pada Materi Virus dan Bakteri. Journal of Classroom Action Research, 5(Spesial), 210–216. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4374

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Fathurohman, A. ., & Hikmah, C. (2025). Eksplorasi Tren Penelitian PISA Sains di Indonesia dan Implikasinya Bagi Pembelajaran. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 6(2), 140–153. https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i2.4772

Issue

Section

Articles