Eksplorasi etnomatematika pada rumah adat Seddi Ariri To Manurung kabupaten Enrekang
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v14i1.4803Keywords:
Eksplorasi, Etnomatematika, Rumah adat, Rumah satu tiang, To ManurungAbstract
Etnomatematika menjadi suatu pendekatan ilmu pengetahuan matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai kebudayaan dalam suatu fenomena. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna filosofi yang terdapat pada rumah adat Seddi Ariri To Manurung, untuk memperlihatkan aktivitas etnomatematika pada rumah adat Seddi Ariri To Manurung, dan mengenalkan konsep geometri pada bangunan rumah adat Seddi Ariri To Manurung. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Lokasi penelitian terletak di desa Limbuang, kecamatan Maiwa, kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Hasil penelitian diperoleh bahwa rumah adat Seddi Ariri To Manurung memiliki makna filosofi yang berkaitan dengan angka 1 dan 12 pada elemen dan struktur bangunan rumah. Terdapat aktivitas etnomatematika berupa perhitungan dan pengukuran dan terdapat konsep geometri pada rumah adat Seddi Ariri To Manurung diantaranya konsep geometri hubungan antara dua garis. Hasil ini juga memperlihatkan konsep geometri bangun datar dan ruang diantaranya segitiga, persegi panjang, trapesium, belah ketupat, lingkaran, prisma segitiga, balok, limas segitiga, dan bola. Terdapat pula konsep geometri transformasi yaitu konsep translasi dan konsep dilatasi. Implikasi penelitian ini bahwa konsep geometri dapat dieksplorasi melalui kebudayaan berupa rumah adat Seddi Ariri To Manurung di kabupaten Enrekang karena memiliki desain struktural yang unik sehingga mampu menjadi media pembelajaran yang menarik.
Downloads
References
Akbar, A. M., & Setiawati, N. (2023). Analisis karakteristik spasial ruang dan bentuk fasad rumah tradisional Paneng-Paneng di kabupaten Sidrap berdasarkan konsep nilai-nilai Islam. Jurnal Linears, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.26618/j-linears.v6i1.9890
Akbar, M., & A. S., Z. (2020). Karakteristik dan keunikan bola Kaju Sappu’ di desa Malalin, kabupaten Enrekang. TIMPALAJA : Architecture Student Journals, 2(2), 90–97. http://doi.org/10.24252/timpalaja.v2i2a1
Al-Faaruuq, A. M., & AS, Z. (2020). Kearifan lokal rumah tradisional Bugis Baranti di kabupaten Sidrap. TIMPALAJA : Architecture Student Journals, 1(2), 68–71. https://doi.org/10.24252/timpalaja.v2i1a8
Assidiqi, H., & Atiah, A. (2024). Etnomatematika rumah adat Betang Suku Dayak Kalimantan Tengah. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 12(2), 321–335. https://doi.org/10.25273/jipm.v12i2.18257
Awaliah, N., M, R., & Syakhruni. (2022). Fungsi tari Bissu dalam acara Mappadendang Bugis di kecamatan Marioriwawo kabupaten Soppeng. Eprints.Unm.Ac.Id, 1–8. https://eprints.unm.ac.id/27341/1/ARTIKEL - Nurul Awaliah.pdf
Carina, A., Marji, & Imam, K. (2023). Konsep desain bangunan rumah tradisional suku Bugis (Studi Kritik Arsitektur). G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 7(2), 610–617. https://doi.org/10.33379/gtech.v7i2.2091
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: Tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.
