Model Problem-Based Learning dan Model Problem-Solving: Perbedaan terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Yani Suryani Pendidikan Fisika, UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Sharmila Pendidikan Fisika, UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Chairul Amriyah PGMI, UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Vandan Wiliyanti Pendidikan Fisika, UIN Raden Intan Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i1.4692

Keywords:

Problem-Based Learning, Gelombang Bunyi, Hasil Belajar, Problem-Solving

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada siswa, seperti Problem-Based Learning (PBL) dan Problem-Solving (PS), telah banyak diterapkan dalam pendidikan untuk meningkatkan hasil belajar, namun perbedaan efektivitas keduanya masih menjadi perdebatan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas model Problem-Based Learning (PBL) dan model Problem-Solving (PS) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Studi ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Menggala, Lampung, dengan melibatkan siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent control group. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal uraian. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model PS lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan model PBL, dengan rerata nilai posttest sebesar 80,20 > 69,91. Selain memberikan pemahaman berbasis data mengenai efektivitas PBL dan PS, penelitian ini juga merekomendasikan kombinasi kedua model untuk mengoptimalkan hasil belajar sesuai dengan kebutuhan pembelajaran fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, & H, N. (2019). Belajar dan Pembelajaran.

Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Guru Kita, 2(3), 106–115.

Asfar, A. M. I. T., & Nur, S. (2018). Model pembelajaran problem posing & solving: meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Bouchée, T., de Putter-Smits, L., Thurlings, M., & Pepin, B. (2022). Towards a better understanding of conceptual difficulties in introductory quantum physics courses. Studies in Science Education, 58(2), 183–202.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL): Suatu model pembelajaran untuk mengembangkan cara berpikir kritis peserta didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69.

Falloon, G. (2019). Using simulations to teach young students science concepts: An Experiential Learning theoretical analysis. Computers & Education, 135, 138–159.

Hanington, B., & Martin, B. (2019). Universal methods of design expanded and revised: 125 Ways to research complex problems, develop innovative ideas, and design effective solutions. Rockport publishers.

Janah, A. F., Yulianti, D., & Purnomo, H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Strategi TaRL untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 158–164.

Karniadakis, G. E., Kevrekidis, I. G., Lu, L., Perdikaris, P., Wang, S., & Yang, L. (2021). Physics-informed machine learning. Nature Reviews Physics, 3(6), 422–440.

Kassim, J. M., Mohamed, H., Fadzilah, S., & Nor, M. (2018). Model Pembelajaran PS dan PBL. 7(1).

Kotsis, K. T. (2024). Physics Education in EU High Schools: Knowledge, Curriculum, and Student Understanding. European Journal of Contemporary Education and E-Learning, 2(4), 28–38.

Lukum, A., Mohamad, E., Tamalu, M. S., Sukamto, K., & Paramata, Y. (2019). Effect of problem solving learning models on self-confidence and student learning outcomes on topics of reduction-oxidation. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012152

Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Navos, D. B., Ordoña, M. B., Llorente, J. M., & Camarao, M. K. G. (2024). Teachers Difficulty and Coping Strategies in Physics. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 5(4), 1384–1389.

Putri, R. K., & Roichan, D. I. P. (2021). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 surabaya. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.26877/aks.v12i1.7272

Qomariyah, S. N. (2019). Effect of problem based learning learning model to improve student learning outcomes. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 217–222.

Rahmawati, B. F. (2013). Meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui model pembelajaran berbasis masalah. Educatio, 8(2), 17–27.

Ririn, R., Budiman, H., & Muhammad, G. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Solving. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.772

Safitri, R., Hadi, S., & Widiasih, W. (2023). The Effect of the Problem Based Learning Model on the Students Motivation and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 7310–7316.

Sampini, S., Mustaji, M., & Harwanto, H. (2021). Problem based learning dan Problem solving Berpengaruh Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Mimbar Ilmu, 26(1), 79. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31501

Sani, I. N., Bahar, A., & Elvinawati, E. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Solving Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Mia Man 2 Kota Bengkulu. Alotrop, 4(2), 107–116. https://doi.org/10.33369/atp.v4i2.13834

Sappaile, B. I., & Pristiwaluyo, T. (2022). Hasil Belajar dari Perspektif Dukungan Orangtua dan Minat Belajar Siswa | i (Issue February).

Saputra, I. G. P. E. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 178–185.

Saputri, B. A., Zuhdi, M., & Ayub, S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 5(3), 400–407.

Sijabat, A., Solving, P., Pemahaman, D., Terhadap, K., Belajar, H., Siswa, F., Fisika, J. P., Sijabat, A., Solving, P., Konsep, P., Belajar, H., Siswa, F., & Sijabat, A. (2016). Effect of Problem Solving Learning Model and Understanding the Concept of Physics Student. 87–91.

Wijnia, L., Loyens, S. M. M., & Rikers, R. M. J. P. (2019). The problem‐based learning process: An overview of different models. The Wiley Handbook of Problem‐based Learning, 273–295.

Zainuddin, Z., Sari, R. P., & Kadir, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Fisika Konsep Gerak Lurus pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Konawe Selatan. Kulidawa, 2(1), 7. https://doi.org/10.31332/kd.v2i1.2485

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Suryani, Y., Sharmila, Amriyah, C., & Wiliyanti, V. (2025). Model Problem-Based Learning dan Model Problem-Solving: Perbedaan terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 6(1), 88–94. https://doi.org/10.30872/jlpf.v6i1.4692

Issue

Section

Articles