Kajian Etnomatematika Aktivitas Fundamental Matematis Pada Rumah Lamin Adat Pemung Tawai Suku Dayak Kenyah

  • Twinsky Choirunissa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Jefferson Roosevelt Watulingas Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Berahman Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Aktivitas Fundamental Matematis, Etnomatematika, Matematika

Abstract

Penelitian ini bermula dari permasalahan siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Lebih lagi banyak siswa yang tidak mengetahui penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, akibat zaman yang semakin berkembang banyak siswa yang tidak mengetahui ciri khas dari daerah mereka khususnya Kalimantan Timur. Tujuan pada penelitian ini yaitu melakukan kajian etnomatematika khususnya pada aspek aktivitas fundamental matematis yang terdapat pada rumah Lamin Adat Pemung Tawai Suku Dayak Kenyah. Hal ini dilakukan agar guru dapat mengaitkan pembelajaran matematika dengan kebudayaan setempat. Tidak hanya belajar matematika, tetapi guru juga dapat memperkenalkan budaya yang ada didaerah mereka melalui etnomatematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu Kepala Adat suku Dayak Kenyah dan Tetua Adat suku Dayak Kenyah Desa Pampang. Penelitian dilaksanakan di rumah Lamin Adat Pemung Tawai Desa Budaya Pampang. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data observasi dan wawancara yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat aspek aktivitas fundamental matematis pada rumah Lamin Adat Pemung Tawai Suku Dayak Kenyah yaitu counting, locating, measuring, designing, playing dan explaning. Rumah Lamin Adat Pemung Tawai juga memiliki konsep transformasi yaitu refleksi, translasi dan dilatasi pada ukiran dan lukisannya yang dapat dijadikan sebagai salah sumber belajar matematika di Sekolah Menengah Pertama.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Twinsky Choirunissa, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Jefferson Roosevelt Watulingas, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

Berahman, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

 

 

References

Baharuddin, F., Sir, M. M., & Radja, A. M. (2020). Kajian Makna Sistem Struktur Pada Rumah Lamin. ATRIUM: Jurnal Arsitektur 5(2), 97–104.
Bishop, A. J. (1991). Mathematical Enculturation: A Cultural Perspective on Mathematics Education. New York: Springer.
Dapa, P. T. N., & Suwarsono, S. (2019). Etnomatematika Pada Rumah Adat Bajawa, Kabupaten Ngada, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Prosiding Sendika, 5(1),35–40.
Dimpudus, A., & Ding, A. C. H. (2019). Ekplorasi Etnomatematika Pada Kebudayaan Suku Dayak Sebagai Sumber Belajar Matematika Di SMP Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 111–118.
Haeruddin, Muhtadin, A., Yahya, M. H. N. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Konsep Transformasi Geometri Translasi pada Motif Kerajinan Manik-Manik Suku Dayak Kenyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 7(1), 22–29.
Hastini, U. R., Suriaty, & Asyril. (2022). Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMPN 15 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 25–28.
Kholil, M., & Zulfiani, S. (2020). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 151–168.
Kurniawan. (2019). Pemahaman Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Pemecahan Masalah Dimensi Tiga. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 63–72.
Kurniawan. (2019). Penalaran Spasial Siswa Pada Tahapan Operasional Formal Menurut Piaget Dalam Memecahkan Masalah Geometri. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 21–26.
Kusumaningrum, T. A. (2018). Jelajah Arsitektur Lamin Suku Dayak Kenyah. Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Muhtadin, A., Rizki, N. A., & Fendiyanto, P. (2023). Pendampingan Mendesain Soal Literasi Matematika Model PISA Dengan Pendekatan Etnomatematika (Konteks Sosial Budaya Masyarakat Kutai). Al-Khidmat, 6(1), 18–25.
Muzaki, A., Hastuti, I. D., Fujiaturrahman, S., & Untu, Z. (2022). Development of an Ethnomathematics-Based e-Module to Improve Students' Metacognitive Ability in 3D Geometry Topic. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(3), 32–45.
Nasryah, C. E, & Rahman, A. A. (2020). Ethnomathematics (Matematika Dalam Perspektif Budaya). Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Puspasari, R., Hartanto, S., & Gufron, M. (2021). Etnomatematika Aktivitas Fundamental Matematis Produksi Kain Shibori Tulungagungan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 2(1), 151–160.
Rizki, N.A., & Medika, A. D. (2023). Geometri Analitis: Koordinat Kartesius dan Kutub Pada Bidang Euclid. Yogyakarta: Deepublish.
Rusdiana, Samsuddin, A. F., Muhtadin, A., & Fendiyanto, P. (2023). Development of mathematical literacy problems using East Kalimantan context. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 197–210.
Rusdiana. (2020). Eksplorasi Pola Pada Siswa Sekolah Dasar. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 11-18.
Rusdiana, & Sudirman. (2015). Berpikir secara aljabar pada anak pra sekolah. Seminar Nasional Pendidikan MIPA 2015, 1(1), 565-572.
Rusdiana, Sutawidjaja, A., Irawan, E. B., & Sudirman. (2018). Students Strategies In Solving Problem Of Patterns Generalization. International Journal of Scientific & Technology Research, 7, 132–135.
Safrudiannur, Labulan, P. M., Suriaty, Ngilawajan, D. A., Cahyono, A. N., Putra, Z. H., Pagiling, S. L., & Rott, B. (2023). Pre-service mathematics teachers’ beliefs: a quantitative study to investigate the complex relationships in their beliefs. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1–7.
Suratmi, N. (2022). Multicultural: Karya Pelestarian Kearifan Lokal Kesenian Barongsai-LioN. Makassar: Media Nusa Creative.
Sutarto, Hastuti, I. D., Sukarma, I. K., & Untu, Z. (2022). Ethnomathematics-based E-Module Development for Improving Conjecturing Ability in Object Configuration Materials. Journal of Positive Psychology and Wellbeing, 6(1), 2813–2823.
Untu, Z., Purwanto, & Parta, I. N. (2020). Kesalahan guru dalam pembelajaran matematika materi bangun datar ditinjau dari Pengetahuan deklaratif. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 3(1), 17–30.
Yahya, M. H. N., Haeruddin, Muhtadin, A., Rizki, N. A. (2023). The Geometry Transformation Concepts in Bead Craft Motifs by the Kenyah Dayak Tribe. Ethnomathematics Journal, 4(1), 36–52.
Yudanti, E., Satiti, Y. E. J. R, & Angeline, M. I. (2022). Eksplorasi Etnomatematika Terkait Aktivitas Fundamental pada Rumoh Aceh. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 234-243.
Wahyuni, A. P., Abbas, A. B., & Kukuh, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 115–122.
Published
2023-07-30
How to Cite
Choirunissa, T., Watulingas, J. R., & Berahman, B. (2023). Kajian Etnomatematika Aktivitas Fundamental Matematis Pada Rumah Lamin Adat Pemung Tawai Suku Dayak Kenyah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 3, 152-160. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/2479