Pengaruh Pemanfaatan Gadget Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda

Authors

  • Lidya Rizky Mariani Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Haeruddin Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Jefferson R. Watulingas Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

Keywords:

Pemanfaatan Gadget, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan gadget terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas yaitu pemanfaatan gadget dan satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar dan angket. Analisis data pada penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata pemanfaatan gadget siswa berada pada kategori sedang dan rata-rata hasil belajar matematika siswa berada pada kategori rendah. Hasil analisis inferensial untuk uji t  menunjukkan variabel pemanfaatan gadget berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pemanfaatan gadget terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2023/2024 dengan kontribusi pemanfaatan gadget sebesar 5,8% dan sisanya sebesar 94,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harahap, R. S., & Ely, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).
Harmain, H. A., Posangi, S. S., & Datunsolang, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUCATOR: Directory of Elementary Education Journal, 3(1).
Hasanah, N., & Kumalasari, D. (2015). Penggunaan Handphone dan Hubungan Teman pada Perilaku Sosial Siswa SMP Muhammadiyah Luwuk Sulawesi Tengah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 55–70.
Jumiati, J. (2023). Teknologi dalam pembelajaran matematika peminatan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 31-40. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1795
Mirdanda, A. (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya dengan Hasil Belajar (1st ed.). Yudha English Gallery.
Muhtadin, A., Rizki, N. A., & Fendiyanto, P. (2023). Pendampingan Mendesain Soal Literasi Matematika Model PISA Dengan Pendekatan Etnomatematika (Konteks Sosial Budaya Masyarakat Kutai). Al-Khidmat, 6(1), 18-25.
Muslimah, N., Haeruddin, H., & Fendiyanto, P. (2024). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 187-193.
Nurhayati, Y., & Ratnaningsih, N. (2023). Analisis kesalahan konsep Siswa pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 153-164. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.1754
Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Teratai, 5(3), 182–186.
Prasetya, C. Y. A., Tindangen, M., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 61 - 64
Pribadiyah, F., & Yunus, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget, Kedisiplinan, dan Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan pada Kelas XI AKL SMK Islam Bojong Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2021/2022. 03(01), 62–69.
Razak, A. (2023). Pembelajaran digital berbasis pendekatan MIKiR pada mata kuliah statistik pendidikan. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 41-50. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.2011
Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 722. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.722-731
Saputro, F., Yuni, Y., & Hatiarsih, R. (2020). Hubungan antara Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Statistika. … Kusuma Negara II, 155–158. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/574
Sari, R. P., Boleng, D. T., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 75 - 81
Saroinsong, W. P. (2016). Gadget Usage Inhibited Interpersonal Intelligence of Children on Ages 6-8 Years Old. Jurnal Tekpen, 1(4), 941–952.
Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Fungky (ed.)). Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta.
Syaban, M., & Ratnaningrum, E. (2021). Statistika Penelitian. Informatika.

Downloads

Published

2024-08-17

How to Cite

Mariani, L. R., Haeruddin, H., & Watulingas, J. R. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Gadget Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 4, 76–83. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4049

Most read articles by the same author(s)