Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Materi Bunyi di SMA/MA

  • Dewi Syarah Syahiddah Universitas Jember
  • Pramudya Dwi Aristya Putra Universitas Jember
  • Bambang Supriadi Universitas Jember
Keywords: Bunyi, E-Modul, STEM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas E-Modul Fisika berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada materi bunyi di SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). E-Modul fisika berbasis STEM dibuat menggunakan aplikasi anyflip dan dapat diakses melalui smartphone (android maupun ios) serta PC/Mac melalui link yang telah disebarkan oleh guru mata pelajaran fisika. Berdasarkan hasil validasi dari validator ahli dan pengguna, E-Modul fisika berbasis STEM layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. E-Modul fisika berbasis STEM ini merupakan bahan ajar yang menjadi alternatif bagi guru dan siswa selama proses pembelajaran di era pandemi ini. E-Modul ini dapat mempermudah siswa dalam memecahkan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari, karena modul ini terintegrasi dengan empat bidang STEM. E-Modul ini dilengkapi dengan ilustrasi, animasi, dan latihan soal yang juga terdapat penilaian mandiri untuk mengukur keberhasilan siswa dalam kegiatan belajar yang terdapat dalam E-Modul.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, P., Saidi, L. O., & Yahya, I. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru-Guru SMA / SMK di Kota Kendari Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Web Blog dan e-Modul Untuk Mendukung Pembelajaran Online. 2(2), 196–204.

Akaygun, S., & Aslan-Tutak, F. (2016). STEM Images Revealing STEM Conceptions of Pre-Service Chemistry and Mathematics Teachers. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 4(1), 56. https://doi.org/10.18404/ijemst.44833

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Astiti, K. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Kontekstual Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Sains, 3(2), 29–34.

Depdiknas. (2017). Panduan praktis penyusunan E-Modul: Dirjen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMA.

Hartini, S., Mariani, I., Misbah, & Sulaeman, N. F. (2020). Developing of students worksheets through STEM approach to train critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1567(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042029

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Latip, A. (2020). Minat Belajar Peserta Didik SMP Pada Pembelajaran STEM dengan Media Robot Edukasi. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 90–96. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.353

Muhammad, Y. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenada Media Grup.

Shernoff, D. J., Sinha, S., Bressler, D. M., & Ginsburg, L. (2017). Assessing teacher education and professional development needs for the implementation of integrated approaches to STEM education. International Journal of STEM Education, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s40594-017-0068-1

Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 : Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1–14.

Sulaeman, N. F., Putra, P. D. ., Mineta, I., Hakamada, H., Takahashi, M., Ide, Y., & Kumano, Y. (2020). Engaging STEM Education for High School Student in Japan : Exploration of Perception to Engineer Profession. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 6(2), 189–205. https://doi.org/10.30870/jppi.v6i2.8449

Published
2021-04-30
How to Cite
Syarah Syahiddah, D., Dwi Aristya Putra, P., & Supriadi, B. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 1 - 8. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.438
Section
Articles