Perencanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda Berdasarkan Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Zahratun Nisa Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Haeruddin Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Petrus Fendiyanto Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur

Keywords:

Analisis Perencanaan, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika

Abstract

Perencanaan pembelajaran berdasarkan implementasi kurikulum merdeka memiliki beberapa hal baru yang secara tidak langsung membuat guru sebagai tenaga pendidik harus mempelajari bagaimana perencanaan pembelajaran dalam kurikulum merdeka agar dapat membuat perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan kebijakan baru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rangkaian kegiatan perencanaan pembelajaran matematika di kelas VIII SMPN 21 Samarinda pada elemen geometri fase D. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitiannya adalah guru matematika yang mengajar di kelas VIII SMPN 21 Samarinda, sedangkan objek penelitiannya adalah perencanaan kegiatan pembelajaran matematika pada materi menyelidiki sifat-sifat bangun geometri dan segitiga. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rangkaian kegiatan perencanaan yang dilakukan oleh guru, yaitu (1) Menganalisis capaian pembelajaran untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran, yang dalam hal ini guru memanfaatkan contoh yang disediakan oleh pemerintah untuk dikembangkan dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peserta didik; (2) Melaksanakan asesmen diagnostik kognitif, dan asesmen diagnostik non-kognitif gaya belajar yang dilakukan pada awal tahun ajaran baru dan sebelum memasuki lingkup materi baru; (3) Mengembangkan modul ajar dalam komunitas belajar guru matematika di SMPN 21 Samarinda. Secara keseluruhan rangkaian kegiatan perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru matematika di SMPN 21 Samarinda telah sesuai dengan panduan pembelajaran dan asesmen oleh Kemendikbudristek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dilfa, A. H., Sulaiman, Grave, A. De, Rosidin, Donasari, E. I. F. R., Putri, N. W. S., Ariana, A. A. G. B., Siahaan, F. M. M., Nasrullah, A. M. A., & Rifai, A. (2023). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka: Vol. viii (I. A. Putri, Ed.). PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Handayani, M., Irma, & Sulisworo, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Development of Geogebra-assisted mathematics learning media on geometry transformation materials. Jurnal Equation, 4(1), 47–59.

Hidayati, H., & Sugeng, S. (2021). Penerapan Transformasi Geometri Pada Desain Batik Lia Maido Menggunakan Desmos. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 99-106. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.711

Ijtahidah, F. F., & Nisa’, R. (2023). Pengembangan soal literasi numerasi SMP yang terintegrasi Islam. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1-8. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i1.1596.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana.

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru (Mukhlis, Ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Nisa, S., Lena, M. S., Safitri, S., & Anas, H. (2023). Implementasi Guru Melaksanakan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika di SD. SICEDU : Science and Education Journal, 2(2).

Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384.

Rachma, L. N., Supriyono, & Djoehartini, N. (2024). Pemanfaatan Asesmen Diagnostik Untuk Merancang Kegiatan Pembelajaran Dengan Pendekatan Tarl. Journal on Education, 06(03), 17756–17760.

Rosa, C. N., & Indrawati, D. (2023). Analisis Hambatan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. JPGSD, 11(8), 1807–1817.

Sesmiarni, Z., & Asi, R. S. (2023). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka (E. P. W. Utami & R. Ardyanto, Eds.). CV Bintang Semesta Media.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan).

Triyono, Masrukan, & Mulyono. (2023). Pengembangan Tes Diagnostik Matematika Kurikulum Merdeka. PRISMA, 12(2), 560. https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3250

Umam, L. H., Chodija, I. T., & Khurrohmah, M. (2023). Analisis Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Di Institut Agama Islam Darul A’mal (Iaida) Lampung. AL-IKMAL: Jurnal Pendidikan, 2(2).

Wicaksono, A., & Hernawati, P. L. (2023). Analisis berpikir kritis materi luas daerah di bawah kurva dengan pendekatan geometri SMAK ST Louis 1 Surabaya. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 99-108. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2584

Downloads

Published

2024-08-17

How to Cite

Nisa, Z., Haeruddin, H., & Fendiyanto, P. (2024). Perencanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 21 Samarinda Berdasarkan Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 4, 49–57. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/4046

Most read articles by the same author(s)