Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal eksponen
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v14i2.5675Keywords:
Kesalahan siswa, Eksponen, Pemahaman konsep, Keterampilan prosedural, Pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal eksponen ditinjau dari aspek pemahaman konsep, keterampilan prosedural, dan kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan melibatkan dua orang siswa SMA St. Arnoldus Janssen Kupang sebagai subjek penelitian, yang dipilih berdasarkan hasil tes dan rekomendasi guru. Instrumen penelitian terdiri atas tes tertulis dan wawancara, sedangkan prosedur analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek pertama melakukan kesalahan pada indikator pemecahan masalah pada soal nomor 2 serta melakukan kesalahan pada semua indikator pada soal nomor 3. Sementara itu, subjek kedua melakukan kesalahan pada aspek pemahaman konsep dan keterampilan prosedural pada soal nomor 1 serta melakukan kesalahan lengkap pada soal nomor 3. Secara umum, jenis kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa berkaitan dengan kesalahan pemahaman konsep, keterampilan prosedural yang kurang memadai, dan strategi pemecahan masalah yang kurang efektif, terutama dalam penerapan sifat-sifat eksponen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru perlu menekankan pembelajaran berbasis pemahaman konsep serta memberikan latihan soal yang bervariasi untuk meningkatkan pemahaman konsep, kelancaran prosedural, dan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Downloads
References
Haryati, T., Suyitno, A., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 8–15. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9341
Kurniawan, A., Juliangkary, E., & Pratama, M. Y. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 72–82. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1679
Laela, D., Karlina, I., Vavarianti, T. E. U., Hadiati, S., & Luthfiah, S. (2025). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X MA Nurul Iman Al-Barkah pada Materi Eksponen. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 5(1), 25–36.
Layn, M. R., & Kahar, M. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 59–145. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.855
Liyana, K. E., Puspitasari, S., Fikri, A., & Restiani, D. I. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Smk Semesta Depok. Prosiding Sendika, 5(1), 461–466.
Nadzifah, N., Purwosetiyono, F. X. D., Nursyahidah, F., & Susilawati, P. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Word Problem Materi Matriks Ditinjau dari Literasi Siswa. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 4(2), 206–218. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.483
Nasution, F. R., Yuanita, P., & Hutapea, N. M. (2025). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Fase E dalam Menyelesaikan Soal Fungsi Eksponensial di SMAN Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(1), 201–212. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v8i2.37051
Purwaningsih, D., & Ardani, A. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Eksponen Dan Logaritma Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 118–125. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2632
Rahma, A. F., & Khabibah, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Eksponen. MATHEdunesa, 11(2), 446–457. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n2.p446-457
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.
Sarani, F. R., Sulistyowati, F., Sukiyanto, S., Ayuningtyas, A. D., & Kuncoro, K. S. (2024). Pemecahan Masalah Soal Cerita Fungsi Eksponen Siswa Kelas X Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 438–450. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.8038
Sari, M., & Handayani, R. (2024). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Negeri 12 Kotabumi Pada Materi Statistika. Eksponen, 14(1), 48–62. https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i1.900
Suhendra, L. L. A., & Munandar, D. R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(2), 1100–1107. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5049
Supriyanto. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Tentang Perbandingan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 1(2), 74–91. https://doi.org/10.51675/jp.v1i2.81
Susanty, A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Nctm SiswaSma Kelas X Ipa Pada Materi Eksponen Dan Logaritma. Jurnal Pendidikan Tambusai |, 2(4), 870–876.
Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. (2021). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan. Research and Development Journal of Education, 7(2), 226–236. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8509
Wahyuni, I., & Kharimah, N. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 228–240. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.608
Wahyuningsih, S., Rizaldi, D. R., Sartika, D., Nilwan, Sripatmi, & Fatimah, Z. (2024). Analisis Epistemological Obstacle Berdasarkan Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Eksponen dan Logaritma Siswa MA Plus Nurul Islam Sekarbela. Action Research Journal, 1(4), 248–262. https://doi.org/10.63987/arj.v1i4.154
Wulandari, A., Romadhona, F., & Sholikin, N. W. (2025). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Eksponen Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMA Kelas X. Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA Dan Teknologi, 2(1), 88–95. https://doi.org/10.59923/galaxy.v2i1.529
Yohani, Y., Nurmaningsih, N., & Irvandi, W. (2024). Analisis Hambatan Epistemologi Siswa Dalam Materi Persamaan Eksponen Di Kelas X Sma Borneo Bengkayang. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 75–82. https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1782
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Oyafianus Rindu, Aloysius Joakim Fernandez

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.