Fatmawati, F., & Kurnia, H. (2024). Mengenal kebudayaan suku Bugis. Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya Indonesia, 1(2), 72–78. https://doi.org/10.61476/whhz5g81
Filiestianto, G., & Al-Jabar, S. Z. (2022). Eksplorasi etnomatematika rumah panggung Betawi Si Pitung dalam pandangan aktivitas fundamental matematis Bishop. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1197–1208. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1197-1208
Hatta, A. J., & Ekomadyo, A. S. (2020). Relasi jejaring aktor masyarakat suku Bugis Soppeng dalam tradisi mendirikan rumah (Mappatettong Bola). Jurnal Arsitektur ARCADE, 4(3), 292–300. https://doi.org/10.31848/arcade.v4i3.426
Hatta, A. J., & Sudradjat, I. (2020). Peran Sanro Bola dalam tradisi membangun rumah tradisional Bugis di kabupaten Soppeng. ARTEKS: Jurnal Teknik Arsitektur, 5(1), 63–72. https://doi.org/10.30822/arteks.v5i1.119
Jainuddin, J., Dipalaya, T., & Mangampang, E. T. (2022). Eksplorasi etnomatematika terhadap pola geometri pada rumah Adat Tongkonan di Toraja. Klasikal : Journal of Education, Language Teaching and Science, 4(3), 627–640. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.328
Laukum, M., Rosmiati, Sedia, M. E., Khadijah, & Hindi, A. N. A. (2024). Eksplorasi etnomatematika pada konsep segitiga dalam rumah adat Bugis-Makassar. Kognitif Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(May), 44–56.
Lismawati, L., & Mustafa, Z. (2021). Tinjauan hukum Islam terhadap Mappogau Sihanua di desa Tompobulu kecamatan Bulupodo kabupaten Sinjai. Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab Dan Hukum, 1(1), 239–249. https://doi.org/10.24252/shautuna.v2i1.17944
Manan, A. (2021). Metode penelitian etnografi (C. I. Salasiyah (ed.); 2021st ed.). AcehPo Publishing. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/22544/1/Buku - Metode Penelitian Etnografi %282021%29.pdf
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. SAGE Publications.
Mufidatunnisa, N., & Hidayati, N. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada monumen dan museum Peta di kota Bogor. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 311–320. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7231
Muhammad, I., Marchy, F., Naser, A. D. M., & Turmudi. (2023). Analisis bibliometrik: Tren penelitian etnomatematika dalam pembelajaran matematika di Indonesia (2017-2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 469–481. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.3914
Rahmawati, L., Zaenuri, & Hidayah, I. (2023). Pembelajaran bernuansa etnomatematika sebagai upaya menumbuhkan karakter cinta budaya dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 5(1), 25–32. https://doi.org/10.37058/jarme.v5i1.5984
Samiun, A. A., Triyuwono, I., & Roekhudin. (2020). Akuntabilitas dalam praktik akuntansi upahan dan hapolas: Sebuah pendekatan etnografi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 6(1), 35–64.
Side, S., Sukarna, S., & Jusriadi, J. (2020). Analisis matematika pada pembuatan rumah Panggung Toraja. Journal of Mathematics Computations and Statistics, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.35580/jmathcos.v3i1.19179
Sir, M. M., & A. S., Z. (2020). Singkretisme Islam – ‘to manurung’ pada rumah panggung Tiang Tunggal di desa Limbung Enrekang. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 9(3), 88–95. https://doi.org/10.32315/jlbi.v9i3.106
Soebagyo, J., & Haya, A. F. (2023). Eksplorasi Etnomatematika terhadap masjid Jami Cikini Al- Ma'mur sebagai media dalam penyampaian konsep geometri. Mathema Journal, 5(2), 235–257. https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2866
Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(1), 13–26. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1438
Wahyuni, N. R. S., Purwanto, A. R., Minarti, S., & Nurhakki. (2023). Eksplorasi etnomatematika pada rumah adat Tongkonan Tana Toraja. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 306–315. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2913
Widaty, C. (2021). Sosietas jurnal pendidikan sosiologi ritual Babarasih Banua sebagai upacara tolak bala bagi masyarakat Kumai. Sosietas; Jurnal Pendidikan Sosiologi, 11(2), 1042–1050.
Wulandari, A., Afgani, M. W., & Komarudin, K. (2024). Pengembangan E-LKPD pada materi segitiga melalui eksplorasi bangunan rumah Bari Pangkalan Balai. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 191–201. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.6511
Yuniarti, D. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada rumah adat Langkanae di kota Palopo. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Palopo. https://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/3090
Ziraluo, M., Fau, H. S., Simanullang, N. R., Laia, B., & Gaurifa, D. (2022). Filosofi dan makna Omo Sebua (rumah adat besar) di desa Bawomataluo kecamatan Fanayama kabupaten Nias Selatan. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 72–87. https://doi.org/10.57094/jpe.v3i2.465
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahmadani Umar, Buhaerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.









