Eksplorasi Tren Penelitian PISA Sains di Indonesia dan Implikasinya Bagi Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i2.4772Keywords:
PISA, Literasi, Kompetensi SainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tren penelitian PISA Sains di Indonesia dan implikasi bagi Pembelajaran khususnya pembelajaran Sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan analisis isi dengan teknik systematic literature review (SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan seluruh artikel yang memiliki penelitian terkait dengan PISA. Artikel yang diperoleh dan digunakan dalam penelitian ini sebanyak 17 artikel yang dipublikasi pada periode 2019-2024 kemudian dijadikan acuan untuk dikaji. Hasil penelitian menunjukkan literasi sains dan matematika siswa Indonesia umumnya masih berada pada level rendah, dengan tren penelitian yang lebih banyak berfokus pada literasi matematika dan dilakukan di wilayah perkotaan. Temuan ini mengindikasikan perlunya penguatan literasi Sains juga bukan hanya literasi matematika. Pada pembelajaran hendaknya dihubungkan dengan pemahaman tentang PISA dan dikoneksikan dengan soal-soal PISA. Literasi PISA Sains ini bukan hanya digalakan pada sekolah-sekolah perkotaan namun perlu digalakan juga di sekolah-sekolah pedesaan.
Downloads
References
Afina, D. R., Hayati, M. N., & Fatkhurrohman, M. A. (2021). Profil Capaian Kompetensi Literasi Sains Siswa SMP Negeri Kota Tegal Menggunakan PISA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 6(1), 10–21. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.111
Amelia, Efendi, K.N.S., & Lestari, K. E. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Soal PISA. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 136-145. https://doi.org/10.36815/majamath.v4i2.1270
Andriani, N., Saparini, S., & Akhsan, H. (2018). Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMP Kelas VII Di Sumatera Selatan Menggunakan Kerangka PISA (Program for International Student Assesment). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 278. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5288
Apriani, D., & Sistyawati, R. I. (2024). Pengembangan Soal PISA Materi Bangun Ruang Kubus untuk SMP. PI-MATH: Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 3(1), 48–56. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v5i2.2919
Azmi, Z. L., Marlina, L., Fathurohman, A., Putri, R., Zulkardi, Z., Sari, D., Gustiningsih, T., Rawani, D., Lisnani, L., Sari, A., & Septimiranti, D. (2022). Study of Critical Thinking Skills for Junior High School Students In the Era Industrial Revolution 4.0. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 6(1), 19–23. https://doi.org/10.30599/jipfri.v6i1.1255
Putri, M.D. (2021). Identifikasi Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri 2 Pematang Tiga Bengkulu Tengah. GRAVITASI Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 4(01). https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v4i01.3610
Fadillah, A., & Ni’mah. (2019). Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 3(2), 127–131. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i2.1035
Fadillah, N. S., Rustaman, N., & Kusumawaty, D. (2021). Analisis kemampuan scientific literacy siswa SMA dalam soal PISA pada materi virus dan bakteri. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 4(2), 83–88. https://doi.org/10.17509/aijbe.v4i2.41485
Fadlika, R. H., Mulyani, R., & Dewi, T. N. S. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Berdasarkan Gender di Kelas X. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 12(2), 104. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2326
Fathurohman, A., & Lutfi, H. M. (2022). Analisis Proses Pembelajaran Fisika berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 212–215. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika
Fathurohman, A., Susiloningsih, E., & Arianti, A. (2021). Physics module based on STEM problem based learning on newton’s motion law material for senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012155
Hasasiyah, S. H., Hutomo, B. A., Subali, B., & Marwoto, P. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Sirkulasi Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 5–9. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.193
himiespa.feb. (2024). Nilai PISA Rendah, Ekonomi Susah: Hubungan Kualitas Pendidikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi.
Husamah, & Nurwindo. (2024). Literasi: Urgensi dan Peran Dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan, Edisi 1, Vol. 1. FKIP UMM: CV. Bildung Nusantara.
Junika, N., Tambunan, L. R., Studi, P., Matematika, P., Maritim, U., Ali, R., Jalan, H., Senggarang, P., Box, P. O., Tanjungpinang, K., & Riau, I. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499–510. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Qadry, I.K., Dassa, A., & Aynul, N. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Infinity: Jurnal Matematika dan Aplikasinya, 2(2), 78-92. https://doi.org/10.30605/27458326-99
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa melalui soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291-300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.662
Noor Aini, I., & Nia Sania Effendi, K. (2021). Pelatihan Soal Matematika Tipe PISA bagi Siswa SMK Usia 15 Tahun. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 2021. https://doi.org/10.30653/002.202162.673
Nugraha, D. M. D. (2022). HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 153–158. https://doi.org/10.31764/elementary.51i2.8874
OECD Members. (2023). PISA 2025 SCIENCE FRAMEWORK (DRAFT) (2nd ed.).
Pratiwi, I. (2019). EFEK PROGRAM PISA TERHADAP KURIKULUM DI INDONESIA. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51–71. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1). https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedika
Handayani, D.P. & Mayasari, T. (2023). Pengembangan Instrumen Soal Literasi Sains Kerangka PISA. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA IX 2023, 1–7. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf
Ridzkiyah, N., & Effendi, N.S.K. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (PISA). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8237
Rohmah, I. L., & Hidayati, S. N. (2021). Analisis Literasi Sains Peserta Didik SMPN 1 Gresik. PENSA E-JURNAL : Pendidikan Sains, 9(3), 363–369. https://doi.org/10.26740/pensa.v9i3.40178
Setiawan, A., Inganah, S., Ummah, S. K., & Malang, U. M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Penyelesaian Soal PISA Ditinjau dari Gender. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 43-48. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.43-48
Siregar, E. B., Hidayah, N., Karo, B., Samosir, D., & Rajagukguk, W. (2024). Kualitas Pendidikan Matematika di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 12(2), 34–50. https://jiwpp.unram.ac.id/index.php/widya/article/view/159
Sujudi, M. S., Idris, T., & Handayani, P. H. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Islam As-Shofa Kota Pekanbaru Berdasarkan PISA. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 58-69. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9023
Mita, D. S., Tambunan, L. R., & Izzati, N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan soal PISA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 25-33. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2073
Umaroh, U., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal PISA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 40-53. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11408
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil PISA dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
Žalėnienė, I., & Pereira, P. (2021). Higher Education For Sustainability: A Global Perspective. Geography and Sustainability, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.1016/j.geosus.2021.05.001
Zuhri, M. M., Adnan, A., & Saparuddin, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Kelas X IPA di Kota Makassar dalam Menyelesaikan Soal PISA. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(2), 1892. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v11i2.9384
Zulanwari, Z. A., Ramdani, A., & Bahri, S. (2023). Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Terhadap Soal-Soal PISA Pada Materi Virus dan Bakteri. Journal of Classroom Action Research, 5(Spesial), 210–216. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.4374
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Apit Fathurohman, Chika Hikmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.




.png)



