Identifikasi Keefektifan Peran Bimbingan dan Konseling terhadap Minat Siswa pada Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas dengan Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v5i2.3729Keywords:
Bimbingan, Siswa, Minat, FisikaAbstract
Bimbingan adalah proses dimana seorang konselor memberikan dukungan yang berkelanjutan dan sistematis kepada seorang individu atau sekelompok orang sehingga seorang individu atau sekelompok menjadi individu yang mandiri. Bimbingan dan konseling bertujuan untuk membantu peserta didik mencapai tugas perkembangan optimal dalam Pendidikan. Seorang konselor dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan minat belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk kuisioner online pada google form. Kuesioner merupakan alat pengumpulan data primer dengan metode survei untuk memperoleh opini responden. Berdasarkan hasil observasi, pengamatan data yang telah dilakukan bisa dilihat bahwa terdapat hubungan yang saling berkaitan antara peran bimbingan dan minat siswa terhadap mata pelajaran fisika. Siswa yang pernah mendapatkan bimbingan konseling cenderung lebih siap dalam belajar karena sudah mengetahui minat dan bakatnya Dari hasil ini dapat dianalisis meskipun peran BK disekolah sudah tergolong “Baik” namun sekolah belum mampu untuk memenuhi kebutuhan akan pelajaran yang diselenggarakan.
Downloads
References
Alwina, S. (2023). Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis. 5(1), 18-25.
AR, M. M., Sulalah, A., & Astutik, C. (2024). Strategi Layanan Bimbingan Konseling di Era Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(3), 301–308. https://doi.org/10.61722/jirs.v1i3.588.
Chusni, M. M., Andrian, R., Sariyatno, B., Hanifah, D. P., Lubis, R., Fitriani, A., Noviyanto, T. S. H., Herlina, M., Wardani, K. D. K. A., & Parera, M. M. A. E. (2021). Strategi Belajar Inovatif. Pradina Pustaka: Sukoharjo.
Chusni, M. M., & Hasanah, A. (2018). Pengaruh Kemampuan Pengelolaan Laboratorium dan Literasi Sainfik Terhadap Kesiapan Calon Guru Fisika. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 325-335. https://doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5222.
Dewi, S. K., & Sudaryanto, A. (2020). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan , Sikap dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta (SEMNASKEP) 2020, Surakrata:31 Oktober 2020, 73–79.
Fauziah, F., Firman, & Ahmad, R. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran dan Pengabdian, 10(2), 53–56.
Febriadi, B., & Nasution, N. (2017). Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi Google Form sebagai Kuisioner Online untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. INOVTEK Polbeng - Seri Informatika, 2(1), 68-72. https://doi.org/10.35314/isi.v2i1.119.
Harefa, A. R. (2019). Peran Ilmu Fisika Dalam Kehidupan Sehari-Hari. Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, 13(2), 1829–7463. https://doi.org/10.46576/wdw.v0i60.411.
Hasibuan, K. B., & Lubis, W. U. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Dikelas X SMK Negeri 1 Perbaungan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 05(2), 92–105. https://doi.org/10.32696/jppt.v5i2.2761.
Hawari, R., Hasibuan, M. F., Wastuti, S. N. Y., & Fanreza, R. (2023). Peran Bimbingan Konseling dalam Pengembangan Bakat Peserta Didik. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 834–842. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.338.
Hayati, L. M., Mudjiran, H. N., & Karneli, Y. (2022). Paradigma Guru Bimbingan Konseling pada Kurikulum Merdeka Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 158–161. http://dx.doi.org/10.29210/021880jpgi0005.
Pujihastuti, I. (2010). Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. CEFARS : Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43–56.
Kun Prasetyo, Z. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, Surakarta: 14 September 2013.
Listari, D. A., & Rabbani, M. F. (2024). Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Global Futuristik, 2(1), 9–16. https://doi.org/10.59996/globalistik.v2i1.312.
Marsudi, M. S., & Rahman, I. K. (2018). Bimbingan dan Konseling Islam Reality Therapy untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Edutainment, 6(1), 31–47. https://doi.org/10.35438/e.v6i1.42.
Maulana, A. R., Yunita, R., Sutansyah, L. & Agustini, A. A. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan bagi Siswa MAS YPP Jamanis. Journal Education and Government Miyata, 2(2), 166–171.
Mueller, S., & Reiners, C. S. (2023). Pre-service Chemistry Teachers’ Views about the Tentative and Durable Nature of Scientific Knowledge. In Science and Education (Vol. 32, Issue 6). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s11191-022-00374-8.
Nasution, I., Mullatifah Hanum, S., Madini Dlt, H., Matondang, R. H., Chofifah Silalahi, M., & Fakhita, N. (2024). Peningkatan Prestasi Akademik Melalui Penerapan Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Madrasah Aliyah Alwasliyah Medan Tembung. PEMA (Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 81–87. https://doi.org/10.56832/pema.v4i2.461.
Purnamasari, A., Karoma, K., Bukhori, K. A., & Sairi, A. P. (2020). Analisis persepsi peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik pembelajaran fisika SMA Negeri 8 Palembang. Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya (JIFP), 4(1), 6–15. https://doi.org/10.19109/jifp.v4i1.5568.
Popper, K. R. (1963). Conjectures and Refutations: The Growth of Scientific Knowledge. Psychology Press: London.
Rahmadani, N. (2019). Kinerja Guru BK dalam Melaksanakan Program BK Layanan Bimbingan Karir di SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 5(1). http://dx.doi.org/10.30598/jbkt.v5i1.1070.
Sa’diyah K., & Sunarto (2023). Urgensi Layanan Bimbingan dan Konseling Siswa di Sekolah. JKaKa:Jurnal Komunikasi dan Konseling Islam, 3(2), 92-110. https://doi.org/10.30739/jkaka.v3i2.2436.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Firda Syafaah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.