Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi

  • Arman Cahyanto Pendidikn Fisika, Universitas Jember
  • Albertus Djoko Lesmono Pendidikn Fisika, Universitas Jember
  • Rif’ati Dina Handayani Pendidikn Fisika, Universitas Jember
Keywords: Articulate Storyline 3, Modul, Berpikir Kritis, Gelombang Bunyi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar fisika berbasis Articulate Storyline 3 pada materi Gelombang Bunyi dan melatih kemampuan berfikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan 4D yaitu Define, Design, Development, disseminate. Hasil uji kelayakan e-modul fisika ini dikategorikan valid dengan hasil rata-rata uji dari 3 validator yaitu 85,78% sehingga e-modul fisika ini layak digunakan di kelas XI. Terjadi peningkatan hasil test dengan nilai N-gain sejumlah 68% dengan kategori “sedang”, sehingga e-modul fisika ini efektif digunakan di kelas XI. Hasil Angket respon siswa pada e-modul ini mendapatkan total skor yaitu 81%. Jadi e-modul berbantuan Articulate Storyline 3 mendapat respon sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul pembelajaran fisika ini valid, efektif dan dapat diterapkan dalam pembelajaran gelombang bunyi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adie Perdana, F. (2017). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Sma/Ma Kelas X Pada Materi Dinamika Gerak (Vol. 6, Issue 3). http://jurnal.uns.ac.id/inkuiri

Amalia, F., & Kustijono, R. (2017). Efektifitas penggunaan E-Book dengan Sigil untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 1, 81–85.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Dzandu, M. D., & Tang, Y. (2015). Beneath a learning management system-understanding the human information interaction in information systems. Procedia Manufacturing, 3, 1946–1952.

Erviani, F. R., Sutarto, S., & Indrawati, I. (2017). Model Pembelajaran Instruction, Doing, Dan Evaluating (Mpide) Disertai Resume Dan Video Fenomena Alam Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 53–59.

Fatikhah, F. F., & Anggaryani, M. (2022). Development of Articulate Storyline-based Dynamic Fluid Learning Media For Grade XI High School Students. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 26–34.

Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan media e-modul mata pelajaran produktif pokok bahasan “instalasi jaringan lan (local area network)” untuk siswa kelas xi jurusan teknik komputer jaringan di smk nengeri 1 labang bangkalan madura. Jurnal Unesa, 1(01), 1–9.

Fitri, L. A., Kurniawan, E. S., & Ngazizah, N. (2013). Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Berbasis Domain Pengetahuan Sains untuk Mengoptimalkan Minds-On Siswa SMA Negeri 2 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 19–23.

Franklin, K. Y., Faulkner, K., Ford-Baxter, T., & Fu, S. (2021). Redesigning an online information literacy tutorial for first-year undergraduate instruction. The Journal of Academic Librarianship, 47(1), 102277.

Fristadi, R., & Bharata, H. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan problem based learning. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 597–602.

Greenstein, L. M. (2012). Assessing 21st century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. Corwin Press.

Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80–85.

Haisy, M. C., Astra, I. M., & Handoko, E. (2015). Pengembangan alat peraga resonansi dan efek doppler berbasis soundcard pc/laptop untuk meningkatkan motivasi belajar fisika siswa sma. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 4, SNF2015-II.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.

Haryadi, R., & Zalfa, N. F. (2021). Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Kota Tangerang Terhadap Pembelajaran Fisika Melalui Media Daring Akibat Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(1), 14–21.

Herawati, N. S. (2020). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI IPA SMA. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 57–69.

Hidayah, S., Wahyuni, S., & Ani, H. M. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Peran, Fungsi dan Manfaat Pajak (Studi Kasus Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2016. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(1), 117–123.

Lesmono, A. D., Bachtiar, R. W., Maryani, M., & Muzdalifah, A. (2018). The instructional-based andro-web comics on work and energy topic for senior high school students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 147–153.

Lesmono, A. D., Wahyuni, S., & Alfiana, R. D. N. (2021). Pengembangan bahan ajar fisika berupa komik pada materi cahaya di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 100–105.

Nissa, A. D. A., Toyib, M., Sutarni, S., Akip, E., Kadir, S., & Solikin, A. (2021). Development of Learning Media Using Android-Based Articulate Storyline Software for Teaching Algebra in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1720(1), 012011.

Nursita, N., Darsikin, D., & Syamsu, S. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah hukum Newton pada siswa kelas x SMA Negeri 4 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 3(2), 18–23.

Prajana, A., & Astuti, Y. (2019). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Pratama, R. A. (2018). Media pembelajaran berbasis articulate storyline 2 pada materi menggambar grafik fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19–35.

Ramadayanty, M., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Multiple Reprsentation Untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17–24.

Sapitri, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA. Inovtech, 2(01).

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).

Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Syahiddah, D. S., Putra, P. D. A., & Supriadi, B. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(1), 1–8.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27.

Walker, J., Resnick, R., & Halliday, D. (2014). Halliday and resnick fundamentals of physics. Wiley.

Yolanda, Y. (2021). Pengembangan e-modul listrik statis berbasis kontekstual sebagai sumber belajar fisika. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 40–56.

Published
2022-11-30
How to Cite
Arman Cahyanto, Lesmono, A. D., & Handayani, R. D. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 154-164. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1551
Section
Articles