Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Materi Bunyi di SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.438Keywords:
Bunyi, E-Modul, STEMAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas E-Modul Fisika berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) pada materi bunyi di SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). E-Modul fisika berbasis STEM dibuat menggunakan aplikasi anyflip dan dapat diakses melalui smartphone (android maupun ios) serta PC/Mac melalui link yang telah disebarkan oleh guru mata pelajaran fisika. Berdasarkan hasil validasi dari validator ahli dan pengguna, E-Modul fisika berbasis STEM layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. E-Modul fisika berbasis STEM ini merupakan bahan ajar yang menjadi alternatif bagi guru dan siswa selama proses pembelajaran di era pandemi ini. E-Modul ini dapat mempermudah siswa dalam memecahkan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari, karena modul ini terintegrasi dengan empat bidang STEM. E-Modul ini dilengkapi dengan ilustrasi, animasi, dan latihan soal yang juga terdapat penilaian mandiri untuk mengukur keberhasilan siswa dalam kegiatan belajar yang terdapat dalam E-Modul.
Downloads
References
Adam, P., Saidi, L. O., & Yahya, I. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru-Guru SMA / SMK di Kota Kendari Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Web Blog dan e-Modul Untuk Mendukung Pembelajaran Online. 2(2), 196–204.
Akaygun, S., & Aslan-Tutak, F. (2016). STEM Images Revealing STEM Conceptions of Pre-Service Chemistry and Mathematics Teachers. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 4(1), 56. https://doi.org/10.18404/ijemst.44833
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Astiti, K. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Kontekstual Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Sains, 3(2), 29–34.
Depdiknas. (2017). Panduan praktis penyusunan E-Modul: Dirjen Dikdasmen Direktorat Pembinaan SMA.
Hartini, S., Mariani, I., Misbah, & Sulaeman, N. F. (2020). Developing of students worksheets through STEM approach to train critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1567(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1567/4/042029
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Latip, A. (2020). Minat Belajar Peserta Didik SMP Pada Pembelajaran STEM dengan Media Robot Edukasi. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 90–96. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.353
Muhammad, Y. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenada Media Grup.
Shernoff, D. J., Sinha, S., Bressler, D. M., & Ginsburg, L. (2017). Assessing teacher education and professional development needs for the implementation of integrated approaches to STEM education. International Journal of STEM Education, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s40594-017-0068-1
Solviana, M. D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 : Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 1(1), 1–14.
Sulaeman, N. F., Putra, P. D. ., Mineta, I., Hakamada, H., Takahashi, M., Ide, Y., & Kumano, Y. (2020). Engaging STEM Education for High School Student in Japan : Exploration of Perception to Engineer Profession. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 6(2), 189–205. https://doi.org/10.30870/jppi.v6i2.8449
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
JLPF (Jurnal Literasi Pendidikan Fisika) is an Open Access Journal. JLPF allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing rights. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Jurnal Literasi Pendidikan Fisika by Physics Education Program, Universitas Mulawarman is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to:
1. Share - copy and redistribute the material in any medium or format
2. Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
1. Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
2. No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.