Pengembangan Pocket Book Matematika Berbasis Quantum Learning Pada Materi Lingkaran untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 37 Samarinda

Authors

  • Hesti Rahmayani Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Sugeng Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Jefferson R. Watulingas Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

Keywords:

Pocket Book, Quantum Learning, Lingkaran, 4-D

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya sumber belajar di SMP Negeri 37 Samarinda selain buku paket matematika yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mempermudah peserta didik dalam memahami matematika khususnya materi lingkaran, kurangnya minat membaca dan siswa tidak memanfaatkan buku paket matematika yang tersedia di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, dan mengetahui kevalidan produk pocket book berbasis quantum learning pada materi lingkaran untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 37 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4-D yaitu define, design, development, dan dessiminate. Akan tetapi karena keterbatasan peneliti maka penelitian ini hanya sampai model 3-D yaitu yaitu define, design, dan development. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru matematika, dan lembar angket respon siswa. Berdasarkan hasil validasi menurut ahli menunjukkan bahwa pocket book yang dikembangkan dengan skor rata-rata keseluruhan yaitu 4,35 masuk ke dalam kategori ”Sangat Layak” sehingga memenuhi kretaria valid. Selanjutnya diuji coba terbatas yang diberikan kepada 10 siswa kelas VII dari SMP Negeri 37 Samarinda memiliki skor rata-rata 4,19 dengan kategori “Baik” sehingga memenuhi kretaria valid. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan yakni pocket book berbasis quantum learning pada materi lingkaran untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 37 Samarinda dinyatakan valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, dkk. (2018). Pengembangan MEPE KEBO (Media Pembelajaran Pocket Book) Berbasis PjBL (Project Based Learning) Untuk Siswa SMP. SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika). 1(1): 244-249.
Deporter, Bobbi, dan Mike Hernacki. (2016). Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan). Bandung: Kaifa.
Habiby, Wahdan Najib. (2017). Statistika Pendidikan. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Hamalik, Oemar. (2016). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ismail, Fajri. (2018). Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Ilmu Ilmu Sosial. Jakarta: Prenada Media Grup.
Izzati, G. N., Waluya, S. B., & Mastur, Z. (2021). Kemampuan Berpikir Divergen Ditinjau Dari Math Anxiety Dan Gender Pada Pembelajaran Matematika. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 69-78. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.583
Mubarok, dkk. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Power Point VBA Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami). 2(1):38–45.
Muhtadin, A., Rizki, N. A., & Fendiyanto, P. (2023). Pendampingan Mendesain Soal Literasi Matematika Model PISA Dengan Pendekatan Etnomatematika (Konteks Sosial Budaya Masyarakat Kutai). Al-Khidmat, 6(1), 18-25.
Nadhila, Nurul. (2021). Pengembangan Pocket Book Berbasis Scaffolding Pada Materi Limit Fungsi Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas XI MIA 2 SMAS Imelda Medan T.A 2020/2021. 86-87
Novitasari, dkk. (2014). Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 4 Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Seni Rupa. 2:18–23.
Pratama, N. A., Azainil, A., & Petrus, F. (2023). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Statistika. In Seminar Nasional Sains dan Teknologi (E-SNST).Vol. 5, No. 1.
Risti, T. E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. 79-80
Sari, R. P., Boleng, D. T., & Fendiyanto, P. (2022). Analisis Perkembangan Moral Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 3, 75 - 81.
Sugeng, dkk. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Dalam Penerapan Model Inquiry, Group Investigation dan Konvensional Siswa Kelas VII SMPN 35 Samarinda. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika. 11(2):81–90. doi: 10.30872/PRIMATIKA.V11I2.836.
Sugiono. (2020). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.
Zebua, Try Gunawan. (2020). Studi Literatur Problem Based Learning Untuk Masalah Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Matematika. Gunung Sitoli: Guepedia.

Downloads

Published

2024-08-17

How to Cite

Rahmayani, H., Sugeng, S., & Watulingas, J. R. (2024). Pengembangan Pocket Book Matematika Berbasis Quantum Learning Pada Materi Lingkaran untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 37 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 4, 58–67. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4047

Most read articles by the same author(s)