Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Siswa Kelas XI SMK Negeri 18 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022

  • Mutmainah Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Berahman Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
  • Haeruddin Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur
Keywords: Analisis Kesalahan, Fungsi Kuadrat, Persamaan Kuadrat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa SMK Negeri 18 Samarinda dan faktor-faktor penyebabnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI administrasi perkantoran SMK Negeri 18 Samarinda yang berjumlah 32 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal persamaan dan fungsi kuadrat. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes tertulis yang terdiri dari 5 butir soal uraian, dan wawancara kepada siswa yang melakukan kesalahan. Teknik analisisi data yang digunakan penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal persamaan dan fungsi kuadrat siswa melakukan kesalahan berupa (1) kesalahan operasi sebesar 8%, (2) kesalahan perhitungan sebesar 5%, (3) kesalahan algoritma sebesar 59%, dan kesalahan jawaban sembarang sebesar 28%. Sedangkan penyebab terjadinya kesalahan tersebut, yaitu (1) tidak menguasai materi prasyarat, (2) tidak menguasai materi persamaan dan fungsi kuadrat, (3) siswa tidak teliti, dan (4) guru tidak selalu melakukan apresepsi saat pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Aschlock, B.R. (2006). Error Pattern in Compulation. Columbus Ohio: Pearson Prentice Hall.
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, T. T. (2015). Cara Mudah Memahami Operation Research. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. (2001). Proses belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Miles, M. B., Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan: Tjetjep Rohendi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Nuha Litera
Penyusun. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud RI.
Pramudjono. (2010). Aljabar. Samarinda: Universitas Mulawarman.
Putri, S.M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Yogyakarta Terhadap Soal Yang Memiliki Perhitungan Desimal. (Skripsi). 99 Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma,
Ratih, N.I. (2013). Kesalahan-Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Matematika Matei Bangun Datar Segi Empat di Kelas VIID SMP Negeri 16 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014. Samarinda: Universitas Mulawarman.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Suyono, Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Soleh, M. R. (2010). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Demak dalam Menyelesaikan Persamaan Linear dengan Dua Variabel pada Semester I Tahun Pelajaran 2008/2009
Tarigan. (1990). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung. Angkasa.
White, A. L. (2005). Active Mathematics In Classrooms: Finding Out Why Children Make Mistakes and then Doing Something to Help Them. Jurnal of Science and Mathematics Educational in Southeast Asia, 15(4), 15-19.
Published
2022-07-31
How to Cite
Mutmainah, M., Berahman, B., & Haeruddin, H. (2022). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Siswa Kelas XI SMK Negeri 18 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2(1), 52-58. Retrieved from https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1245